Gambaran Proses Pembelajaran E-learning Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta
https://doi.org/10.33476/mkp.v12i2.1748
Kata Kunci:
covid-19, Mahasiswa kedokteran, e-learningAbstrak
Pendahuluan: Pandemi covid-19 telah menuntut pergutuan tinggi untuk melaksanakan pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran secara e-learning pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta pada bulan September-November 2020. Metode: Desain penelitian bersifat cross sectional dengan cara pengumpulan data melalui kuesioner. Data yang terkumpul berasal dari 220 orang mahasiswa semester V yang sedang mengikuti Blok Endokrin, Metabolik dan Nutrisi. Pertanyaan yang diajukan terdiri dari pertanyaan terbuka dengan jawaban singkat dan pertanyaan pilihan ganda. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 40% mahasiswa menyatakan penyampaian materi kuliah diserap dengan baik, 48% mahasiswa mempersiapkan materi sebelum e-learning, 47% mahasiswa memiliki pengaturan waktu yang baik dan 36% mahasiswa berkonsentrasi selama 2-3 jam. Keluhan kesehatan terbanyak adalah kekakuan leher dan otot serta pusing (40%). Sebanyak 47% mahasiswa menyatakan mudah mendapatkan materi kuliah. Metode belajar secara berkelompok merupakan pilihan utama (69%), meskipun 56% mahasiswa lebih menyukai tatap muka langsung dibandingkan e-learning. Simpulan:
E-learning pada mahasiswa FK YARSI Jakarta berlangsung lancar dengan penyerapan materi yang baik dan kemudahan mengakses materi. Kemandirian mahasiswa terlihat berupa persiapan, pengaturan kegiatan harian dan sistem belajar kelompok, meskipun terdapat keluhan kesehatan, terbatasnya konsentrasi dan tatap muka langsung yang lebih disukai dibandingkan e-learning.Referensi
Abbasi S, Ayoob T, Malik A, Memon SI. 2020. Perceptions of students regarding E-learning during Covid-19 at a private medical college. Pak J Med Sci. May; 36(COVID19-S4): S57–S61.
Dost S, Hossain A, Shehab M, Abdelwahed A, Al-Nusair R. 2020. Perceptions of medical students towards online teaching during the COVID-19 pandemic: a national cross-sectional survey of 2721 UK medical students. BMJ Open;10:e042378.
Firman dan Rahman SR. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). Vol. 02, No.02:81-89.
Fitriyani Y, Fauzi, Sari MZ. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, Vol.6, No.2,: 165-175.
Kurmasela GP, Saerang JSM dan Rayes L. 2013. Hubungan Waktu penggunaan Laptop dengan Keluhan Penglihatan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal e-Biomedik (eBM), Volume 1, Nomor 1: 291-299.
Kusuma DA. 2020. Dampak Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated learning) Mahasiswa pada Mata kuliah Geometri selama pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika , 5(2):169-175.
Mustakim 2020. Efektivitas pembelajaran Daring Menggunakan Media Online selama pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al asa: Journal of islamic Education, Vol.2, No.1 : 1-12.
Napitupulu RM. 2020. Dampak pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 7, No.1: 23-33.
Oki SA, Yuliati, Sunariani J, Irmawati A, Luthfi M. 2020. Dental students’ perception of online lecture on video conference. Sys Rev Pharm, 11 (12): 245-248.
Poon J. 2013. Blended Learning: an institutional approach for enhancing students' learning experiences. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 9 (2).
Putri RM, Oktaviani AD, Utami ASF, Ni’maturrohmah, Addiina HA, Nisa H. 2020. Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan gangguan Somatoformdengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullsh Jakarta. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior ; 2(1): 38-45.
Zakira A. 2018. Persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pendidikan e-learning di bidang anatomi Fakultas Kdokteran Airlangga. Tesis, Diunduh dari http://repository.unair.ac.id/78394/