PERAN KEPRIBADIAN BIG FIVE TERHADAP EMPATI PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS “X” JAKARTA
Keywords:
Kepribadian Big five, Empati, Mahasiswa KedokteranAbstract
Mahasiswa kedokteran merupakan calon tenaga kesehatan yang memiliki peran sangat penting untuk mengembangkan ilmu kedokteran di masa depan. Dalam pendidikan kedokteran, salah satu aspek penting yang dibutuhkan ketika mahasiswa telah menjadi dokter adalah empati. Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan peneliti, terlihat belum optimalnya empati pada mahasiswa kedokteran di Universitas “X” Jakarta membutuhkan perhatian khusus. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi empati adalah kepribadian. Kepribadian big five merupakan teori yang banyak digunakan untuk menjelaskan kepribadian yang dimiliki individu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran faktor-faktor kepribadian big five terhadap empati pada mahasiswa kedokteran di Universitas “X” Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 255 orang mahasiswa kedokteran yang masih aktif di Universitas “X” Jakarta dan ditentukan menggunakan teknik quota sampling berdasarkan tahun studi. Skala Big Five Inventory (BFI) digunakan untuk mengukur kepribadian dan Jefferson Scale of Physician Empathy (JSPE) s-version digunakan untuk mengukur empati mahasiswa kedokteran. Hasil dari uji regresi menunjukan bahwa kepribadian big five berperan signifikan sebesar 8,6% terhadap empati mahasiswa kedokteran di Universitas “X” Jakarta. Dari kelima faktor kepribadian big five, kepribadian agreeableness yang ditemukan memiliki peran signifikan terhadap empati pada mahasiswa kedokteran di Universitas “X” Jakarta.
References
Agustina, C.F., Indriarti, W., & Nashrulloh. (2015) Peningkatan empati melalui semangat volunteerism bagi mahasiswa fakultas kedokteran Universitas YARSI Jakarta tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Kaji Tindak. 1 (2). 2407-1773
Caprara G, Alessandri G, Giunta L, Panerai L, Einsenberg N. (2010). The contribution of Agreeableness and self-efficiency beliefs to prosociality. Eur J Pers 24:36–55.
Costa, P., Alves, R., Neto, I., Marvao. P., Portela. M & Costa. M.J. (2014). Associations between medical student empathy and personality: a multi-instutional study. Medical Student Empathy and Personality. Vol 9. Issue 3. e89254
Di Lillio, dkk. (2009). The Jefferson scale of physician empathy: preliminary psychometrics and group comparison in italian physicians. Academic Medicine. 84 (9). 1198-1202.
Feist, J., & Gregory J.F. (2012). Teori Kepribadian Edisi 7 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Ginting, A. O. (2009). Hubungan empati dengan cooperative learning pada proses belajar siswa di SMP Negeri 10 Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. (Unpublihsed).
Gozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: BP UNDIP
Hardiani, R. (2014). Hubungan Berbagai Tipe Kepribadian Dalam Big Five Factor Personality Dengan Perilaku Narsistik Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun 2014. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Hasan, S., Al-Sharqawi, N., Dashti, F., AbdulAziz, M., Abdullah, A., Shukkur, M., Bouhaimed.M & Thalib, L. (2013). Level of empathy among medical students in Kuwait University, Kuwait. Medical Principles Practical, 22(4), 385-389. doi: 10.1159/000348300
Hendri. (2013). Faktor yang mempengaruhi rerata skor empati pada mahasiswa program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran universitas tanjungpura. Naskah Publikasi Skripsi. Universitas Tanjungpura
Hojat, M & LaNoue, M. (2014). Exploration and confirmation of the latent variable structure ofthe Jefferson scale of empathy. International Journal of Medicine Education. 73-81, 2042-6372. Doi: 10.5116/ijme.533f.0c41
Hojat, M., Gonella, J.S., Nasca, T.J., Mangione, S., Vergare, M., & Magee, M. (2002). Physician Empathy: Definition, Components, Measurement, and Relationship to Gender and Specialty. Am J Psychiatry 159:9
Hojat, M., Mangione, S., Nasca, T. J., Rattner, S., Erdmann, J. B., Gonnella, J. S., & Magee, M. (2004). An empirical study of decline in empathy in medical school. Medical Education, 38(9), 934-941. doi: 10.1111/j.1365-2929.2004.01911.x
Hojat, M., Zuckerman, M., Magee, M., Mangione, S., Nasca, T., Vergare, M., & Gonnella J. (2005). Empathy in medical students as related to specialty interest, personality, and perceptions of mother and father. Pers Individual Differences. 39. 1205–1215.
Howe, D. (2015). Empati Makna dan Pentingnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ioannidou, F., & Konstantikaki, F. (2008) Empathy and emotional intelligence: what is it really about?. International Journal of Caring Sciences. 1(3): 118–123
King, L.A. (2012). Psikologi Umum. Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika
Lievens, F., Coetsier, P., De Fruyt, F., & De Maeseneer, J. (2002). Medical students personality characteristics and academic performance: a five-factor model perspective. Med Educ, 36: 1050-1056
Magalhaes, E., Costa, P & Costa, M.J. (2012). Empathy of medical students and personality: Evidence from The Five-Factor Models. Medical Education Unit. 34(10), 807-802. doi: 10.3109/0142159X.2012.702248
Megawati, J.R. (2015). Hubungan antara tipe-tipe big five personality dengan empati pegawai di lembaga pemasyarakatan klas 1 malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang
Nisfiannoor, M. (2009). Pendekatan statistika modern untuk ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Nugroho, K.M., Pasiak, T.F., & Tanudjaja, G.N. (2016). Gambaran Empati pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2012. Jurnal e-Biomedik (eBM). Vol 4 (1).
Pervin, L.A., & Jhon. (2010). Psikologi Kepribadian: Teori dan Penelitian. Jakarta: Kencana
Ramdhani, N. (2012). Adaptasi bahasa dan budaya inventory big five. Jurnal Psikologi. 20 (39) : 189-207
Sobur, A. (2011). Psikologi Umum. Bandung : CV PUSTAKA SETIA
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sutjiato, M., Kandou, G.D., & Tucunan, A.A.T. (2015). Hubungan faktor internal dan eksternal dengan tingkat stress pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas Sam Ratulangi Manado. JIKM``UI. Vol. 5, No. 1
Taufik. (2012). Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Warokka, M.C., Pasiak, T.F., & Wongkar, D. (2016) Gambaran empati pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2010. Jurnal e-Biomedik (eBm), Volume 4, Nomor 1, Januari-Juni 2016
Wen, D., Ma, X., Li, H., Liu, Z., Xian, B., & Liu, Y. (2013). Empathy in Chinese medical students: psychometric characteristics and differences by gender and year of medical education. BMC Medical Education. 1472-6920/13/130
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syarah Meysarani, Ratih Arruum Listiyandini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.