Kode Etik Profesi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Menurut K.H Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim Wa Al-Muta’allim
Keywords:
kode etik, profesi guru, profesionalisme, K.H. Hasyim Asy’ariAbstract
Kode etik profesi guru memiliki peran penting dalam menjaga profesionalisme dan kualitas pendidikan. Namun berbagai pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh guru menunjukkan perlunya pemahaman mendalam terhadap prinsip-prinsip etika dalam profesi ini. Salah satu tokoh ulama yang membahas secara mendalam tentang etika guru adalah K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wa Al-Muta’allim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kode etik profesi guru serta konsep profesionalisme kinerja guru berdasarkan pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka, di mana kitab Adabul ‘Alim wa Al-Muta’allim dijadikan sebagai sumber utama, didukung oleh literatur terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kode etik guru menurut K.H. Hasyim Asy’ari terdiri dari prinsip-prinsip moral dan spiritual yang harus dimiliki oleh seorang guru, seperti keikhlasan, ketakwaan, kesabaran, serta sikap rendah hati dalam mengajar dan berinteraksi dengan peserta didik. Selain itu, profesionalisme kinerja guru menurut K.H. Hasyim Asy’ari tidak hanya diukur dari kompetensi akademik, tetapi juga dari akhlak dan tanggung jawab moral dalam menjalankan tugasnya. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini diharapkan guru dapat menjadi sosok yang tidak hanya berpengetahuan luas tetapi juga berintegritas tinggi dalam mendidik generasi penerus bangsa.
References
Busthomi, Yazidul, and Syamsul A’dlom. “Syarat-Syarat Profesi Keguruan Menurut Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2 (September 3, 2022): 305–318. https://doi.org/10.37286/ojs.v8i2.167.
Dudung, Agus. “Kompetensi Profesional Guru:” Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan) 5, No. 1 (2018). https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02
Eliza, Delfi., Sriandila, Regil., Fitri, Dwi Anisak Nurul., & Yenti, Syahreni. “Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya.” Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 3 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2878.
Evanirosa., Bagenda, Christina., Hasnawati., Annova, Fauzan., & Azizah, Khisna. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Bandung, 2022.
Faridi, Ahmad., Ningsih, Nining Ade., Purba, Deasy Handayani., Manalu, Jespin Saurlina., & Budiaty, Wa Ode Sitti. Etika, Perilaku, Dan Hukum Kesehatan. Yayasan Kita Menulis, 2022.
Fitri, Zulfaizah. Konsep Pendidik Menurut KH. M. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Al Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim dan Relevansinya Terhadap Kompetensi Guru PAI. Jakarta: Guepedia, 2022.
Hadhif, Muhammad Ishom. Adabul Alim Wal Mutaallim. Jombang: Maktabah Tsurosul Islami, 1994.
Hendriyani, Resti. “Mirisnya Pengimplementasian Kode Etik Profesi Guru di Indonesia,” 2022. https://spiritnews.co.id/2018/11/07/mirisnya-pengimplementasian-kode-etik-profesi-guru-di-indonesia/
Jamil, Jumrah. Etika Profesi Guru. Sumatra Barat: CV. Azka Pustaka, 2022.
Juniansyah, Medi., Warsah, Idi., & Rizal, Syamsul. “Studi Pemikiran Pendidikan Islam Kh. Hasyim Asy’ari Tentang Akhlak Guru Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim.” Diploma, Iain Curup, 2018. Accessed December 29, 2022. Http://E-Theses.Iaincurup.Ac.Id/130/.
Kholis, Ahmad Nur. “Menengok Isi Kitab Adab Al-Alim Wal Muta’allim Karya KH Hasyim Asy’ari,” Mei 2020. https://www.nu.or.id/pustaka/menengok-isi-kitab-adab-al-alim-wal-muta-allim-karya-kh-hasyim-asy-ari-nT3ot.
Kholil, Mohamad. “Kode Etik Guru Dalam Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari (Studi Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim)” Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, Vol. 2, No. 1 (2015). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.9
Napitupulu, Dedi Sahputra. Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Sukabumi: Haura Utama, 2020.
Nurqomah, Resty. “Kompetensi Profesionalisme Guru.” Osf Preprints, April 16, 2021. Accessed December 29, 2022. Https://Osf.Io/87rqm/.
Octavia, Shilphy A. Etika Profesi Guru. Sleman: Deepublish, 2020.
Prayoga, Fatkhul Ibnu., Masruroh, Nisaul., & Safitri, Nur Vina. “Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, Vol. 7, No. 3 (2024). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91633.
Sya’bani, Mohammad Ahyan Yusuf. Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat. Gresik: Carmedia Communication, 2018.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Yunus, Muhammad. “Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol. 19, No. 1 (2016): 112–128. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ruhul Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ruhul Islam is published by Universitas YARSI under license:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.