Peningkatan Kualitas Layanan Desa Berbasis Digital Marketing bagi Komersialiasi Produk Desa Tertinggal Seuat Jaya Serang

Authors

  • Herika Hayurani Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Endang Purwaningsih Fakultas Hukum Universitas YARSI
  • Sularso Budilaksono Universitas Persada YAI
  • M. Rafly Afrizal Pratama Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Dian Purnama Sari Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Fathur Rizqy Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Martha Riskiaty Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Hafidz Putra Herlyansyah Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Rio Griya Putra Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Rogo Subandono Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/iac.v6i2.118

Keywords:

layanan desa, digital marketing, komersialisasi produk

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi web dalam layanan desa melalui strategi digital marketing guna mendukung komersialisasi produk UMKM di Desa Seuat Jaya. Fokus utama adalah memberikan pemahaman mengenai cara memanfaatkan teknologi informasi untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan produk, sekaligus menerapkan teknologi penjualan online. Permasalahan yang dihadapi mitra meliputi: (1) keterbatasan pemahaman tentang teknologi web dalam konteks layanan desa dan akses informasi terkait penjualan produk secara online, dan (2) kurangnya pengetahuan mengenai penerapan teknologi informasi serta penjualan online. Solusi yang dilakukan adalah melalui edukasi, pelatihan, dan pendampingan intensif dalam penggunaan teknologi web untuk layanan desa dan digital marketing, sehingga pelaku UMKM termotivasi dan terampil dalam memanfaatkan platform online guna komersialisasi produk. Kegiatan ini telah berhasil dilaksanakan dengan baik, terbukti dari peningkatan signifikan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya penerapan teknologi informasi, disertai launching web company profile https://profil.digitaldesa.id/seuatjaya-serang dan penyempurnaan e commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fathoni, M. I., Yuliantoharinugroho, Y., Najib, K., & Mursyid, M. (2022). Strategi Pengembangan UMKM dengan Mengatasi Permasalahan UMKM dalam Mendapatkan Kredit Usaha. Hikmayo: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 27–35. https://doi.org/10.56606/HIKMAYO.V1I1.45 DOI: https://doi.org/10.56606/hikmayo.v1i1.45

Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (Ukm) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 2(1), 159–168. https://doi.org/10.36706/JSI.V2I1.718

Putri, P. K. (2016). Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian. Jurnal The Messenger, 8(1), 1. https://doi.org/10.26623/THEMESSENGER.V8I1.313 DOI: https://doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.313

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.37905/AKSARA.6.1.62-71.2020 DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Saleh, B., & Hadiyat, Y. D. (2016). Use of Information Technology among Performers Micro Small Medium Enterprises in the Border Area (Study in Belu, East Nusa Tenggara) (Penggunaan Teknologi Informasi di Kalangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Daerah Perbatasan (Studi di Kabupaten Bel. Jurnal Pekommas, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.30818/JPKM.2016.2010204 DOI: https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010204

Setyawati, A. (2020). Teknologi Informasi dan Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. AKADEMIKA, 18(2).

Surniandari, A. (2016). Uuite Dalam Melindungi Hak Cipta Sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI) dari Cybercrime. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 16(1). https://doi.org/10.31294/JC.V16I1.1276

Tambunan, T. (2005). Promoting small and medium enterprises with a clustering approach: A policy experience from Indonesia. Journal of Small Business Management, 43(2), 138–154. https://doi.org/10.1111/J.1540-627X.2005.00130.X DOI: https://doi.org/10.1111/j.1540-627X.2005.00130.x

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Pasal 28 ayat (1).

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Pasal 27 ayat (3).

Downloads

Published

29-12-2023

Issue

Section

Articles