PROGRAM PELATIHAN PRE EMPLOYMENT SOFT SKILL BAGI MAHASISWA TUNANETRA DI JAKARTA PUSAT

Penulis

  • Alabanyo Brebahama Fakultas Psikologi, Universitas YARSI, Jakarta
  • Riselligia Caninsti Fakultas Psikologi, Universitas YARSI, Jakarta
  • Nuri Sadida Fakultas Psikologi, Universitas YARSI, Jakarta

https://doi.org/10.33476/knpk.v1i1.5197

Kata Kunci:

Mahasiswa, Kematangan Karir, Pre-Employment Soft Skill Training

Abstrak

Mahasiswa merupakan individu yang sudah berada pada tahap perkembangan   dewasa muda. Salah satu tugas perkembangan dewasa muda adalah mulai mencapai   kemapanan secara ekonomi. Untuk dapat meraih kemapanan tersebut, tentunya individu membutuhkan pemilihan karir yang tepat. Namun sayangnya, tidak semua   orang mampu menentukan pilihan karir yang sesuai dengan bakat, minat, dan   kemampuan yang mereka miliki. Terlebih lagi bagi penyandang disabilitas, seperti tunanetra. Akibat keterbatasan yang mereka miliki, banyak di antaranya yang   berpikir bahwa “yang penting mereka bekerja dan dapat menghasilkan uang” Akibatnya, banyak terjadi kasus mereka hanya bekerja di bidang yang tidak diminati   dengan penghasilan yang tergolong rendah. Sementara, bakat, minat, dan   kemampuan yang mereka miliki bila dilatih dan diasah dengan baik dapat membawa mereka menjadi professional yang kompeten dalam bidang tertentu. Program pre-  employment soft skill training merupakan salah satu intervensi yang dikembangkan   dengan tujuan untuk meningkatkan kematangan karir mahasiswa tunanetra. Pelatihan ini diikuti oleh 10 orang mahasiswa tunanetra di Jakarta Pusat. Berdasarkan   perbandingan rata-rata skor kuesioner kematangan karir yang diisi oleh peserta   sebelum dan sesudah pelatihan, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan   antara rata-rata skor kuesioner kematangan karir sebelum dan sesudah pelatihan (sig   0,008 < 0,005). Kemudian, terdapat peningkatan rata-rata skor dari yang hanya 8.40   menjadi 11.40 pada rata-rata skor kuesioner sesudah pelatihan. Hal ini menunjukkan   bahwa program pre-employment soft skill training mampu meningkatkan   kematangan karir mahasiswa tunanetra di Jakarta Pusat.         

Referensi

Boyd, Denise & Bee, Helen. (2006). Life Span Development. USA; Pearson Education, Inc

Ifdil. (2010). Bimbingan Karir di SLTA. www.konselingindonesia.com (Diunduh pada bulan Mei, 2014)

Monks, FJ. (2001). Psikologi Perkembangan; Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta; Gajah Mada Universitas Press

Papalia, Diane E, Olds, Sally W, & Feldman, Duskin F(2007). Human Development 9th edition. New York; MacGraw-Hill

Super, D. E. (2006). A Life Span, Life Space Approach, Career Choice and Development. San Fransico; Jossey – Bass Publishers

Diterbitkan

2025-02-18