Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada CV Laditri Karya

Penulis

  • Tia Hardiyanah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Yarsi
  • Rini Hidayati
  • Ananta Hagabean Nasution Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Yarsi
  • Muslikh Muslikh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Yarsi
  • Siti Marhamah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Yarsi

DOI:

https://doi.org/10.33476/jamer.v1i2.29

Kata Kunci:

Pemasaran Konten, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Citra Merek, Minat Beli

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh content marketing, sales promotion, personal selling dan brand image terhadap minat beli pada CV Laditri Karya. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 pengikut akun Instagram @laditrikarya dengan metode survei berupa instrumen kuesioner yang diolah menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) content marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. (2) sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. (3) personal selling tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. (4) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. (5) content marketing, sales promotion, personal selling dan brand image berpengaruh terhadap minat beli secara simultan

Referensi

Abdurrahim, A., & Sangen, M. (2019). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling, Dan Advertising Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hotel Biuti Di Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 42-47.

Adhawiyah, Y. R., Anshori, M. I., & Fathor, A. S. (2019). Peran Pemasaran Media Sosial Dalam Menciptakan Keputusan Pembelian Melalui Kesadaran Merek (Studi pada Instagram Clothing Line Bangjo). Tirtayasa ekonomika, 14(2), 267-281.

Alviah, S. & Firmansyah, A. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Minimarket Kopkar Primavera PT Indo American Ceramics. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 1(1).

Amalia, Chairina Debika. (2020). Pengaruh Content Marketing di Instagram Stories @Lcheesefactory Terhadap Minat Beli Konsumen. Jom Fisip, 7(1).

Amanah, D., & Pelawi, S. P. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) Terhadap Impulsive Buying Produk Matahari Plaza Medan Fair. Jurnal Quanomic, 3(02),10-18.

Anshori, F. I., Ekawaty, N., & Cahyani, J. D. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk J. Co Donuts & Coffee di Resinda Park Mall Karawang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 2024-2045.

Aprianto, N., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Personal Selling Terhadap Minat Beli Produk PRUlink Generasi Baru Nasabah Prudential Life Assurance Indonesia. Prologia, 3(2), 313-319.

Dewi, Y. K., Desiyanti, R., & Irda, I. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Deterjen Boom di Kota Padang. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University, 6(2).

Gunasekharan, T., Basha, S. S., & Lakshmanna, B. C. (2015). A Study On Impact Of Promotion Mix Elements: Advertising, Personal Selling & Public Relation Of DTH Manufacturers On Customer Behavior. International, Humanities and Management Studies, 1(6), 20-30.

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Instagram. (2018). CV Laditri Karya. www.instagram.com/laditrikarya/ diakses pada 19 Maret 2021 pukul 18:50 WIB dan 22 Maret 2021 pukul 23:07.

Iriani, F., & Indriyani, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu Martha Tilaar.

Karneli, Tujiono Okta. (2017). Pengaruh Sales Promotion dan Service Quality Terhadap Minat Beli Konsumen Fast Food (Kasus Penjualan Produk Kfcpada Kfc Metropolitan City Pekanbaru). (Doctoral dissertation, Riau University).

Karr, Douglas. (2016). How To Map Your Content To Unpredictable Customer Journeys. San Francisco: Meltwater.

Kiranasari, B. (2014). Faktor-Faktor yang Menentukan Online Seller Memilih Situs Jejaring Instagram Sebagai Media Promosi Online Shop. (Doctoral dissertation, UAJY).

Maulidiyah, R. N. (2021). Pengaruh Brand Image, Content Marketing dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Sabun Pemutih Gluta Collagen Soap. (Doctoral dissertation, UIN Surabaya).

Ningrum, I. T. J., & Nilowardono, S. (2016). Pengaruh Event dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Rokok Sampoerna A Mild Pada PT HM Sampoerna Area Marketing Surabaya. Jurnal Manajemen Kinerja, 2(1), 57-69.

Prasetyo, A. A., & Ridwanudin, O. (2017). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Berkunjung di Jendela Alam. The Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(2), 1077-1084.

Primariyanti, M. S., & Firmansyah, E. A. (2017). Aplikasi Teori Personal Selling: Kasus pada Bank Regional. Al Tijarah, 3(2), 41-64.

Purnomo, K., & Pranatasari, F. D. (2019). Event, Online Marketing, dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian di Snowy Station Surabaya. JurnaL Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(6).

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. 16(2)

Social, W. A. Hootsuite. (2020). Global Digital Reports 2020. www.wearesocial.com/digital-2020 diakses pada 21 Februari 2021 pukul 15:32 WIB.

Sunardi, P. N., Sari, P. R., & Cahyani, R. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Kualitas Produk dan Harga (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 302-315.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2).

Wahyuni Purbohastuti, A., & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37-46.

Wijaya, V. A., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh Brand Image E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Pelanggan Tokopedia). Prologia, 2(2), 531-537.

Wirakanda, G. G., & Pardosi, A. (2020). Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Blibli. COM). Pro Mark, 10(1).

Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 506-515.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-26

Terbitan

Bagian

Artikel

Kategori