Hubungan Antara Dukungan Sosial yang Dipersepsikan dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja ADHD

Authors

  • Shalaathaya Fairuza Ansyari Fakultas Psikologi, Universitas YARSI
  • Alabanyo Brebahama Fakultas Psikologi, Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/ms.v11i1.4045

Keywords:

dukungan sosial yang dipersepsikan, motivasi berprestasi, remaja ADHD

Abstract

Penyandang ADHD mengalami gangguan inatensi, hiperaktivitas dan impulsivitas yang berdampak terhadap aspek akademik mereka di sekolah. Harapan agar remaja ADHD dapat sukses secara akademik dapat menjadi pedang bermata dua, yakni di satu sisi dipersepsikan sebagai dukungan, namun disisi lain dapat dimaknai sebagai tekanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial yang dipersepsikan dengan motivasi berprestasi pada remaja ADHD. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 27 remaja penyandang ADHD yang berdomisili di JABODETABEK. Penelitian ini menggunakan alat ukur Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan Achievement Motives Scale (AMS). Hasil dari penelitian ditemukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel dukungan sosial yang dipersepsikan pada dimensi keluarga, teman, dan significant others dengan variabel motivasi berprestasi dimensi hope of success. Kemudian terdapat hubungan yang positif antara significant others dengan motivasi berprestasi dimensi fear of failure.

References

Ahadiyah L 2015. Identifikasi bentuk dukungan sosial siswa reguler pada siswa berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusi tingkat SMP kota Malang [Thesis, Universitas Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34268.

Akhtar S, Hussain M, Afzal M, & Gilani SA 2019. The impact of teacher-student interaction on student motivation and achievement. European Acedemic Research, 7(2), 1201–1222.

Akmal SZ, Arlinkasari F, & Fitriani AU 2017. Hope of success and fear of failure predicting academic procrastination students who working on a hesis. Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling , 7(1), 78–86.

American Psychiatric Association 2013. Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.). Washington DC: American Psychiatric Association. https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425596

Aprilia E, & Oktaria D 2017. Kemampuan akademik penderita Attention Deficit – Hyperactivity Disorder (ADHD) pada tingkat perguruan tinggi. Jurnal Majority, 7(1), 164–168.

Ayu OA 2005. Metode token economy dan self-instructional training untuk meningkatkan konsentrasi pada remaja dengan gangguan ADHD : Suatu studi kasus [Thesis, Universitas Airlangga]. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26480.

Azmi SSU, & Nurmaya TE 2020. Peran guru pendamping khusus dalam pembelajaran terhadap perilaku inatensi pada anak ADHD di SD Budi Mulia Dua Panjen Yogyakarta. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(1), 60–77. https://doi.org/10.54396/saliha.v3i1.37.

Bond R, & Castagnera E 2006. Peer supports and inclusive education: An underutilized resource. Theory Into Practice, 45(3), 224–229. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4503_4.

Chairil NB, Permata P, & Hartiningsih SS 2022. Gambaran pengetahuan orang tua tentang penyakit attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) terhadap anak. Jurnal Sehat Masada, 16(2), 410–414.

Chasanah EN, & Koesdyantho AR 2019. Peran konselor dalam mengatasi siswa yang hiperaktif melalui pendekatan behavioral dengan konseling individual (Penelitian pada kelas VIII SMP N 2 Jaten Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018). Medikons: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta, 5(1), 1–15.

Dakwah F, Raden U, Lampung I, & Id SA 2017. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 38–54. https://doi.org/10.24042/ALIDARAH.V7I2.2288

De Castella K, Byrne D, & Covington M 2013. Unmotivated or motivated to fail? A cross-cultural study of achievement motivation, fear of failure, and student disengagement. Journal of Educational Psychology, 105(3), 861–880. https://doi.org/10.1037/a0032464

Fugate CM, & Gentry M 2016. Understanding adolescent gifted girls with ADHD: motivated and achieving. High Ability Studies, 27(1), 83–109. https://doi.org/10.1080/13598139.2015.1098522

Islamiah R, Na’imah & Wulandari H 2023. Peran guru dalam menangani anak hiperaktif. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 36–41. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2051.

Kurniawati Y, Faizah F, & Rahma U 2018. Dukungan sosial dan empati pada siswa berkebutuhan khusus berdasar jenjang sekolah menengah dan perguruan tinggi. Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 14(2), 200. https://doi.org/10.32528/ins.v14i2.1393.

Landau S, & Milich R 1988. Social communication patterns of attention-deficit-disordered boys. Journal of Abnormal Child Psychology, 16(1), 69–81. https://doi.org/10.1007/BF00910501

Lang JWB, & Fries S 2006. A revised 10-item version of the achievement motives scale. http://dx.doi.org/10.1027/1015-5759.22.3.216, 22(3), 216–224. https://doi.org/10.1027/1015-5759.22.3.216.

Langberg JM, Smith ZR, Dvorsky MR, Molitor SJ, Bourchtein E, Eddy LD, Eadeh HM, & Oddo LE 2018. Factor structure and predictive validity of a homework motivation measure for use with middle school students with Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD). School Psychology Quarterly, 33(3), 390–398. https://doi.org/10.1037/SPQ0000219.

Mangunsong F 2016. Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus (Jilid kedua) (F. Mangungsong, Ed.; 2 ed., Vol. 2). Depok: LPSP3 UI.

Mirnawati & Amka 2019. Pendidikan Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Penerbit Deepublish.

Muhammad F, Bahri S, & Zuliani H 2018. Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi remaja di SMA Banda Aceh. SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, 3(1), 1–8.

Ningrum SP, & Rusmawan 2023. Analisa kendala guru dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1(2), 159–166.

Olivier MAJ, & Steenkamp DS 2004. Attention-deficit/hyperactivity disorder: Underlying deficits in achievement motivation. International Journal for the Advancement of Counselling, 26(1), 47–63. https://doi.org/10.1023/B:ADCO.0000021549.40409.C4.

Pang JS, Villacorta MA, Chin YS, & Morrison FJ 2009. Achievement motivation in the social context: Implicit and explicit Hope of Success and Fear of Failure predict memory for and liking of successful and unsuccessful peers. Journal of Research in Personality, 43(6), 1040–1052. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2009.08.003

Prasaja, Harumi L, & Fatmawati R 2022. Gambaran demografi anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta. PROFESI (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 19(2), 152–157.

Salim NA, Aslindah A, & Handayani ES 2020. Analisis motivasi belajar pada siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SD Negeri 023 Samarindah Utara. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 82–98. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.398.

Sari AM, & Mulawarman M 2021. Kontribusi harga diri dan motivasi berprestasi terhadap perbandingan sosial pada siswa pengguna media sosial. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 225–236.

Steinmayr R, & Spinath B 2009. The importance of motivation as a predictor of school achievement. Learning and Individual Differences, 19(1), 80–90. https://doi.org/10.1016/J.LINDIF.2008.05.004

Sugiyono D 2016. Metode penelitian pendidikan kuantitatif , kualitatif dan R&D. Dalam Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta.

Zimet GD, Dahlem NW, Zimet SG, & Farley GK 1988. The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 52(1). https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201_2.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Fairuza Ansyari, S., & Brebahama, A. (2024). Hubungan Antara Dukungan Sosial yang Dipersepsikan dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja ADHD. Majalah Sainstekes, 11(1), 053–062. https://doi.org/10.33476/ms.v11i1.4045

Issue

Section

Articles