PENYESUAIAN DIRI DENGAN KEHIDUPAN KAMPUS PADA MAHASISWA BARU

Authors

  • Julia Suleeman Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
  • Arrumbinang Adikismo Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
  • Owena Ardra Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

https://doi.org/10.33476/knpk.v1i2.5375

Keywords:

kehidupan kampus, penyesuaian diri, mahasiswa baru

Abstract

Studi ini adalah bagian dari penelitian payung tentang pengembangan diri mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Khusus untuk laporan ini, partisipan merupakan mahasiswa tahun pertama yang berasal dari luar area Jabodetabek. Pengertian penyesuaian diri dengan kehidupan kampus (college adjustment) merujuk pada pengertian yang disampaikan oleh Baker dan Siryk (1989), yaitu sebagai proses psikososial yang diawali dengan adanya sumber stres pada mahasiswa sehingga memerlukan serangkaian keterampilan menyesuaikan diri dalam bidang-bidang yang meliputi akademik, sosial, personal-emosional, dan attachment kepada institusi. Walaupun secara akademik mahasiswa baru sudah mendapatkan pembekalan dari universitas, namun pembekalan ini lebih mengarah pada pembekalan akademik termasuk pengenalan tentang institusi kampus, dan tidak mencakup pembekalan sosial dan personal-emosional. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara individual dan dilakukan terhadap 14 orang mahasiswa tahun pertama. Hasil wawancara menunjukkan bahwa umumnya mahasiswa dari luar Jabodetabek cukup kaget ketika pertama kali tinggal di sekitar kampus. Bentuk penyesuaian diri yang dilakukan pun beragam, dan dapat dibedakan untuk akademik, sosial, personal-emosional, dan attachment kepada institusi. Hasil penelitian dapat ditindak lanjuti dalam bentuk program pembekalan agar penyesuaian diri mahasiswa baru yang berasal dari luar Jabodetabek menjadi lebih mulus.

References

Andini, I. D. (2011). Gambaran psychological well being mahasiswa perantau tahun pertama. Depok, Jawa Barat: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Skripsi Sarjana.

Hutz, A., Martin, & W. E., Beitel, M. (2007). Ethnocultural Person-Environment Fit and College adjustment: Some Implication, Journal of College Counseling, 10(2), 130 – 142.

Kerr, S., et al. (2004). Predicting adjustment during the transition to college: Alexithymia, perceived stress, and psychological symptoms, Journal of College Student Development, 45(6), 593 – 612.

Melendez, M. C. & Melendez, N.B. (2010). The Influence of Parental Attachment on the College adjustment of White, Black, and Latina/Hispanic Women: A Cross-Cultural Investigation, Journal of College Student Development, 51(4), 419 – 436.

Napoli, A. R. & Wortman, P. M. (1998). Psychosocial factors related to retention and early departure of two-year community college students, Research in Higher Education, 39(4), 419-455.

Papalia, D.E. , Old, S.W., & Feldman R.D. (2004 ). Human Development (Edisi kesembilan). New York: Mc Graw Hill.

Patton, M. Q. (1990). Qualitative Evaluation and Research Methods(edisi kedua). Los Angeles, CA: Sage.

Schmidt, C. K., Welsh, A. C (2010). College adjustment and subjective well-being when coping with a family member's illness, Journal of Counseling and Development, 88(4), 397 – 406.

Scott, M., Bailey, T., & Kienzl, G. (2006). Relative Success? Determinants of College Graduation Rates in Public and Private Colleges in the U.S., Research in Higher Education, 47(3), 249-279.

Toews, L.T., Yazedjian, A. (2007). College adjustment Among Freshmen: Predictors for White and Hispanic Males and Females, College Student Journal, 41(4), Part A, 891-900.

Waller, T. O. (2009). A Mixed Method Approach for Assessing the Adjustment of Incoming First-Year Engineering Students in a Summer Bridge Program. Dissertation: Graduate Faculty of the Virginia Polytechnic Institute and State University.

Internet dan/atau Media Massa

Sugianto (1997). Universitas di Eropa Dalam Krisis. Diunduh dari laman http:// reocities.com/rainforest/5624/sbypost1.html pada tanggal 13 Maret 2013.

Downloads

Published

07-03-2025