Penulisan Karya Ilmiah Guru yang Berpotensi Hak Cipta dalam Upaya Menunjang Kompetensi Guru-Guru SMPN 32 Bekasi

Writing Teachers' Scientific Works With Copyright Potential In the Effort to Support the Competence of Teachers of SMP N 32

Authors

  • Endang Purwaningsih Fakultas Hukum Universitas YARSI
  • Evie Rachmawati Nur Ariyanti Fakultas Hukum Universitas YARSI
  • Irwan Santosa Sekolah Pascasarjana Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/iac.v4i1.52

Keywords:

kompetensi guru, hak cipta, pelatihan

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru-guru SMP N 32 Bekasi dalam penulisan karya ilmiah guru yang berpotensi hak cipta. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pelatihan tentang (1) edukasi dan pelatihan penulisan karya ilmiah yang berpotensi hak cipta; dan (2) penyuluhan hukum tentang HKI khususnya Hak Cipta agar menambah pengetahuan dan motivasi para guru SMPN 32. Jumlah khalayak sasaran sebanyak 41 orang (89%) dari jumlah total guru sebanyak 46 orang. Berdasarkan hasil analisis data pre-test dan post-test diperoleh hasil: terjadi peningkatan: a) pemahaman cara membuat karya ilmiah sebesar 9,7%, b) pemahaman objek hak cipta dan sistem perlindungannya sebesar 21,9%, c) pemahaman responden akan pentingnya publikasi karya ilmiah sebesar 7,3%, d) pemahaman responden akan cara mencatatkan hasil ciptaan sebagai hak cipta sebesar 31,7%, e) pemahaman responden akan istilah ciptaan, pencipta, pemegang hak cipta dan peralihan hak cipta sebesar 21,9%, dan f) keinginan responden dalam hal pemilihan hak cipta sebesar 4,8%). Tingkat kenaikan tertinggi yaitu pada aspek Pemahaman responden akan cara mencatatkan hasil ciptaan sebagai hak cipta sebesar 31,7%, disusul aspek Pemahaman objek hak cipta dan sistem perlindungannya dan Pemahaman responden akan istilah ciptaan, pencipta, pemegang hak cipta dan peralihan hak cipta masing-masing sebesar 21,9%. Kenaikan terendah yaitu pada aspek Keinginan responden dalam hal pemilihan hak cipta yang hanya sebesar 4,8%. Dengan demikian, rata-rata kenaikan sebesar 15,01%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aceska, N. & Nikoloski, D. (2017, October 28-29) The Role of Teachers’ Competencies in Education For Sustainable Development. VI International Balkan and Near Eastern Social Sciences Conference Series (IBANESS). Ohrid.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Purwaningsih, E. (2015). Hukum Bisnis. Ghalia Indonesia

Sulaiman, H., Hapsari, T., Tonah, T., & Nasir, F. (2020). Simulasi Aplikasi Tryout Ujian Nasional Berbasis Komputer (Unbk) Online Di Sma Kabupaten Cirebon. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 6(1).

Tokuan, Y. M., & Rivaie, W. (2016). Peran Guru Dalam Pembentukan Kepribadian Disiplin Siswa SMP Negeri 11 Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1). Indonesia. Undang-Undang nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38690

Weatherley, M. (2014). Copyright Education and Awareness [Discussion Paper]. CASBAA. http://www.casbaa.com/regulatory/discussion-papers-by-mike-weatherley-mp/

Downloads

Published

30-06-2021

Issue

Section

Articles