2024: Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan V

					Lihat 2024: Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan V

Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan V diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas YARSI sebagai upaya memperkuat kolaborasi antara pendidikan, kesehatan, sosial, dan industri dalam menghadapi tantangan global. Dengan tema "Terhubung, Berdaya, dan Berkelanjutan," konferensi ini bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi akademisi, peneliti, dan praktisi dalam berbagi pengetahuan serta strategi peningkatan resiliensi dan kesejahteraan mental. Kegiatan ini juga mengadvokasi praktik kesehatan berkelanjutan yang berdampak pada kesejahteraan individu, komunitas, dan lingkungan. Peserta dari berbagai latar belakang dapat berpartisipasi dalam seminar, simposium, dan presentasi penelitian yang mencakup aspek kesehatan fisik, mental, sosial, dan spiritual.

Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan V diadakan pada 23-24 September 2024 di Fakultas Psikologi Universitas YARSI, Jakarta. 

Keynote Speakers:
Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTM&H, DTCE, FISR (Direktur Program Pasca Sarjana Universitas YARSI)
Dr. Andik Matulessy, Psikolog 
(Ketua Umum Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) periode 2022-2026)
Prof. Drs. Subandi, M.A., Ph.D., Psikolog 
(Guru Besar Fakultas Psikologi UGM) 

Diterbitkan: 2025-02-07

Articles

  • Successful Aging pada Lansia di Surabaya dan Sidoarjo

    6-15
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5158
  • Dinamika Psychological Well-Being Lansia Berstatus Janda Di Daerah Marginal (Studi Fenomenologi)

    16-29
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5159
  • Post-Traumatic Growth (PTG) pada Pasien Pasca Stroke

    30-36
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5160
  • Kecerdasan Spiritual dan Strategi Koping Religius pada Pria Penyintas Kekerasan Seksual: Tinjauan Psikologi Agama

    37-49
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5161
  • Tinjauan Sistematis Studi Kualitatif tentang Penyesuaian Psikososial Pasca Stroke

    50-66
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5162
  • Penggunaan Psikoedukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan Kader Puskesmas dalam Memahami Kecemasan Ibu Hamil

    67-77
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5163
  • Hubungan Status Gizi Dengan Kemampuan Kognitif Pada Anak Pra Sekolah Serta Tinjauannya Menurut Islam

    78-83
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5164
  • Hubungan antara Gaya Hidup Sehat dan Kepuasan Hidup pada Usia Madya

    84-96
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5165
  • Kenapa Terjadi Self Injury pada Remaja? Mengurai Peran Regulasi Emosi, Pola Asuh, dan Relasi Pertemanan di DKI Jakarta

    97-109
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5166
  • Perceived Susceptibility, Perceived Severity, Perceived Barriers dan Perceived Benefit Sebagai Prediktor Perilaku Pencegahan COVID-19 (Clean and Contain) Setelah Divaksin

    110-119
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5167
  • Performa Akademik Ditinjau dari Tekanan Teman Sebaya pada Mahasiswa

    120-127
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5168
  • Hubungan Afek Positif dan Kemampuan Kognitif pada Anak Prasekolah

    128-133
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5169
  • Hubungan antara Kesejahteraan Psikologis dengan Kualitas Hidup Terkait Kesehatan pada Remaja Tunanetra

    134-146
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5170
  • Perbedaan Distress Disclosure dan Self-Control pada Remaja dengan Low, Intermediate, High Risk Adverse Childhood Experiences

    147-156
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5171
  • Efektivitas Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan

    157-169
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5172
  • Efektivitas Teknik Total Task Presentation untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Makan pada Anak dengan Disabilitas Intelektual

    170-175
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5173
  • Self Diagnosis Kesehatan Mental Ditinjau dari Literasi Kesehatan Mental dan Dukungan Sosial Teman Sebaya

    176-187
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5174
  • Sikap Terhadap Perilaku, Normatif Subjektif, dan Persepsi Kontrol Perilaku Sebagai Prediktor Intensi Olahraga pada Remaja di DKI Jakarta

    188-197
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5175
  • Hubungan Resiliensi dan Optimisme Pada Pasien Gagal Ginjal Yang Menjalani Hemodialisis di Rumah Sakit X

    198-206
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5176
  • Peran Academic Self-Efficacy terhadap Strategic Planning pada Mahasiswa Peserta Pembelajaran Daring

    207-215
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5177
  • Apa Masalah Kita? Identifikasi Isu Psikososial Dalam Wabah COVID-19

    216-231
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5178
  • Tradisi Metuakan dan Tantangan Kesehatan: Pendekatan Psikologis dalam Mengurangi Adiksi Minum “Tuak” di Bali

    232-242
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5179
  • Harapan untuk Mendorong Kesehatan Mental pada Mahasiswa: Sebuah Tinjauan Literatur

    243-258
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5180
  • EcoPoly Challenge: Implementasi Permainan Edukatif dalam Mengasah Kemampuan Kognitif, Motorik, dan Sosio-Emosional Anak Prasekolah

    259-270
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5181
  • Intervensi Pendampingan dan Penyuluhan Pola Pengasuhan Orangtua Asli Papua untuk Meningkatkan Aspek Spiritual, Mental, Sosial, Fisik Anak dan Remaja Di Provinsi Papua Barat

    271-284
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5182
  • Pengembangan Karakter Kepemimpinan Anak Usia Sekolah Melalui Kecerdasan Sosial dan Kecerdasan Linguistik

    285-297
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5183
  • Peran Welas Asih Diri dan Keterampilan Sosial-Emosional Guru Terhadap Permasalahan Emosi dan Perilaku Siswa SMP

    298-311
    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5184