Kolaborasi Penanganan Masalah Siswa Melalui Kemitraan antara Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Universitas YARSI dan Guru Bimbingan Konseling di Jakarta Pusat

Collaborative Assistance for Students Through Partnership Between Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Universitas YARSI and Guidance -Counseling Teachers in Central Jakarta

Authors

  • Octaviani Indrasari Ranakusuma Fakultas Psikologi Universitas YARSI
  • Maya Trisiswati Fakultas Kedokteran Universitas YARSI
  • Sri Puji Utami Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/iac.v4i1.57

Keywords:

remaja, kesehatan jiwa, Guru BK, PPKS, SICAKAR

Abstract

Selama masa pandemik, siswa melakukan pembelajaran secara daring (online). Kesempatan untuk tatap muka bergaul bersama teman-teman sebaya, bertemu dan mengenal para guru menjadi sangat terbatas padahal masa remaja merupakan masa transisi menuju masa dewasa dengan tuntutan yang semakin bertambah. Dengan kemampuan kognitif yang semakin berkembang, remaja memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan dirinya sebagai upaya mengembangkan identitas diri termasuk dalam merancang masa depan. Kondisi pandemik menyulitkan Guru BK untuk memantau kondisi siswa termasuk kondisi kesehatan jiwanya, kecuali bila menimbulkan masalah akademik (misal: tidak masuk sekolah, nilai yang buruk). Program komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) yang dilakukan PPKS meningkatkan pengetahuan Guru BK dalam mendeteksi masalah kesehatan jiwa remaja sejak dini dan untuk mengenali bakat dan minat remaja. Aplikasi sistem perencanaan karir (SICAKAR) dan aplikasi kesehatan jiwa GALAW yang dikembangkan oleh Universitas YARSI juga disosialisasikan untuk membantu memantau kondisi siswa secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzia, M. (2021, Desember 30). LPAI: Selama pandemi, kasus kekerasan terhadap anak naik 40 persen. Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2021/12/30/16392081/lpai-selama-pandemi-kasus-kekerasan-terhadap-anak-naik-40-persen?page=all

Fitria, L. & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 6(1), pp. 1-4. https://doi.org/10.29210/120202592

Indra, R., Lian, G.C., Putri, J.A.L., ...& Yosua, I. (2021). Gambaran Stres Kerja dan Koping Guru SMA saat pembelajaran daring selama pandemi. Mind Set Edisi Khusus TIN, pp. 63-86.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Nasional RISKESDAS 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Lovibond, P. (1995). The structure of negative emotional states: Comparison of the Depression Anxiety Stress Scales (DASS) with the Beck Depression and Anxiety Inventories. Behaviour Research and Therapy, 33(3), pp. 335–343. https://doi.org/10.1016/0005-7967(94)00075-U

Oktawirawan, D. H.(2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Jurnal ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), pp. 541-544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Tim Peneliti Satgas Penanggulangan COVID-19 IPK Indonesia. (2020). Gambaran Kondisi Psikologis Siswa di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Analisis berdasarkan cara pembelajaran dan jenjang pendidikan. Ikatan Psikologi Klinis Indonesia. https://www.ipkindonesia.or.id/media/2020/12/Gambaran-Kondisi-Psikologis-Siswa-di-Masa-Pandemi-15Des2020.pdf

Tirajoh, C.V., Munayang, H. & Kairupan, B.H.R. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap kecemasan orangtua murid di masa pandemik COVID-19. Jurnal Biomedik, JBM, 13(1), 49- 54.

Weir, K. (2020, September 1). Monitor on Psychology: Safeguarding student mental health. American Psychological Association. https://www.apa.org/monitor/2020/09/safeguarding-mental-health

Downloads

Published

30-06-2021

Issue

Section

Articles