Pengaruh Nilai Sosial, Citra Negara, dan Gaya Hidup Pada Kosmetik Korea Selatan

Authors

  • Febby Pramestiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Yarsi, Jakarta
  • Intan Tri Annisa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Yarsi, Jakarta

https://doi.org/10.33476/jamer.v1i1.2

Keywords:

nilai sosial, citra negara, gaya hidup, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada konsumen produk kosmetik perawatan wajah asal Korea Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh nilai-nilai sosial, citra negara, dan gaya hidup secara bersama-sama atau sebagian terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling yang mana responden pernah membeli dan menggunakan produk kosmetik perawatan wajah dari Korea Selatan dan diperoleh sebanyak 153 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program IBM SPSS Statistics versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel nilai sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Variabel citra negara berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Firdhy Esterina Christy. (2020). Negara-Negara Yang Menggunakan K-Beauty. Tempo.Co.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management.

Lee, B., Ham, S., & Kim, D. (2015). The effects of likability of Korean celebrities, dramas, and music on preferences for Korean restaurants: A mediating effect of a country image of Korea. International Journal of Hospitality Management, 46, 200–212. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2014.05.012

Lee, W. (2015). The Effects of the Korean Wave (Hallyu) Star and Receiver Characteristics on T.V Drama Satisfaction and Intention to Revisit. International Journal of U- and e-Service, Science and Technology, 8(11), 347–356. https://doi.org/10.14257/ijunesst.2015.8.11.34

Lemeshow, S., David W.H.Jr. (1997). besar sampel dalam penelitian kesehatan.

Nora, L., & Minarti, N. S. (2016). THE ROLE OF RELIGIOSITY, LIFESTYLE, ATTITUDE AS DETERMINANT PURCHASE INTENTION. 135–148.

Marsha, E., Dwi, D. M. Y., & Agustini, H. (2019). Country of Origin and Brand Image on Purchase Decision of South Korean Cosmetic Etude House. JMBE Journal Of Management and Business Environment, 1(1).

Schiffman, & Kanuk. (2007). Consumer Behavior (9th ed.).

Sheth, J. N., & Mittal, B. (2004). Consumer behavior: a managerial perspective.

Shin, Y. H., Im, J., Jung, S. E., & Severt, K. (2019). Motivations behind Consumers’ Organic Menu Choices: The Role of Environmental Concern, Social Value, and Health Consciousness. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 20(1), 107–122. https://doi.org/10.1080/1528008X.2018.1483288

Sweeney, & Sourtar. (2001). Costumer-perveived value : the development of a multiple item scale (J. Retail (ed.)).

Wardani, K., & Susanto, A. (2020). The Impact of Brand Image and Perceived Price on Imported Halal Skincare Purchase Decision: Study on Safi’s Consumers in Central Java, Indonesia. International Journal of Science and Business, 4(10), 108–120. https://doi.org/10.5281/zenodo.4059333.

Wibowo, A. F., & Riyadi, E. S. hendro. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Prestise Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang ). Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis, ISBN : 978-602-361-067-9, 97–113.

Published

2022-07-22

How to Cite

Pramestiwi, F., & Annisa, I. T. (2022). Pengaruh Nilai Sosial, Citra Negara, dan Gaya Hidup Pada Kosmetik Korea Selatan. Journal of Accounting, Management, and Economics Research (JAMER), 1(1), 35–46. https://doi.org/10.33476/jamer.v1i1.2

Issue

Section

Article