Penulisan Karya Ilmiah Guru yang Berpotensi Hak Cipta dalam Upaya Menunjang Kompetensi Guru-Guru SMPN 32 Bekasi
Writing Teachers' Scientific Works With Copyright Potential In the Effort to Support the Competence of Teachers of SMP N 32
https://doi.org/10.33476/iac.v4i1.52
Keywords:
kompetensi guru, hak cipta, pelatihanAbstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru-guru SMP N 32 Bekasi dalam penulisan karya ilmiah guru yang berpotensi hak cipta. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pelatihan tentang (1) edukasi dan pelatihan penulisan karya ilmiah yang berpotensi hak cipta; dan (2) penyuluhan hukum tentang HKI khususnya Hak Cipta agar menambah pengetahuan dan motivasi para guru SMPN 32. Jumlah khalayak sasaran sebanyak 41 orang (89%) dari jumlah total guru sebanyak 46 orang. Berdasarkan hasil analisis data pre-test dan post-test diperoleh hasil: terjadi peningkatan: a) pemahaman cara membuat karya ilmiah sebesar 9,7%, b) pemahaman objek hak cipta dan sistem perlindungannya sebesar 21,9%, c) pemahaman responden akan pentingnya publikasi karya ilmiah sebesar 7,3%, d) pemahaman responden akan cara mencatatkan hasil ciptaan sebagai hak cipta sebesar 31,7%, e) pemahaman responden akan istilah ciptaan, pencipta, pemegang hak cipta dan peralihan hak cipta sebesar 21,9%, dan f) keinginan responden dalam hal pemilihan hak cipta sebesar 4,8%). Tingkat kenaikan tertinggi yaitu pada aspek Pemahaman responden akan cara mencatatkan hasil ciptaan sebagai hak cipta sebesar 31,7%, disusul aspek Pemahaman objek hak cipta dan sistem perlindungannya dan Pemahaman responden akan istilah ciptaan, pencipta, pemegang hak cipta dan peralihan hak cipta masing-masing sebesar 21,9%. Kenaikan terendah yaitu pada aspek Keinginan responden dalam hal pemilihan hak cipta yang hanya sebesar 4,8%. Dengan demikian, rata-rata kenaikan sebesar 15,01%.
Downloads
References
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).
Purwaningsih, E. (2015). Hukum Bisnis. Ghalia Indonesia
Sulaiman, H., Hapsari, T., Tonah, T., & Nasir, F. (2020). Simulasi Aplikasi Tryout Ujian Nasional Berbasis Komputer (Unbk) Online Di Sma Kabupaten Cirebon. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 6(1).
Tokuan, Y. M., & Rivaie, W. (2016). Peran Guru Dalam Pembentukan Kepribadian Disiplin Siswa SMP Negeri 11 Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1). Indonesia. Undang-Undang nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38690
Weatherley, M. (2014). Copyright Education and Awareness [Discussion Paper]. CASBAA. http://www.casbaa.com/regulatory/discussion-papers-by-mike-weatherley-mp/