Kolaborasi Penanganan Masalah Siswa Melalui Kemitraan antara Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Universitas YARSI dan Guru Bimbingan Konseling di Jakarta Pusat
Collaborative Assistance for Students Through Partnership Between Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Universitas YARSI and Guidance -Counseling Teachers in Central Jakarta
Keywords:
remaja, kesehatan jiwa, Guru BK, PPKS, SICAKARAbstract
Selama masa pandemik, siswa melakukan pembelajaran secara daring (online). Kesempatan untuk tatap muka bergaul bersama teman-teman sebaya, bertemu dan mengenal para guru menjadi sangat terbatas padahal masa remaja merupakan masa transisi menuju masa dewasa dengan tuntutan yang semakin bertambah. Dengan kemampuan kognitif yang semakin berkembang, remaja memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan dirinya sebagai upaya mengembangkan identitas diri termasuk dalam merancang masa depan. Kondisi pandemik menyulitkan Guru BK untuk memantau kondisi siswa termasuk kondisi kesehatan jiwanya, kecuali bila menimbulkan masalah akademik (misal: tidak masuk sekolah, nilai yang buruk). Program komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) yang dilakukan PPKS meningkatkan pengetahuan Guru BK dalam mendeteksi masalah kesehatan jiwa remaja sejak dini dan untuk mengenali bakat dan minat remaja. Aplikasi sistem perencanaan karir (SICAKAR) dan aplikasi kesehatan jiwa GALAW yang dikembangkan oleh Universitas YARSI juga disosialisasikan untuk membantu memantau kondisi siswa secara daring.
Downloads
References
Fitria, L. & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 6(1), pp. 1-4. https://doi.org/10.29210/120202592
Indra, R., Lian, G.C., Putri, J.A.L., ...& Yosua, I. (2021). Gambaran Stres Kerja dan Koping Guru SMA saat pembelajaran daring selama pandemi. Mind Set Edisi Khusus TIN, pp. 63-86.
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Nasional RISKESDAS 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.
Lovibond, P. (1995). The structure of negative emotional states: Comparison of the Depression Anxiety Stress Scales (DASS) with the Beck Depression and Anxiety Inventories. Behaviour Research and Therapy, 33(3), pp. 335–343. https://doi.org/10.1016/0005-7967(94)00075-U
Oktawirawan, D. H.(2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Jurnal ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), pp. 541-544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Tim Peneliti Satgas Penanggulangan COVID-19 IPK Indonesia. (2020). Gambaran Kondisi Psikologis Siswa di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Analisis berdasarkan cara pembelajaran dan jenjang pendidikan. Ikatan Psikologi Klinis Indonesia. https://www.ipkindonesia.or.id/media/2020/12/Gambaran-Kondisi-Psikologis-Siswa-di-Masa-Pandemi-15Des2020.pdf
Tirajoh, C.V., Munayang, H. & Kairupan, B.H.R. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap kecemasan orangtua murid di masa pandemik COVID-19. Jurnal Biomedik, JBM, 13(1), 49- 54.
Weir, K. (2020, September 1). Monitor on Psychology: Safeguarding student mental health. American Psychological Association. https://www.apa.org/monitor/2020/09/safeguarding-mental-health