Pengembangan Karakter Kepemimpinan Anak Usia Sekolah Melalui Kecerdasan Sosial dan Kecerdasan Linguistik

Authors

  • Abdul Afif Amrulloh Magsiter Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Eny Purwandari Magsiter Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5183

Keywords:

Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Sosial, Kepemimpinan Anak, Pengembangan Karakter, Pendidikan Karakter, Psikologi Pendidikan

Abstract

Pengembangan karakter kepemimpinan pada anak usia sekolah dasar menjadi perhatian penting dalam pendidikan. Berdasarkan teori psikososial Erik Erikson, tahap perkembangan industry vs. Inferiority merupakan fase krusial di mana anak mulai mengembangkan kompetensi sosial dan akademik. Penelitian ini berfokus pada pengembangan karakter kepemimpinan anak usia sekolah melalui kecerdasan sosial dan linguistik berdasarkan teori Erik Erikson. Tujuan utama penelitian ini untuk menganalisis bagaimana kecerdasan sosial dan linguistik berkontribusi pada pembentukan karakter kepemimpinan pada anak usia sekolah dasar. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model yang sesuai untuk mengembangkan kedua jenis kecerdasan tersebut. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), di mana peneliti menganalisis 13 jurnal nasional terindeks SINTA 3 hingga SINTA 1 dari tahun 2019-2024 yang membahas kecerdasan sosial, kecerdasan linguistik, dan kepemimpinan anak. Jurnal dipilih berdasarkan beberapa kriteria, yaitu relevansi kata kunci dalam abstrak dan usulan model pengembangan kecerdasan yang diterapkan. Tahap SLR melibatkan pencarian, seleksi, dan analisis kritis terhadap jurnal-jurnal yang memenuhi kriteria. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kecerdasan sosial dan linguistik terbukti penting dalam membentuk karakter kepemimpinan pada anak. Melalui berbagai strategi yang menstimulasi dan menginternalisasi nilai kepemimpinan, kecerdasan sosial dan linguistik mampu membentuk karakter kepemimpinan anak pada tahap industry vs. Inferiority. Penggunaan model pengembangan berbasis aktivitas sosial dan linguistik dapat membantu anak lebih percaya diri dan kompeten dalam lingkungan sosial, sehingga mendukung perkembangan kepemimpinan mereka.

References

Abidin, Z., & Sirojuddin, A. (2024). Developing spiritual intelligence through the internalization of Sufistic values: Learning from Pesantren education. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(2), 331-343.

Alghamdi, A. H. (2019). The impact of a leadership development program on Saudi university students’ perception of leadership skills. Journal of Education and Learning (EduLearn, 12(2), 253-261.

Barida, M., Nurchairunnissa, G., Saputra, W. N. E., Setyowati, A., Ediyanto, E., & Atmoko, A. (2024). Effectiveness of group guidance with group investigation learning model to develop students’ assertiveness. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 9(1), 18-25.

Borusilaban, L. J. A., Rifdiani, L. S., & Sumadi, C. D. (2022, June 13). Strategi meningkatkan kecerdasan linguistik siswa sekolah dasar.

Fauzi, N. F., Don, Y., & Yusof, M. R. (2023). Exploring the influence of student leadership on self-resilience for national secondary school students in Malaysia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE, 12(3).

Gunansyah, G., Zuhdi, U., & Rohadatul'Aisy, M. (2021). Sustainable development education practices in elementary schools. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(2), 178-187.

Hardiansyah, F., & Mas’od. (2022). The implementation of democratic character education through learning of social science materials of ethical and cultural diversity in elementary school. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 234-241.

Maree, J. G. (2022). The psychosocial development theory of Erik Erikson: Critical overview. The Influence of Theorists and Pioneers on Early Childhood Education, 119-133.

Masyitoh, D., & Pradana, P. H. (2019). Urgensi pendidikan Islam dalam peningkatan kecerdasan sosial, emosional anak. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 1-12.

Raharjo, S. B. (2020). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 229-238.

Rahim, M., Hulukati, W., & Alwi, N. M. (2023). Career pocketbook: A media to improve primary school students’ career understanding. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 8(1), 59-68.

Sholihah, M., & Ningsih, Y. (2024). The influence of client-centered counseling with self-reflection on overthinking behavior of a bilingual Islamic boarding school student. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(3), 429-447.

Sriandila, R., & Suryana, D. (2022). Implementation of early childhood character education through psychosocial development approach. International Journal of Multidisciplinary Research and Growth Evaluation, 3(2), 440-444.

Tamm, A., & Tulviste, T. (2022). Children's values in early childhood: Age differences in structure and priorities. Personality and Individual Differences, 184, 111196. https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.111196

Wardani, W., Akmaluddin, A., & Rahmattullah, R. (2024). Budaya belajar berbasis kepemimpinan dan dampaknya terhadap mutu layanan pembelajaran di SD Negeri 3 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), 1187-1204.

Downloads

Published

07-02-2025