PENGUKURAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL ORANG TUA MENGGUNAKAN INSTANT DIGITAL COMPETENCE ASSESSMENT (INSTANT DCA)

Suci Lestari, Indah Kurnianingsih, Wardiyono Wardiyono

Abstract


Pemanfaan internet dalam dunia global terus meningkat. Salah satunya dalam dunia pendidikan keberadaan internet sudah menjadi kebutuhan. Hal ini berpengaruh terhadap peran orang tua dalam proses pendidikan putra-putrinya. Pola komunikasi orang tua terhadap anak memberikan pengaruh terhadap pembentukan sikap dan karakter seorang anak. Orang tua dituntut untuk memiliki kemampuan literasi informasi yang baik di era digital agar mampu menyelaraskan dengan kebutuhan informasi putra-putrinya. Dalam konsep literasi digital seseorang tidak hanya memiliki keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat teknologi informasi dan komunikasi teknologi, tetapi juga untuk proses membaca dan memahami sajian isi dari perangkat teknologi serta proses menciptakan dan menulis menjadi sebuah pengetahuan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan lietarsi digital orang tua di SDN 05 Cempaka Putih Jakarta Pusat dalam memanfaatkan sumber-sumber informasi elektronik di internet sebagai sumber belajardengan metode Instant DCA. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif . Hasil dari penelitian ini adalah 1) dimensi teknologi; masih ada beberapa responden yang belum memaksimalkan fungsi-fungsi dari perangkat teknologi yang menjadi kebutuhan sehari-harinya, 2) sedangkan dari segi dimensi kognitif; kemampuan responden dalam memanfaatkan internet untuk memudahkan kegiatan sehari-hari sudah cukup baik, 3) dan pada segi dimensi etika; responden telah mampu menjaga hal-hal yang bersifat pribadi di internet dan paham juga akan dampak negatif dari teknologi jika penggunaannya disalahgunakan oleh anak.Besarnya peran orang tua bagi siswa tingkat SD dalam pemanfaatan sumber-sumber informasi elektronik sebagai sumber belajar harus diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar orang tua dapat ikut memberikan kontrol dalam pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Orang Tua, Literasi Digital, Instant DCA, Sumber Belajar


References


APJII. (2018). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey. Jakarta: APJII. https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI23April2018.pdf

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta: Jakarta

Calvani, A. et all. (2008) Models and Instruments for Assessing Digital Competence at School, Journal of e-Learning and Knowledge Society, vol.4, no. 3, hlm. 183-193, (online ResearchGate)

Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital Literacy Across the Curriculum: a Futurelab Handbook. United Kingdom. https://www.nfer.ac.uk/publications/FUTL06/FUTL06.pdf

Martin, A. (2006). ‘A European Framework for Digital Literacy’, Nordic Journal of Digital Literacy, vol.1, no.2, p.151-161. Diakses 27 Januari 2017, https://www.idunn.no/file/pdf/33191479/a_european_framework_for_digital_literacy.pdf

Mo, Y., & Singh, K. (2008). Parents’ relationships and involvement: Effects on students’ school engagement and performance. RMLE Online, 31(10).

Schunk, D. P. (2008). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Upper Saddle River: Pearson Education.

Sukiman. (2016). Literasi Digital Keluarga untuk Perlindungan Anak. http://www.slideshare.net/idigf/id-igf-2016-sosbud3-literasi-digital-untuk-keluarga

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Edukasi, 1. http://dx.doi.org/10.22373/je.v1i1.315




DOI: https://doi.org/10.33476/bibliotech.v3i2.598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN 2477-2720 (Print)

ISSN 2685-4791 (Online)

Terindeks dan Terakreditasi SINTA 4