Pemberdayaan Masyarakat Desa Bantarsari dalam Meningkatkan Kualitas Monitoring Perkembangan Gizi Bayi

Authors

  • Heri Yugaswara Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Suhaeri Suhaeri Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Sri Wuryanti Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Nurmaya Nurmaya Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/iac.v4i2.46

Keywords:

Posyandu, Posyandu cadre, Smart posyandu application, Kader Posyandu, Aplikasi smart posyandu

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Bantarsari Kabupaten Bogor bertujuan untuk memberdayakan warga Desa Bantarsari khususnya kader posyandu dalam meningkatkan kualitas pemantauan gizi balita. Adapun kegiatan yang diberikan adalah pelatihan penggunaan aplikasi Smart Posyandu. Aplikasi dibuat berdasarkan kebutuhan dari mitra yaitu Posyandu Bantarsari. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan memberikan kuesioner terdiri dari 13 pertanyaan yang tersebar ke lima variabel. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi Smart Posyandu dapat membantu pekerjaan para peserta dalam meningkatkan kualitas pemantauan gizi balita serta mudah digunakan. Para peserta juga termotivasi untuk menggunakan aplikasi Smart Posyandu. Secara keseluruhan para peserta merasa puas atas kegiatan pelatihan yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas YARSI (LPM-UY). (2014). Buku Panduan Pengabdian Pada Masyarakat Bagi Dosen Universitas YARSI. Universitas YARSI.

Direktorat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. (2013). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi (Ed. IX). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kementerian Kesehatan RI. (2010). Pelayanan Kesehatan Neonatal Esensial. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2006). Pedoman Tatalaksana Gizi Usia Lanjut untuk Tenaga Kesehatan. Departemen Kesehatan.

Departemen Kesehatan RI. (2008). Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2007. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. (2011). Menuju Masyarakat Sehat yang Mandiri dan Berkeadilan 2009- 2011: Kinerja Dua Tahun Kementerian Kesehatan RI. Pusat Komunikasi Publik.

Kementerian Kesehatan RI. (2010). Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2010. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Downloads

Published

31-12-2021

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>