LAYANAN REFERENSI EMAIL DI ITL TRISAKTI SAAT PANDEMI COVID-19
https://doi.org/10.33476/bibliotech.v4i2.1293
Abstract
Layanan yang masih bisa beroperasi dalam kondisi Pembelajaran Jarak Jauh karena Pandemi COVID-19 adalah layanan referensi virtual yang dilakukan melalui email. Pada penelitian ini berusaha mengungkap layanan referensi virtual yang belum lama diluncurkan dalam kurun waktu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh karena adanya pandemi Covid-19. Dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus, penelitian ini ingin mendeskripsikan pelaksanaan layanan referensi yang dilakukan oleh Perpustakaan ITL Trisakti pada saat proses pembelajaran jarak jauh.Temuan yang didapat dari penelitian ini walaupun perpustakaan ITL Trisakti telah melakukan kegiatan Layanan Virtual Email, namun dalam penerapannya masih memiliki banyak kekurangan, antara lain standar layanan yang belum ditetapkan, program pemasaran yang belum terencana, dukungan e-resources yang kurang memadai.
References
Bagusni, H. (2019). Persepsi Pustakawan Terhadap Perannya Pada Layanan Referensi: Studi Kasus Di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 73–90. https://doi.org/10.33476/bibliotech.v3i2.393
Cassell, K. A., & Hiremath, U. (2013). Reference and Information Services: an introduction (K. A. Cassell & U. Hiremath (eds.)). Neal-Schuman.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Pembelajaran Selama Masa Darurat Pandemi COVID-19.
Fatmawati, E. (2010). Perlunya Standar Operasional Prosedur (Sop) Di Sebuah Perpustakaan. Wipa, 12, 1–7.
Mustafa, O. B. (2007). Memenuhi Harapan Pengguna Tentang Layanan Prima Perpustakaan Melalui Penerapan Sop (Standard Operation Procedure). Jurnal Pustakawan Indonesia, 7(1), 1–8.
Qomariyah, A. N., & Kusuma, R. C. D. (2015). Analisis Transaksi E-mail dalam Layanan Referensi Virtual. Record and Library Journal, 1(2), 105–119.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN, (2007).
Sari, E. A. (2019). Peran Pustakawan Ai (Artificial Intelligent) Sebagai Strategi Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era Revolusi 4.0. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.17977/um008v3i12019p064
Wicaksono, A. (2017). Layanan Referensi melalui SMS : Studi Literatur. Media Pustakawan, 24(1), 4–11.
Wicaksono, A. (2019). ASPEK KOMUNIKASI INTERPERSONAL LAYANAN REFERENSI MELALUI SMS DI PERPUSTAKAAN NASIONAL: ANALISIS ISI KUALITATIF. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 18(2), 137–148. https://doi.org/10.37014/VISI PUSTAKA.V18I2.100
Widaryono. (2014). ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN-PERTANIAN PEMBANGUNAN ( SMK-PP ) NEGERI KUPANG. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 23(1), 64–73.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi dan pemanfaatan karya intelektual pada jurnal ini menjadi milik penuh penerbit, sedangkan hak moral menjadi milik penulis.
- Aspek legal formal akses dan pemanfaatan setiap artikel BiblioTech: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasitunduk di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa (CC BY-SA), yang berarti bahwa konten jurnal dapat dimanfaatkan secara bebas dan wajar (fair use) dalam bentuk serupa bahkan untuk kepentingan komersial.
- Untuk menghindari tindakan malpraktik publikasi dan plagiarisme penerbitan artikel, penulis diminta mengisi dan menandatangani pernyataan hak cipta pada Surat Pernyataan Keaslian Naskah dan Copyright Transfer.