Pemberdayaan UMKM KSB Lenteng Agung melalui Sistem Seleksi dan Evaluasi Inkubator Bisnis Berbasis Web
Empowerment of KSB Lenteng Agung Sme Through A Web-Based Business Incubator Selection and Evaluation System
https://doi.org/10.33476/iac.v4i1.60
Keywords:
Inkubator Bisnis, Prototyping, Inovasi, StartupAbstract
Startup cukup berkembang di Indonesia sehingga menjadi tren dalam inkubator bisnis yang mencakup mahasiswa di perguruan tinggi. Hal ini disebabkan konsep dan program inkubasi yang ditawarkan kepada calon wirausaha yang mempunyai ide potensial dalam bisnis. Namun, terdapat kendala dalam mengembangkan startup, misalnya dengan keterbatasan teknologi, kepemimpinan dan manajemen. Penelitian dilakukan pada Inkubator Bisnis Universitas YARSI dengan menggunakan metode penelitian pengembangan dan pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan literature review. Tujuan penelitian untuk meningkatkan inovasi atau kreativitas dalam mengembangkan startup baru yang sukses di perguruan tinggi, serta mempermudah pihak inkubator bisnis dalam melakukan jual beli secara online yang dapat meningkatkan nilai penjualan pada inkubator bisnis Universitas YARSI. Dalam pemanfaatan metode pengembangan prototyping, penulis memberikan solusi dari permasalahan terkait yaitu Rancang Bangun Sistem Seleksi dan Evaluasi Inkubator Bisnis Berbasis Web untuk Universitas YARSI. Hasil uji coba sistem inkubator bisnis yang dirancang menunjukan hasil yang positif. Hal tersebut dapat terlihat pada isi nilai setiap skala yang berada di atas angka 0,8 dan anak panah di samping nilai menghadap ke atas dan berwarna hijau.
Downloads
References
Kalakota, R. & Whinston, A. B. (1997). Electronic Commerce: A Manager's Guide. Addison-Wesley.
Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. JIMP –Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), pp. 54-61.
Sarwono, J. (2008). Teori E-commerce Kunci Sukses Perdagangan di Internet. Gava Media. Shim, J. K., Qureshi, A.
A., Siegel, J. G. & Siegel, R. M. (2013). The International Handbook of Electronic Commerce (1st ed.). Routledge.
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alpabeta.
Suyanto, M. (2003). Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Penerbit Andi.
Turban, E., Lee, K. J., Warkentin, M. & Chung, H. M. (2002). Electronic Commerce 2002: A Managerial Perspective (2nd ed.). Prentice Hall.