About the Journal

Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan memuat kumpulan penelitian dan kajian akademik di bidang psikologi kesehatan yang dipresentasikan dalam Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas YARSI setiap 3 tahun sekali. Secara berturut-turut, Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan sudah dilakukan pada tahun 2011 (KoNas I), 2014 (KoNas II), 2017 (KoNas III), 2021 (KoNas IV), dan terakhir 2024 (KoNas V).

Prosiding ini mencerminkan upaya akademisi, peneliti, dan praktisi dalam mengeksplorasi berbagai aspek kesehatan fisik, mental, sosial, dan spiritual dalam menghadapi tantangan global. Dengan fokus pada kolaborasi multidisiplin, prosiding ini menghadirkan beragam perspektif serta strategi inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan individu dan komunitas. Semua artikel yang dipublikasikan telah melalui proses seleksi dan review untuk memastikan kualitas serta kontribusinya dalam pengembangan ilmu psikologi kesehatan yang berkelanjutan.

Current Issue

2024: Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan V
					View 2024: Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan V

Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan V diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas YARSI sebagai upaya memperkuat kolaborasi antara pendidikan, kesehatan, sosial, dan industri dalam menghadapi tantangan global. Dengan tema "Terhubung, Berdaya, dan Berkelanjutan," konferensi ini bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi akademisi, peneliti, dan praktisi dalam berbagi pengetahuan serta strategi peningkatan resiliensi dan kesejahteraan mental. Kegiatan ini juga mengadvokasi praktik kesehatan berkelanjutan yang berdampak pada kesejahteraan individu, komunitas, dan lingkungan. Peserta dari berbagai latar belakang dapat berpartisipasi dalam seminar, simposium, dan presentasi penelitian yang mencakup aspek kesehatan fisik, mental, sosial, dan spiritual.

Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan V diadakan pada 23-24 September 2024 di Fakultas Psikologi Universitas YARSI, Jakarta. 

Keynote Speakers:
Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTM&H, DTCE, FISR (Direktur Program Pasca Sarjana Universitas YARSI)
Dr. Andik Matulessy, Psikolog 
(Ketua Umum Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) periode 2022-2026)
Prof. Drs. Subandi, M.A., Ph.D., Psikolog 
(Guru Besar Fakultas Psikologi UGM) 

Published: 01-11-2024

Articles

  • Successful Aging pada Lansia di Surabaya dan Sidoarjo

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5158
    6-15
  • Dinamika Psychological Well-Being Lansia Berstatus Janda Di Daerah Marginal (Studi Fenomenologi)

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5159
    16-29
  • Post-Traumatic Growth (PTG) pada Pasien Pasca Stroke

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5160
    30-36
  • Kecerdasan Spiritual dan Strategi Koping Religius pada Pria Penyintas Kekerasan Seksual: Tinjauan Psikologi Agama

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5161
    37-49
  • Tinjauan Sistematis Studi Kualitatif tentang Penyesuaian Psikososial Pasca Stroke

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5162
    50-66
  • Penggunaan Psikoedukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan Kader Puskesmas dalam Memahami Kecemasan Ibu Hamil

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5163
    67-77
  • Hubungan Status Gizi Dengan Kemampuan Kognitif Pada Anak Pra Sekolah Serta Tinjauannya Menurut Islam

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5164
    78-83
  • Hubungan antara Gaya Hidup Sehat dan Kepuasan Hidup pada Usia Madya

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5165
    84-96
  • Kenapa Terjadi Self Injury pada Remaja? Mengurai Peran Regulasi Emosi, Pola Asuh, dan Relasi Pertemanan di DKI Jakarta

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5166
    97-109
  • Perceived Susceptibility, Perceived Severity, Perceived Barriers dan Perceived Benefit Sebagai Prediktor Perilaku Pencegahan COVID-19 (Clean and Contain) Setelah Divaksin

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5167
    110-119
  • Performa Akademik Ditinjau dari Tekanan Teman Sebaya pada Mahasiswa

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5168
    120-127
  • Hubungan Afek Positif dan Kemampuan Kognitif pada Anak Prasekolah

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5169
    128-133
  • Hubungan antara Kesejahteraan Psikologis dengan Kualitas Hidup Terkait Kesehatan pada Remaja Tunanetra

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5170
    134-146
  • Perbedaan Distress Disclosure dan Self-Control pada Remaja dengan Low, Intermediate, High Risk Adverse Childhood Experiences

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5171
    147-156
  • Efektivitas Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5172
    157-169
  • Efektivitas Teknik Total Task Presentation untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Makan pada Anak dengan Disabilitas Intelektual

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5173
    170-175
  • Self Diagnosis Kesehatan Mental Ditinjau dari Literasi Kesehatan Mental dan Dukungan Sosial Teman Sebaya

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5174
    176-187
  • Sikap Terhadap Perilaku, Normatif Subjektif, dan Persepsi Kontrol Perilaku Sebagai Prediktor Intensi Olahraga pada Remaja di DKI Jakarta

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5175
    188-197
  • Hubungan Resiliensi dan Optimisme Pada Pasien Gagal Ginjal Yang Menjalani Hemodialisis di Rumah Sakit X

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5176
    198-206
  • Peran Academic Self-Efficacy terhadap Strategic Planning pada Mahasiswa Peserta Pembelajaran Daring

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5177
    207-215
  • Apa Masalah Kita? Identifikasi Isu Psikososial Dalam Wabah COVID-19

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5178
    216-231
  • Tradisi Metuakan dan Tantangan Kesehatan: Pendekatan Psikologis dalam Mengurangi Adiksi Minum “Tuak” di Bali

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5179
    232-242
  • Harapan untuk Mendorong Kesehatan Mental pada Mahasiswa: Sebuah Tinjauan Literatur

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5180
    243-258
  • EcoPoly Challenge: Implementasi Permainan Edukatif dalam Mengasah Kemampuan Kognitif, Motorik, dan Sosio-Emosional Anak Prasekolah

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5181
    259-270
  • Intervensi Pendampingan dan Penyuluhan Pola Pengasuhan Orangtua Asli Papua untuk Meningkatkan Aspek Spiritual, Mental, Sosial, Fisik Anak dan Remaja Di Provinsi Papua Barat

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5182
    271-284
  • Pengembangan Karakter Kepemimpinan Anak Usia Sekolah Melalui Kecerdasan Sosial dan Kecerdasan Linguistik

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5183
    285-297
  • Peran Welas Asih Diri dan Keterampilan Sosial-Emosional Guru Terhadap Permasalahan Emosi dan Perilaku Siswa SMP

    https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5184
    298-311
View All Issues