Katalog Induk Nasional dan Keikutsertaan Katalog Induk Komunitas Dalam Pengembangannya

Authors

  • Wardiyono Wardiyono Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Indah Kurnianingsih Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/bibliotech.v2i1.370

Abstract

Katalog Induk digunakan untuk inventarisasi  semua karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam. Katalog Induk Nasional dan Daerah (KIN dan KID) masih belum populer baik dikalangan umum maupun pustakawan. Ini terlihat dari responden yang mengetahui layanan KIN/KID dengan responden tidak mengetahui. Mereka yang mengetahui juga tidak banyak yang menggunakan KIN dan KID. Disisi lain, kemajuan teknologi mendorong terbentuknya katalog-katalog induk komunitas berbasis teknologi open-source yang mudah diakses publik dalam hal ini aplikasi UCS yang berbasis SLiMS. Meski demikian, peran serta komunitas dalam pembentukan KIN dan KID masih terbatas. Komunitas pustakawan yang dibangun dengan semangat kekeluargaan tidak memliki bentuk organisasi, maupun kepengurusan yang jelas. Hanya ada sebagian kecil  komunitas yang memiliki keanggotaan yang jelas disertai daftar kepengurusan yang tertulis.  Kejelasan organisasi komunitas juga terkait dengan program, anggaran dan kaderisasi dalam organisasi yang akhirnya dapat diharapkan mendukung keberlangsungan komunitas. Keberlangsungan ini  akan mendukung keberlanjutan pengembangan KIN dan KID. Penelitian ini juga menawarkan model crosswalk format data bibliografi  dari aplikasi SLiMS ke INDOMARC yang menjadi standar dalam pengelolaan KIN dan KID.

Downloads

Additional Files

Published

2019-06-25

How to Cite

Wardiyono, W., & Kurnianingsih, I. (2019). Katalog Induk Nasional dan Keikutsertaan Katalog Induk Komunitas Dalam Pengembangannya. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(1). https://doi.org/10.33476/bibliotech.v2i1.370

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)