LAYANAN REFERENSI EMAIL DI ITL TRISAKTI SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Bima Bijak Prasetyo Program Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia
  • Indira Irawati Program Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia

https://doi.org/10.33476/bibliotech.v4i2.1293

Abstract

Layanan yang masih bisa beroperasi dalam kondisi Pembelajaran  Jarak Jauh karena Pandemi COVID-19 adalah layanan referensi virtual yang dilakukan melalui email. Pada penelitian ini berusaha mengungkap layanan referensi virtual yang belum lama diluncurkan dalam kurun waktu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh karena adanya pandemi Covid-19. Dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus, penelitian ini ingin mendeskripsikan pelaksanaan layanan referensi yang dilakukan oleh Perpustakaan ITL Trisakti pada saat proses pembelajaran jarak jauh.Temuan yang didapat dari penelitian ini walaupun perpustakaan ITL Trisakti telah melakukan kegiatan Layanan Virtual Email, namun dalam penerapannya masih memiliki banyak kekurangan, antara lain standar layanan yang belum ditetapkan, program pemasaran yang belum terencana, dukungan e-resources yang kurang memadai.

References

Bagusni, H. (2019). Persepsi Pustakawan Terhadap Perannya Pada Layanan Referensi: Studi Kasus Di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 73–90. https://doi.org/10.33476/bibliotech.v3i2.393

Cassell, K. A., & Hiremath, U. (2013). Reference and Information Services: an introduction (K. A. Cassell & U. Hiremath (eds.)). Neal-Schuman.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Pembelajaran Selama Masa Darurat Pandemi COVID-19.

Fatmawati, E. (2010). Perlunya Standar Operasional Prosedur (Sop) Di Sebuah Perpustakaan. Wipa, 12, 1–7.

Mustafa, O. B. (2007). Memenuhi Harapan Pengguna Tentang Layanan Prima Perpustakaan Melalui Penerapan Sop (Standard Operation Procedure). Jurnal Pustakawan Indonesia, 7(1), 1–8.

Qomariyah, A. N., & Kusuma, R. C. D. (2015). Analisis Transaksi E-mail dalam Layanan Referensi Virtual. Record and Library Journal, 1(2), 105–119.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN, (2007).

Sari, E. A. (2019). Peran Pustakawan Ai (Artificial Intelligent) Sebagai Strategi Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era Revolusi 4.0. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.17977/um008v3i12019p064

Wicaksono, A. (2017). Layanan Referensi melalui SMS : Studi Literatur. Media Pustakawan, 24(1), 4–11.

Wicaksono, A. (2019). ASPEK KOMUNIKASI INTERPERSONAL LAYANAN REFERENSI MELALUI SMS DI PERPUSTAKAAN NASIONAL: ANALISIS ISI KUALITATIF. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 18(2), 137–148. https://doi.org/10.37014/VISI PUSTAKA.V18I2.100

Widaryono. (2014). ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN-PERTANIAN PEMBANGUNAN ( SMK-PP ) NEGERI KUPANG. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 23(1), 64–73.

Published

2021-01-24

How to Cite

Prasetyo, B. B., & Irawati, I. (2021). LAYANAN REFERENSI EMAIL DI ITL TRISAKTI SAAT PANDEMI COVID-19. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(2). https://doi.org/10.33476/bibliotech.v4i2.1293

Issue

Section

Articles