Pemberdayaan Kantor Desa Ciseeng melalui Pengembangan Sistem Aplikasi Layanan E- Kelurahan Desa

Authors

  • Suhaeri Suhaeri Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Bob Raozal Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Hilma Suyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI
  • Ario Adi Prakoso Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/iac.v5i1.77

Keywords:

e-kelurahan, aplikasi, desa ciseeng

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini membuat masyarakat harus mampu beradaptasi terhadap perubahan, termasuk dalam bidang pelayanan publik. Transformasi digital yang dilakukan pada pelayanan publik seringkali disebut dengan e-government, dimana sistem pelayanan diharapkan menjadi lebih efisien, efektif, transparan dan terukur. Dalam upaya pelaksanaan e-government, penelitian ini dilakukan di kantor Desa Ciseeng, Kabupaten Bogor, dimana sistem pelayanan masih dilakukan secara manual, yaitu masyarakat mendatangi langsung dengan membawa dokumen begitupun petugas yang mengurus dokumen secara komputerisasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, pada penelitian sebelumnya telah dilakukan pembuatan sistem aplikasi layanan berbasis mobile dan website dimana fitur yang disediakan terdapat beberapa layanan yang dapat diakses oleh petugas maupun masyarakat. Namun fitur yang tersedia masih belum memenuhi kebutuhan layanan yang dibutuhkan, oleh karena itu dalam penelitian ini akan dilakukan pengembangan pada fitur layanan. Perancangan sistem aplikasi dalam penelitian ini menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: analisa kebutuhan, desain sistem dan software, implementasi, uji coba aplikasi, serta operasi dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan tercapainya penambahan layanan berdasarkan analisa kebutuhan dalam bentuk fitur layanan, di antaranya: pembuatan surat kelahiran baru, surat pas, surat pindah, dan surat keterangan kelahiran. Berdasarkan pengujian Usability Testing pada aplikasi layanan e kelurahan dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) terhadap 17 responden, diperoleh hasil yaitu 76,91 yang berarti sudah memenuhi unsur usability dan mendapatkan nilai B atau “Bagus” untuk digunakan. Selain itu, dalam sudut pandang Agama Islam memperbolehkan untuk membuat sesuatu yang dapat bermanfaat bagi banyak orang seperti sistem aplikasi e-kelurahan ini, selama tidak melanggar syariat Islam, tidak membahayakan dan juga menghadirkan maslahah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiman, I., Saori, S., Anwar, R. N., Fitriyani, & Pangestu, M. Y. (2021). Analisis Pengendalian Mutu Di Bidang Industri Makanan (Studi Kasus: UMKM Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi). Jurnal Inovasi Penelitian: 2185-2189. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/419

Faizal, M. (2010). Sistem Aplikasi Pelayanan Masyarakat Kelurahan Menggunakan Visual Basic Net [Skripsi, Universitas Mercu Buana]. Mercu Buana University Institutional Repository. https://repository.mercubuana.ac.id/24474/

Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2): 126-138. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1264

Hendini, A. (2016) Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2): 107-111. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1262

Lenak, S. M. C., Sumampow, I., & Waworundeng, W. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Penerapan Electronic Government di Dinas Pendidikan Kota Tomohon. Jurnal Governance, 1(1): 1-9. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/view/34301

Maiyedra, N. A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Promosi Tour Wisata Dan Pemesanan Paket Tour Wisata Daerah Kerinci Jambi pada CV. Rinai Berbasis Open Source. Jursima, 7(1): 1-11. https://ejournal.indobarunasional.ac.id/index.php/jursima/article/view/7-1-1

Sabiq, A., Suhaeri, Hayurani, H., Abror, A., & Febriyanto, E. (2022). Sistem Layanan Desa Ciseeng Berbasis Web dan Android Untuk Meningkatkan Pelayanan Desa Pada Masyarakat. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(3), 606-619. https://doi.org/10.33379/icom.v2i3.1764

Supriyatna, A. (2018). Penerapan Usability Testing Untuk Pengukuran Tingkat Kebergunaan Web Media of Knowledge. Jurnal Ilmiah Teknologi - Informasi dan Sains (TeknoIS), 8, 1-16. https://doi.org/10.36350/jbs.v8i1.17

Westerman, G., Calmejane, C., Bonnet, D., Ferraris, P., & McAfee, A. (2011). Digital Transformation: A Road-Map for Billion-Dollar Organizations. MIT Cent. Digit. Bus. https://www.capgemini.com/wp-
content/uploads/2017/07/Digital_Transformation__A_Road-Map_for_Billion-Dollar_Organizations.pdf

Za, S. Z., Darma, D. C., Kasuma, J., Ratnasari, S. L., & Tasente, T. (2020). Apparatus Performance as Mediation of Creativity and Innovation Towards the Successful Application of E-Kelurahan. European Journal of Human Resource Management Studies, 4(2): 1-19. https://zenodo.org/record/3546289

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>