PERAN KEPRIBADIAN BIG FIVE TERHADAP EMPATI PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS “X” JAKARTA

Authors

  • Syarah Meysarani Fakultas Psikologi, Universitas YARSI
  • Ratih Arruum Listiyandini Fakultas Psikologi, Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/knpk.v1i1.5233

Keywords:

Kepribadian Big five, Empati, Mahasiswa Kedokteran

Abstract

Mahasiswa kedokteran merupakan calon tenaga kesehatan yang memiliki peran sangat penting untuk mengembangkan ilmu kedokteran di masa depan. Dalam pendidikan kedokteran, salah satu aspek penting yang dibutuhkan ketika mahasiswa telah menjadi dokter adalah empati. Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan peneliti, terlihat belum optimalnya empati pada mahasiswa kedokteran di Universitas “X” Jakarta membutuhkan perhatian khusus. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi empati adalah kepribadian. Kepribadian big five merupakan teori yang banyak digunakan untuk menjelaskan kepribadian yang dimiliki individu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran faktor-faktor kepribadian big five terhadap empati pada mahasiswa kedokteran di Universitas “X” Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 255 orang mahasiswa kedokteran yang masih aktif di Universitas “X” Jakarta dan ditentukan menggunakan teknik quota sampling berdasarkan tahun studi. Skala Big Five Inventory (BFI) digunakan untuk mengukur kepribadian dan Jefferson Scale of Physician Empathy (JSPE) s-version digunakan untuk mengukur empati mahasiswa kedokteran. Hasil dari uji regresi menunjukan bahwa kepribadian big five berperan signifikan sebesar 8,6% terhadap empati mahasiswa kedokteran di Universitas “X” Jakarta. Dari kelima faktor kepribadian big five, kepribadian agreeableness yang ditemukan memiliki peran signifikan terhadap empati pada mahasiswa kedokteran di Universitas “X” Jakarta.

References

Agustina, C.F., Indriarti, W., & Nashrulloh. (2015) Peningkatan empati melalui semangat volunteerism bagi mahasiswa fakultas kedokteran Universitas YARSI Jakarta tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Kaji Tindak. 1 (2). 2407-1773

Caprara G, Alessandri G, Giunta L, Panerai L, Einsenberg N. (2010). The contribution of Agreeableness and self-efficiency beliefs to prosociality. Eur J Pers 24:36–55.

Costa, P., Alves, R., Neto, I., Marvao. P., Portela. M & Costa. M.J. (2014). Associations between medical student empathy and personality: a multi-instutional study. Medical Student Empathy and Personality. Vol 9. Issue 3. e89254

Di Lillio, dkk. (2009). The Jefferson scale of physician empathy: preliminary psychometrics and group comparison in italian physicians. Academic Medicine. 84 (9). 1198-1202.

Feist, J., & Gregory J.F. (2012). Teori Kepribadian Edisi 7 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Ginting, A. O. (2009). Hubungan empati dengan cooperative learning pada proses belajar siswa di SMP Negeri 10 Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. (Unpublihsed).

Gozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: BP UNDIP

Hardiani, R. (2014). Hubungan Berbagai Tipe Kepribadian Dalam Big Five Factor Personality Dengan Perilaku Narsistik Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun 2014. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Hasan, S., Al-Sharqawi, N., Dashti, F., AbdulAziz, M., Abdullah, A., Shukkur, M., Bouhaimed.M & Thalib, L. (2013). Level of empathy among medical students in Kuwait University, Kuwait. Medical Principles Practical, 22(4), 385-389. doi: 10.1159/000348300

Hendri. (2013). Faktor yang mempengaruhi rerata skor empati pada mahasiswa program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran universitas tanjungpura. Naskah Publikasi Skripsi. Universitas Tanjungpura

Hojat, M & LaNoue, M. (2014). Exploration and confirmation of the latent variable structure ofthe Jefferson scale of empathy. International Journal of Medicine Education. 73-81, 2042-6372. Doi: 10.5116/ijme.533f.0c41

Hojat, M., Gonella, J.S., Nasca, T.J., Mangione, S., Vergare, M., & Magee, M. (2002). Physician Empathy: Definition, Components, Measurement, and Relationship to Gender and Specialty. Am J Psychiatry 159:9

Hojat, M., Mangione, S., Nasca, T. J., Rattner, S., Erdmann, J. B., Gonnella, J. S., & Magee, M. (2004). An empirical study of decline in empathy in medical school. Medical Education, 38(9), 934-941. doi: 10.1111/j.1365-2929.2004.01911.x

Hojat, M., Zuckerman, M., Magee, M., Mangione, S., Nasca, T., Vergare, M., & Gonnella J. (2005). Empathy in medical students as related to specialty interest, personality, and perceptions of mother and father. Pers Individual Differences. 39. 1205–1215.

Howe, D. (2015). Empati Makna dan Pentingnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ioannidou, F., & Konstantikaki, F. (2008) Empathy and emotional intelligence: what is it really about?. International Journal of Caring Sciences. 1(3): 118–123

King, L.A. (2012). Psikologi Umum. Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika

Lievens, F., Coetsier, P., De Fruyt, F., & De Maeseneer, J. (2002). Medical students personality characteristics and academic performance: a five-factor model perspective. Med Educ, 36: 1050-1056

Magalhaes, E., Costa, P & Costa, M.J. (2012). Empathy of medical students and personality: Evidence from The Five-Factor Models. Medical Education Unit. 34(10), 807-802. doi: 10.3109/0142159X.2012.702248

Megawati, J.R. (2015). Hubungan antara tipe-tipe big five personality dengan empati pegawai di lembaga pemasyarakatan klas 1 malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang

Nisfiannoor, M. (2009). Pendekatan statistika modern untuk ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Nugroho, K.M., Pasiak, T.F., & Tanudjaja, G.N. (2016). Gambaran Empati pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2012. Jurnal e-Biomedik (eBM). Vol 4 (1).

Pervin, L.A., & Jhon. (2010). Psikologi Kepribadian: Teori dan Penelitian. Jakarta: Kencana

Ramdhani, N. (2012). Adaptasi bahasa dan budaya inventory big five. Jurnal Psikologi. 20 (39) : 189-207

Sobur, A. (2011). Psikologi Umum. Bandung : CV PUSTAKA SETIA

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutjiato, M., Kandou, G.D., & Tucunan, A.A.T. (2015). Hubungan faktor internal dan eksternal dengan tingkat stress pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas Sam Ratulangi Manado. JIKM``UI. Vol. 5, No. 1

Taufik. (2012). Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Warokka, M.C., Pasiak, T.F., & Wongkar, D. (2016) Gambaran empati pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2010. Jurnal e-Biomedik (eBm), Volume 4, Nomor 1, Januari-Juni 2016

Wen, D., Ma, X., Li, H., Liu, Z., Xian, B., & Liu, Y. (2013). Empathy in Chinese medical students: psychometric characteristics and differences by gender and year of medical education. BMC Medical Education. 1472-6920/13/130

Downloads

Published

18-02-2025