Gradasi Materi Pembelajaran Menulis Permulaan Arab Bagi Pelajar Non-Penutur Arab

Authors

  • Ali Masum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/ms.v9i2.2951

Keywords:

arab, huruf, menulis, permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gradasi atau tahapan materi pembelajaran menulis permulaan Arab yang sesuai dengan pelajar Indonesia yang notabenenya adalah pembelajar bahasa non-penutur Arab. Hal ini penting dikaji karena materi pembelajaran yang disajikan sesuai dengan gradasi atau tahapan yang benar akan memudahkan pelajar dalam memahami dan mengaplikasikan materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi literatur. Data penelitian bersumber dari buku, jurnal, artikel ataupun tulisan tertentu. Data yang didapat kemudian disajikan, dianalisis untuk kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gradasi atau tahapan materi pembelajaran menulis permulaan Arab bagi pelajar Indonesia perlu dibedakan dari materi pembelajaran menulis Arab bagi pelajar penutur Arab. Tahapan pembelajaran menulis Arab hendaknya dimulai dari membentuk huruf Arab tunggal/mandiri. Tahapan berikutnya adalah menyambung huruf-huruf tunggal Arab baik saat berada di awal, tengah maupun akhir kata. Tahapan akhir adalah menyalin kata atau kalimat Arab.

References

Asyrofi, Syamsuddin. 2010. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Idea Press.

Dayudin, Dayudin, and Bambang Samsul Arifin. 2020. “Model Pembelajaran Mapan Dalam Pembelajaran Menulis Huruf Arab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 5(1):37–55. doi: 10.15575/ath.v5i1.7500.

Endah, Madusari Ariani. 2009. “Metodologi Pembelajaran.” Departemen Pendidikan Nasional 12.

Fachrurrozi,A., Mahyuddin, E. 2011.Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Pustaka Cendekia Utama

Hamid, Abdul. 2013. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Irfan, Hanif. 2020. “Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Huruf Abjad Bahasa Arab (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Miftahul Iman Bandung).” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3(2):129–52.

Iskandar, Muhammad Lutfiana. 2017. Strategi Pembelajaran Menulis (Kitabah) Bahasa Arab. Vol. 6.

Kuraedah, Sitti. 2015. “Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, IAIN Kendari 8(2).

Latae, Azlia; Barasandji, Sahruddin; Muhsin. 2014. “Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS.” Jurnal Kreatif Tadulako Online.

Musthafa, Izzudin, and Acep Hermawan. 2018. “Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar.” Strategi, Metode, Teknik, Pertama (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018).

Pramestuti, D. 2010. “Pembelajaran Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas Ia Rsbi Sd Negeri Cemara Dua No.13 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. (Skripsi). Fakultas Ilmu Keguruan Dan Pendidikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.” Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Tatang. 2011. “Kemampuan Keterampilan Menulis Permulaan Huruf Arab Pada Siswa Pendidikan Anak Usia Dini Tatang, 2011.” Jurnal Bahasa Dan Sastra, FPBS UPI Vol. 11 No(8).

Umi Baroroh, R., and Novera Pratiwi. 2015. “Kebijakan Pendidikan Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal.” Al-Mah?ra, Vol. 1, No.1, Desember 2015/1437H 1(1).

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Masum, A. (2023). Gradasi Materi Pembelajaran Menulis Permulaan Arab Bagi Pelajar Non-Penutur Arab. Majalah Sainstekes, 9(2), 082–089. https://doi.org/10.33476/ms.v9i2.2951