Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pembelian Merk Unilever

Authors

  • Shinta Anatus Sholika University of Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia
  • Nanda Rizki Maulidia University of Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia
  • Muhammad Faisol Banan University of Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia
  • M. Arif Wicaksono University of Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia
  • M. Hidayatul Tamyis University of Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia

https://doi.org/10.33476/jamer.v2i2.89

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggaan

Abstract

Mix pemasaran penting karena menentukan produk, harga, serta waktu dan lokasi strategi pemasaran. Dalam konteks Unilever, berbagai metode penelitian digunakan untuk mengeksplorasi dampak kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Studi tersebut menunjukkan bahwa kualitas produk secara signifikan memengaruhi kepuasan pelanggan, faktor penting dalam keputusan pembelian produk Unilever. Analisis regresi grafis menunjukkan bahwa penyimpangan dalam kualitas produk juga sedikit memengaruhi harga pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana kualitas produk dan harga Unilever memengaruhi pilihan konsumen, dengan menggunakan sampel tiga puluh lima puluh mahasiswa karena kekhawatiran tentang hilangnya sampel Slovin. Temuan tersebut menegaskan pentingnya manajemen kualitas produk yang sangat penting bagi Unilever. Jaminan kualitas yang konsisten sangat penting untuk memenuhi harapan konsumen secara efektif. Studi ini menekankan peran kunci kualitas produk dalam memengaruhi kepuasan konsumen dan secara halus memengaruhi dinamika penetapan harga dalam strategi pemasaran Unilever. Implikasi manajerial menekankan perlunya produsen untuk mengutamakan kualitas produk yang konsisten guna menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen.

References

Ardianto, Roesdian. (2013). Pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah yang di mediasi oleh kepercayaan nasabah pada bank BRI Syariah Surakarta.

Budi, Agung Permana. (2013). Manajemen Marketing Perhotelan. Andi. Yogyakarta.

Ilyas, G. B., et al. (2020). Reflective Model of Brand Awareness on Repurchase Intention and Customer Satisfaction. The Journal of Asian Finance, Economics,and Business, 7(9), 427–438. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no9.427

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1.Alih bahasa oleh Bob Sabran.Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Maria, Melita, Rosinta Romauli Situmeang, and Meralda Regina Manalu. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Elanggan Pada PT. Merek Indah Lestari. 13(3): 339–47.

Marpaung, (2011). Pengaruh Store Enviroment Pada niat pembelian ulang pada konsumen metro supermarket medan plasa.

Marwanto, A. (2015). Marketing Sukses. Yogyakarta: Kobis

Prabowo, Hartiwi., (2014). Analisis Kepercayan dalam C2C ECommerce terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap Repurchase pada Kaskus. Binus Business Review. https://doi.org/10.21512/bbr.v5i1.1218

Ramli, S. (2013). Bacaan Wajib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jakarta: Visi Media

Rangkuti, F. (2013). Customer Service Satisfaction & Call Center Berdasarkan ISO 9001. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sinambela, Ella Anastasya, Putri Purnama Sari, and Samsul Arifin. (2020). Pengaruh Variabel Harga Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wingsfood. Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi 13(1): 55–70. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v13i1.1053

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang. (2013). Manajemen Pemasaran. Jogjakarta, Caps.

Suprano dan Hermiati, N.F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pelita Ilmu, 15(1). https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3779

Tandon, U., et al.. (2017). Customer Satisfaction as Mediator Between Website Service Quality and Repurchase Intention: An Emerging Economy Case.Service Science, 9(2), 106–120. https://doi.org/10.1287/serv.2016.0159

Wibowo, Tonny Ari, and . Moedjiono. (2020). Pengaruh Sistem Informasi, Knowledge Worker Dan Kemampuan Penerapan Teknologi Informasi Terhadap Terciptanya Kinerja Sumber Daya Manusia : Studi Kasus Pt. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk, Kantor Cabang Tangerang. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (Ipsikom) 8(2). https://doi.org/10.58217/ipsikom.v8i2.177

Published

2024-01-05

How to Cite

Sholika, S. A., Maulidia, N. R., Banan, M. F., Wicaksono, M. A., & Tamyis, M. H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pembelian Merk Unilever. Journal of Accounting, Management, and Economics Research, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.33476/jamer.v2i2.89