PELATIHAN MINDFULNESS DALAM RANGKA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS XII SMKN 14 JAKARTA

Penulis

  • Dewi Kumalasari Fakultas Psikologi, Universitas Yarsi
  • Endang Fourianalistyawati Fakultas Psikologi, Universitas Yarsi
  • Arif Triman Fakultas Psikologi, Universitas Yarsi
  • Johan Satria Putra Fakultas Psikologi, Universitas Yarsi

https://doi.org/10.33476/knpk.v1i1.5207

Kata Kunci:

Pelatihan Mindfulness, Kesadaran Diri, Daya Konsentrasi, Ujian Nasional, Siswa

Abstrak

Ujian Nasional merupakan sebuah momen yang memberikan beban yang berat pada siswa di Indonesia. Hal ini menimbulkan emosi-emosi negatif pada diri siswa yang dapat berdampak buruk pada performa siswa dalam menghadapi ujian, terutama dalam kemampuan untuk memusatkan perhatian/daya konsentrasi, baik dalam persiapan maupun dalam pelaksanaan ujian. Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan khusus bagi siswa yang akan menghadapi ujian untuk membantu mereka dalam memusatkan perhatian. Mindfulness didefinisikan sebagai kemampuan untuk memberi atensi atau perhatian terhadap diri secara apa adanya tanpa memberikan penilaian serta menerima segala pengalaman yang muncul saat ini. Pelatihan menggunakan teknik mindfulness ini diharapkan dapat membantu siswa lebih percaya diri dan memiliki daya konsentrasi yang lebih baik. Program ini akan dilakukan dalam bentuk pelatihan secara intensif selama satu hari, berisi materi tentang mindfulness, dengan menyertakan latihan teknik-teknik sederhana dalam mindfulness. Pelatihan diberikan pada siswa kelas XII SMKN 14 dari ketiga jurusan yang ada di sekolah tersebut. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kondisi mindfulness dan daya konsentrasi pada siswa yang terlihat dari kuesioner mindfulness yang diisi saat pre-test, post-test dan follow up.

Referensi

Badudu, Ananda. (2012, 20 April). 56 Persen Siswa SMA Cemas Hadapi Ujian Nasional. Tempo. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2016 dari https://nasional.tempo.co/read/news/2012/04/20/079398556/56-persen-siswa-sma-cemas-hadapi-ujian-nasional

Bamber, M. D., & Schneider, J. K. (2016). Mindfulness-based meditation to decrease stress and anxiety in college students: A narrative synthesis of the research. Educational Research Review: 18, 1-32.

Chiesa, A., Calati, R & Serretti, A. (2011). Does mindfulness training improve cognitive abilities? A systematic review of neuropsychological findings. Clinical Psychology Review: 31, 449-464.

Dundas, I., et al. (2016). Mindfulness Based Stress Reduction for Academic Evaluation Anxiety: A Naturalistic Longitudinal Study. Journal of College Student Psychotherapy, 30 (2): 114-131.

Germer, C. K. (2009). The Mindful Path to Self-Compassion. New York: The Guilford Press.

Lotz, C., & Sparfeldt, J. R. (2017). Does test anxiety increase as the exam draws near? – Students' state test anxiety recorded over the course of one semester. Personality and Individual Differences. 104: 397-400.

Mace, C. (2008). Mindfulness and Mental Health: Therapy, Theory and Science (1st ed.).London and New York: Routledge.

Diterbitkan

2025-02-18