Mind Mapping dan Daya Berpikir Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa di SMAN 20 Kab. Tangerang

Authors

  • Toto Heriyanto Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/ms.v9i2.3020

Keywords:

Mind Mapping, Berpikir Ilmiah, Hasil Belajar, Pendidikan, Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan mind mapping dan daya berpikir ilmiah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Latar belakang penelitian ini bersumber pada kondisi dan situasi kegiatan belajar mengajar di sekolah yang masih menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI SMAN 20 Kab. Tangerang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Sedangkan untuk menganalisis dan menguji hipotesis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar PAI melalui penggunaan mind mapping. Hasil penelitian dengan analisis varian (ANAVA) dua jalur menunjukkan bahwa:

Terdapat perbedaan hasil belajar PAI antara siswa yang belajar menggunakan mind mapping dan daya berpikir ilmiah dengan siswa yang belajar menggunakan pendekatan konvensional. Siswa yang belajar menggunakan mind mapping dan daya berpikir ilmiah mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan pendekatan konvensional

References

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Arikunto, Suharsimi, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73.

Dan, M., & Belajar, H. (2019). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING BERBANTU AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT ,. 13–19.

Jamal, S. (2012). Merumuskan Tujuan dan Manfaat Penelitian. Ilmiah Dakwah Dan Komunikasi, 3 No. 5, 148–150.

Komariah Kokom. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi. Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono, (2009) Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta,

Syahidah, N. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY, (pp. 108-117).

Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398

Wulandari, R. (2017). Berpikir Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 29–35. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.839

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Heriyanto, T. (2023). Mind Mapping dan Daya Berpikir Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa di SMAN 20 Kab. Tangerang. Majalah Sainstekes, 9(2), 090–107. https://doi.org/10.33476/ms.v9i2.3020