Mengasah Kemampuan Bisnis Pemuda Desa Kadumaneuh

Authors

  • Ely Nurhayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI
  • Hilma Suyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI
  • Andika Nuraga Budiman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI
  • Hesty Juni Tambuati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI
  • Firra Nurisma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/iac.v5i2.99

Keywords:

bisnis, kemampuan, pemuda

Abstract

Status Desa Kadumaneuh saat ini merupakan desa berkembang, belum menjadi Desa maju ataupun mandiri. Beberapa tantangan yang dihadapi Desa Kadumaneuh adalah masih tingginya pengangguran. Selain itu, pekerja di desa tersebut sebagian besar juga merupakan pekerja kasar, yaitu buruh, kuli, serta petani. Berdasarkan latar belakang tersebut karenanya dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan mengasah kemampuan bisnis pemuda Desa Kadumaneuh. Dengan kegiatan ini, diharapkan ke depan masalah pengangguran di desa tersebut dapat terminimalisir, sehingga menjadi sejahtera, serta mencapai posisi desa mandiri atau maju. Adapun kegiatan yang relevan dilakukan di Desa tersebut, salah satunya yaitu kegiatan mengasah kemampuan bisnis pemuda Desa Kadumaneuh. Tujuan dari kegiatan PKM di Desa Kadumaneuh ini adalah (1) membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, (2) mengasah kemampuan bisnis pemuda Desa Kadumaneuh, (3) membekali peserta dengan dasar-dasar ilmu bisnis yang dibutuhkan, (4) memberikan edukasi terkait dasar-dasar bisnis, (5) memberikan edukasi terkait manajemen keuangan, serta (6) memberikan edukasi terkait dengan akses modal. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah seminar dan workshop. Setelah dilakukan kegiatan PkM, secara umum pengetahuan dan kemampuan bisnis peserta mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arribathi, A. H., Saryani, S., & Haris, H., (2019). Perancangan aplikasi smart seminar dan workshop berbasis website. Journal Cerita, 5(2), 156-164. https://doi.org/10.33050/cerita.v5i2.409

Durahman, N., Noer, Z. M., & Hidayat, A., (2019). Aplikasi seminar online (webinar) untuk pembinaan wirausaha baru. Jurnal manajemen informatika (JUMIKA), 6(2): 111-120. https://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumika/article/view/427

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. (2022). Data Indeks Desa Membangun. https://idm.kemendesa.go.id/

Mahesa, A. D. & Rahardja, E., (2012). Analisis faktor-faktor motivasi yang mempengaruhi minat berwirausaha. Diponegoro Journal of management, 1(4): 130-137. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/787

Nugroho, D. A. A. & Supriyono, H. (2019). Sistem Informasi Pendaftaran Seminar Dengan Tiket Berbasis Qr Code. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 19(1): 36-40. https://journals.ums.ac.id/index.php/emitor/article/view/7439

Segal, G., Borgia, D., & Schoenfeld, J. (2005). The Motivation To Become An Entrepreneur. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 11(1), 42-57. https://doi.org/10.1108/13552550510580834

Susanto, A. (2000). Kewirausahaan. Ghalia Indonesia.

Wibawa, J. C. & F. Rajab, M. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan dan Manajemen Keuangan Kegiatan Seminar dan Sidang Skripsi/Tugas Akhir (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi UNIKOM). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 3(1): 150-168. https://journal.maranatha.edu/index.php/jutisi/article/view/661

Zubaedi. (2015). Urgensi pendidikan kewirausahaan di kalangan mahasiswa PTKI. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 19(2). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/madania/article/view/31

Downloads

Published

31-12-2022

Issue

Section

Articles