Pengaruh Tingkat Stres dan Dukungan Sosial terhadap Kualitas Hidup pada Mahasiswa Perguruan Tinggi X di Jakarta di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Tingkat Stres, Dukungan Sosial, Kualitas Hidup, Mahasiswa, Pandemic Covid-19 PendahuluAbstract
Epidemi Penyakit Coronavirus (Covid-19) 2019 muncul di Wuhan, Cina dan menyebar ke seluruh negeri pada Desember 2019. Wabah Covid-19 telah menyebabkan kondisi psikologis mahasiswa mengalami perubahan yang cukup signifikan, dengan demikian adanya perubahan adaptasi baru hingga gaya hidup baru yang diterapkan selama situasi pandemi covid-19 dapat berpotensi terhadap menurunnya kualitas hidup mahasiswa yang dipengaruhi oleh tingkat stress dan dukungan sosial selama pandemic Covid-19 ini berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat stres dan dukungan sosial terhadap kualitas hidup pada mahasiswa perguruan tinggi x di masa pandemi Covid-19. Subjek penelitiam ini adalah 234 orang mahasiswa perguruan tinggi x angkatan 2017,2018, dan 2019 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Convenience Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan tiga model skala likert, yaitu skala penelitian digunakan diantaranya adalah skala kualitas hidup, skala tingkat stres, dan skala dukungan sosial. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan berganda, dan hasil uji analisis tersebut ketiganya diterima. Secara simultan tingkat stres dan dukungan sosial memberikan kontribusi terhadap kualitas hidup. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan agar mahasiswa dapat tetap mengelola stresnya dan tetap berada pada lingkaran sosial yang mendukung sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.
References
Choi, S., Jang, S., Lee, K., Kim, M., Park, S., & Han, S. (2018). Risk factor, job stress and quality of life in workers with lower extremity pain who use video display terminals. Annals of Rehabilitation Medicine, 42(1), 101.
Herdman, U., Devine , J., Otto, C., Bullinger, M., Rose , M., & Klasen, F. (2013). The European KIDSCREEN approach to mesure quality of life and well being in children: development, current application, and future advances. Quality Of Life Research, 23, 791-803.
Hidayah, N., Huriati, H., & Sutria , E. (2020). Tingkat stress dan strategi koping mahasiswa keperawatan di masa pandemi covid-19. In Seminar Nasional Variansi (Venue Artikulasi -Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika), 2020, 184-192.
Hsiung , P., Pan, A., Liu, S., Peng, S., & Cung, L. (2010). Mastery and Stigma in Predicting the Subjective Quality of Life of Patients with Schizophrenia in Taiwan. The Journal of Nervous and Mental Disease, 7, 198.
Intan, T., Hasanah , F., Wardiani , S., & Handayani, V. (2021). Peningkatan Kualitas Hidup di Masa Pandemi Covid-19 dengan Penerapan Pola Hidup Sehat. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepala Masyarakat), 4(1), 27-32.
Juwita, Ayu, D., Alhamdy, & Afdhila, R. (2018). Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Kualitas Hidup Terkait Kesehatan Pada Pasien Kanker Payudara RSUP Dr. M. Djamil Padang, Indonesia. Jurnal Sains Farmasi, 5(2), 126-133.
Koc, A. (2014). Social Support from the families of female stroke survivors in Turkey. Journal of Clinical adn Analitycal Medicine, 93, 169-176.
Lai, C., Shih, T., Ko, W., Tang, H., & Hsueh, P. (2020). Pernafasan akut yang parah Sindrom Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) dan penyakit virus corona-2019 (COVID-19): Epidemi dan tantangannya. Jurnal Internasiional Agen Antimikroba.
Marni, A., & Yuniawati, R. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penerimaan Diri Pada Lansia di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta. Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1).
Putri, N., Kholis, F., & Ngestiningsih, D. (2018). Hubungan Tingkat Stres Dengan Kualitas Hidup Pada Pasien Tuberkulosis Di RSUP DR.Kariadi Semarang. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 7(2).
Sugiarto. (2001). Teknik Sampling. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama .
Sugiyono . (2014). Metode pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Taylor, S., Peplau, L., & Sear, D. (2012). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana
Taylor, S. (2018). Healthy Psychology. New York: McGraw Hill.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shella Alvionita, Selviana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.