Kode Etik Profesi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Menurut K.H Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim Wa Al-Muta’allim

Authors

  • Nimatul Fauziyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Ismi Wulandari UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ahmad Fadhlullah UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

kode etik, profesi guru, profesionalisme, K.H. Hasyim Asy’ari

Abstract

Kode etik profesi guru memiliki peran penting dalam menjaga profesionalisme dan kualitas pendidikan. Namun berbagai pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh guru menunjukkan perlunya pemahaman mendalam terhadap prinsip-prinsip etika dalam profesi ini. Salah satu tokoh ulama yang membahas secara mendalam tentang etika guru adalah K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wa Al-Muta’allim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kode etik profesi guru serta konsep profesionalisme kinerja guru berdasarkan pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka, di mana kitab Adabul ‘Alim wa Al-Muta’allim dijadikan sebagai sumber utama, didukung oleh literatur terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kode etik guru menurut K.H. Hasyim Asy’ari terdiri dari prinsip-prinsip moral dan spiritual yang harus dimiliki oleh seorang guru, seperti keikhlasan, ketakwaan, kesabaran, serta sikap rendah hati dalam mengajar dan berinteraksi dengan peserta didik. Selain itu, profesionalisme kinerja guru menurut K.H. Hasyim Asy’ari tidak hanya diukur dari kompetensi akademik, tetapi juga dari akhlak dan tanggung jawab moral dalam menjalankan tugasnya. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini diharapkan guru dapat menjadi sosok yang tidak hanya berpengetahuan luas tetapi juga berintegritas tinggi dalam mendidik generasi penerus bangsa.

References

Busthomi, Yazidul, and Syamsul A’dlom. “Syarat-Syarat Profesi Keguruan Menurut Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2 (September 3, 2022): 305–318. https://doi.org/10.37286/ojs.v8i2.167.

Dudung, Agus. “Kompetensi Profesional Guru:” Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan) 5, No. 1 (2018). https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02

Eliza, Delfi., Sriandila, Regil., Fitri, Dwi Anisak Nurul., & Yenti, Syahreni. “Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya.” Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 3 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2878.

Evanirosa., Bagenda, Christina., Hasnawati., Annova, Fauzan., & Azizah, Khisna. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Bandung, 2022.

Faridi, Ahmad., Ningsih, Nining Ade., Purba, Deasy Handayani., Manalu, Jespin Saurlina., & Budiaty, Wa Ode Sitti. Etika, Perilaku, Dan Hukum Kesehatan. Yayasan Kita Menulis, 2022.

Fitri, Zulfaizah. Konsep Pendidik Menurut KH. M. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Al Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim dan Relevansinya Terhadap Kompetensi Guru PAI. Jakarta: Guepedia, 2022.

Hadhif, Muhammad Ishom. Adabul Alim Wal Mutaallim. Jombang: Maktabah Tsurosul Islami, 1994.

Hendriyani, Resti. “Mirisnya Pengimplementasian Kode Etik Profesi Guru di Indonesia,” 2022. https://spiritnews.co.id/2018/11/07/mirisnya-pengimplementasian-kode-etik-profesi-guru-di-indonesia/

Jamil, Jumrah. Etika Profesi Guru. Sumatra Barat: CV. Azka Pustaka, 2022.

Juniansyah, Medi., Warsah, Idi., & Rizal, Syamsul. “Studi Pemikiran Pendidikan Islam Kh. Hasyim Asy’ari Tentang Akhlak Guru Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim.” Diploma, Iain Curup, 2018. Accessed December 29, 2022. Http://E-Theses.Iaincurup.Ac.Id/130/.

Kholis, Ahmad Nur. “Menengok Isi Kitab Adab Al-Alim Wal Muta’allim Karya KH Hasyim Asy’ari,” Mei 2020. https://www.nu.or.id/pustaka/menengok-isi-kitab-adab-al-alim-wal-muta-allim-karya-kh-hasyim-asy-ari-nT3ot.

Kholil, Mohamad. “Kode Etik Guru Dalam Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari (Studi Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim)” Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, Vol. 2, No. 1 (2015). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.9

Napitupulu, Dedi Sahputra. Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Sukabumi: Haura Utama, 2020.

Nurqomah, Resty. “Kompetensi Profesionalisme Guru.” Osf Preprints, April 16, 2021. Accessed December 29, 2022. Https://Osf.Io/87rqm/.

Octavia, Shilphy A. Etika Profesi Guru. Sleman: Deepublish, 2020.

Prayoga, Fatkhul Ibnu., Masruroh, Nisaul., & Safitri, Nur Vina. “Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, Vol. 7, No. 3 (2024). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91633.

Sya’bani, Mohammad Ahyan Yusuf. Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat. Gresik: Carmedia Communication, 2018.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Yunus, Muhammad. “Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol. 19, No. 1 (2016): 112–128. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Nimatul Fauziyah, Siti Ismi Wulandari, & Ahmad Fadhlullah. (2025). Kode Etik Profesi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Menurut K.H Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim Wa Al-Muta’allim. Jurnal Ruhul Islam, 3(1), 126–141. Retrieved from https://academicjournal.yarsi.ac.id/ojs3/index.php/rhi/article/view/235