Metode Penugasan Membaca Dalam Al-Quran Surat Al-Alaq 1-5

Authors

  • Ali Ma'sum Universitas YARSI
  • Didin Hafidhuddin Universitas Ibnu Khaldun Bogor
  • Akhmad Alim Universitas Ibnu Khaldun Bogor

https://doi.org/10.33476/ms.v11i1.4123

Keywords:

membaca, metode, penugasan, surat, al-alaq

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji perintah membaca dalam surat Al- Alaq 1-5 sebagai metode penugasan membaca dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang bersifat studi pustaka. Data penelitian dianalisis dengan metode analisis isi. Dari hasil penelitian didapati bahwa tujuan dari penugasan membaca hendaknya bukan hanya sekedar mengembangkan potensi intelektual semata namun harus berorientasi kepada penguatan nilai-nilai ketauhidan. Adapun untuk objek bacaan dalam penugasan membaca hendaknya tidak terbatas pada teks tertulis seperti buku saja. Objek bacaan dapat berupa fenomena atau proses kejadian dan pertumbuhan. Selain itu, penugasan membaca hendaknya diberikan secara berulang-ulang agar siswa mendapati pemahaman dan penguatan makna dari apa yang dibaca. Dari penugasan membaca yang berdasarkan pada surat Al-Alaq 1-5 diharapkan akan mengantarkan siswa kepada ilmu pengetahuan dan menjadikan mereka patuh dan tunduk kepada Allah.

References

Abdullah 2005. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 8. (M.Abdul Ghoffar E.M dan Abu Ihsan Al Atsari, Terjemahan) (Pertama). Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi`i.

Afiifah IN, & Yahya MS 2020. Konsep Belajar Dalam Al-Qur`an Surat Al- ‘Alaq. 1, 87–102.

Al Bukhari, M bin I 1987. Shahih Bukhari. Dar Ibnu Kathir.

Al Maraghi, Ahmad Musthafa 1993. Terjemah Tafsir Al Maraghi Jilid 30. Toha Putra Semarang.

Anggreni NLO 2019. Implementasi Penerapan Metode Pemberian Tugas Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 292–300. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19200

Ardani K., Subawa P, & Primayana KH 2022. Penggunaan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Kartu Abjad Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula Kelompok B1 Tk Widya Kumara Graha Desa Pegadungan Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Nawasena: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Az-Zuhaili W 2014. Tafsir Al Munir. Gema Insani.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud 2017. KBBI. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud. https://kbbi.web.id/baca

Bahri, Syaiful dan Zain A 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Bakar ASA 2022. Konsep Pendidikan Islam Salam Al-Qur`an Surat Al-`Alaq Ayat 1-5 (Telaah Pemikiran Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah). Jurnal Inspiratif Pendidikan, XI(2), 363–377.

Bunyamin 2010. Hakekat Manusia Sebagai Animal Educandum, Educabili dan Educator dalam Perpektif Islam. In Jurnal Ilmiah REFORMA (Vol. 1, Issue Th. IX No. 17, pp. 91–100).

Dozan W 2020. Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Surat Al-`Alaq Ayat 1-5. 9(02), 153–169.

Farr R 1984. Reading: Trends an Challenges. National Education Association.

Harras KA 1995. Membaca minat baca masyarakat kita dalam jurnal mimbar bahasa dan seni. No.XXII 1995, 1(1), 56.

Hasibuan A 2018. Efektivitas Metode Pemberian Tugas Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Lusia. ,. Jurnal Ilmiah MBP, 6(1), 1–8.

Indrawati R, & Darmawani E 2022. Penerapan Metode Pemberian Tugas terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan pada Anak Usia Dini. 4(2), 45–52. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.8736

Ismail M, Hadi MN, & Sunaiyah S 2017. Metode penugasan dalam pembelajaran pai. Edudeena, 1(2), 89–100.

Istianah 2015. melalui perpustakaan kita budayan falsafah “IQRA.” STAIN Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, 207. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1591/1460

Kelana 2016. Metode Pemberian Tugas, Kemampuan Membaca Nyaring. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(November), 61–71.

Lubis S, & Budi P 2019. Nilai Pendidikan Pada Surah Al-`Alaq Ayat 1-5 Menurut Quraish Shihab. AL HADI, 15(02), 919–941.

Makhfud A, & Khamid A 2021. Literacy Value of Surat Al-`Alaq Verses 1-5 in Tafsir Al-Mishbah And Its Implementation In Madrasah. 05, 1–15.

Maryani NKA, Subawa P, & Suparya IK 2022. Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B1 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 di TK Sathya Sai Kumara Singaraja. Nawasena: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Masykur & Solekhah S 2021. Tafsir Qur`an Surah Al-`Alaq Ayat 1 Sampai 5 (Perspektif Ilmu Pendidikan). 2(2), 72–87.

Mulyono A 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Mustolehudin 2011. Tradisi Baca Tulis Dalam Islam Kajian Terhadap Surah Al-`Alaq Ayat 1 - 5. XVIII(01), 145–154.

Ni’am K 2022. Nilai-nilai Pendidikan Karakater Dalam Al-Quran Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 Perspektif Mufassir Nusantara. AL-MURABBI, 7(2), 271–285.

Nur Rahimi AF 2022. Urgensi Membaca Dan Menulis Dalam Pendidikan Islam Berdasarkan Surah Al-’Alaq Ayat 1-5 Menurut Perspektif Tafsir Al-Wasith Karya Syekh Wahbah Az-Zuhaili. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 12(2), 91. https://doi.org/10.18592/jtipai.v12i2.7801

Nurbaya S 2019. Teori dan Taksonomi Membaca. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131884840/penelitian/TEORI DAN TAKSONOMI MEMBACA.pdf

Nurramadhani A, & Permana I 2020. Kualitas keterampilan bertanya mahasiswa dalam kegiatan laboratorium sains melalui tugas membaca (reading assignment). Seminar Nasional Online (Webinas) 16 Juni 2020.

Nurteti L 2016. Fungsi Membaca Dalam Konsep Pendidikan Islam (Studi Analisis Terhadap Tafsir Alquran Surat Al-‘Alaq ayat 1-5 dalam Tafsir Jâmi’ul-Bayâni Fî Ta’wîl Alqurân karya Ath-Thabari). Tarbiyah Al-Aulad, 1(2), 71–88.

Pohan R 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Lanarka.

Purba MA, & Yando AD 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2(3), 96–101.

Quthb S 2002. Tafsir Fi Zhilalil Quran. Gema Insani.

Ramli M 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Depdiknas; Dirjen Pendidikan Tinggi; Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Romafi R, & Musfiroh T 2015. Hubungan Minat Membaca, Fasilitas Orang Tua, Dan Pemberian Tugas Membaca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. LingTera, 2(2), 185. https://doi.org/10.21831/lt.v2i2.7377

Rosidah A 2021. Kemampuan Literasi Membaca Dengan Menggunakan. 547–553.

Shihab MQ 2002. Tafsir Al Misbah. Lentera Hati.

Shihab MQ 2010. Makna dan Kandungan Surah-Surah al-Qur’an. Lentera Hati.

Sudjana N 1995. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (3rd ed.). Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.

Sujiono YN 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Macanan Jaya Cemerlang.

Wedayanti GAMD, Wirya IN, & Ujianti PR 2015. Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak. Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Wenny LS 2021. Literasi Informasi berdasarkan Surah Al-Alaq. 3(1), 80–95.

Yusuf M 2021. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendais, 3(1), 63–79.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Ma’sum, A., Hafidhuddin, D., & Alim, A. (2024). Metode Penugasan Membaca Dalam Al-Quran Surat Al-Alaq 1-5. Majalah Sainstekes, 11(1), 022–035. https://doi.org/10.33476/ms.v11i1.4123

Issue

Section

Articles