Pendidikan Sebagai Prediktor Pengetahuan Pencegahan Gastritis Pada Warga Binaan Di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten

Authors

  • Erlina Wijayanti Universitas YARSI
  • Cantika Putri Zatnika Universitas YARSI
  • Munawarah Universitas YARSI
  • Nurita Dinda Chairunnisyah Universitas YARSI
  • Rifqi Hafidh Universitas YARSI
  • Rika Alivia Agustin Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/ms.v10i2.3403

Keywords:

Pendidikan, Pengetahuan, Pencegahan gastritis

Abstract

Gastritis adalah proses peradangan pada mukosa dan submukosa lambung. Data Kemenkes RI menyebutkan bahwa Indonesia berada pada urutan keempat kasus gastritis tertinggi di dunia. Upaya pencegahan kekambuhan gastritis meliputi modifikasi diet, menghilangkan kebiasaan konsumsi alkohol, memperbanyak olahraga, dan manajemen stress. Pengetahuan menjadi bagian penting dalam upaya pencegahan gastritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prediktor  pengetahuan tentang pencegahan gastritis di Desa Koper, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan rancangan penelitian studi cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Sampel penelitian sebanyak 36 responden. Pada penelitian ini didapatkan 9 responden memiliki tingkat pengetahuan baik dan 27 responden memiliki tingkat pengetahuan cukup/buruk. Variabel yang dapat memprediksi pengetahuan pencegahan grastritis adalah tingkat pendidikan (p=0,013). Oleh karenanya, diperlukan cara/metode dan media edukasi yang sesuai dengan pendidikan responden sehingga dapat meningkatkan pengetahuan pencegahan gastritis secara lebih efektif.

Author Biographies

Erlina Wijayanti, Universitas YARSI

Dosen Bagian ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas YARSI

Cantika Putri Zatnika, Universitas YARSI

Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas YARSI

Munawarah, Universitas YARSI

Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas YARSI

Nurita Dinda Chairunnisyah, Universitas YARSI

Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas YARSI

Rifqi Hafidh, Universitas YARSI

Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas YARSI

Rika Alivia Agustin, Universitas YARSI

Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas YARSI

References

Alianto R 2015. Diagnosis Histopatologik Gastritis. Cermin Dunia Kedokteran, 42(8), pp.597-600.

Elmukhsinur 2019. Education And Knowledge Of Gastritis Patients About Gastritis Prevention | JPK : Jurnal Proteksi Kesehatan. jurnal.pkr.ac.id, [online] 8(2), pp.62–66. Available at: https://jurnal.pkr.ac.id/index.php/JPK/article/view/173/130 [Accessed 1 Jan. 2023].

Ndruru RK, Sitorus S, and Barus N 2019. Gambaran Diagnostik dan Penatalaksanaan Gastritis Rawat Inap BPJS di RSU Royal Prima Medan Tahun 2017. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 15(2), pp.209-216.

Notoatmodjo S 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta

Novitasary A, Sabilu Y, and Ismail CS 2017. Faktor Determinan Gastritis Klinis pada Mahasiswa di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unsyiah, 2(6).

Soo, wiwi rosina, et al., 2022. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan. Cendana Medical Journal, Edisi 23, Nomor 1

Wawan A & Dewi M 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Cetakan II. Yogyakarta : Nuha Medika

Yusfar KM 2019. Hubungan Faktor Resiko Gastritis dengan Kejadian Gastritis pada Siswa-Siswi SMA dan SMK. Healthy Journal, 7(1), pp.9-21.

Downloads

Published

2024-02-13

How to Cite

Wijayanti, E., Putri Zatnika, C., Munawarah, M., Dinda Chairunnisyah, N., Hafidh, R., & Alivia Agustin, R. (2024). Pendidikan Sebagai Prediktor Pengetahuan Pencegahan Gastritis Pada Warga Binaan Di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Majalah Sainstekes, 10(2), 073–079. https://doi.org/10.33476/ms.v10i2.3403