TERAPI KREATIF DALAM MENINGKATKAN REGULASI EMOSI ANAK JALANAN
Keywords:
Anak jalanan, terapi kreatif, regulasi emosiAbstract
Data yang dimiliki Kementrian Sosial RI, memperkirakan anak jalanan yang ada di Jakarta, mencapai 4000 jiwa pada tahun 2011. Berdasarkan perhitungan Komisi Nasional Perlindungan Anak (KNPA), jumlah anak jalanan di Jakarta mencapai 8000 jiwa. Kondisi mereka yang tidak terurus dan kurang kasih sayang, mengetuk hati nurani beberapa orang untuk membangun sebuah wadah untuk menampung dan membina anak-anak serta memberdayakan mereka agar lebih baik lagi. Wadah yang di maksud adalah rumah singgah adalah tempat yang di pakai secara sementara dalam kaitannya pemusatan para anak jalanan yang sifatnya tidak resmi. Manfaat dari hasil penelitian dapat memberikan masukan dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi berbagai pihak yang ingin melaksanakan terapi kreatif untuk regulasi emosi pada anak jalanan yang berada di Rumah Singgah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan terapi kreatif dalam meningkatkan kemampuan regulasi emosi pada anak jalanan yang berada di rumah singgah. Dengan tingkat usia bayi sampai usia dewasa awal, namun dalam penelitian ini mengambil batasan usia 17 tahun keatas dengan jumlah 10 anak jalanan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, artinya pengambilan sampel dilakukan dengan memilih subjek yang keterwakilannya sudah ditentukan. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes psikologi dan skala regulasi emosi. Hasil penelitian terdapat lima orang anak jalanan yang mengalami perubahan regulasi emosi dan lima orang anak jalanan yang membutuhkan terapi lanjutan.
References
Anggrciny, Nila. 2014. Tesis, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Regulasi Emosi pada Remaja Korban Kekerasan Seksual.Melalui http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/39813Z6/Cover.pdf.(22/11/1015)
American Psychiatric Assosiation. 2000, Diagnostic and statistical manual of mental disorder. Fourth edition. Washington DC
Calvin S. Hall & Gardner Lindzey. 1996, Teori-teori psikodinamik (Klinis). Editor oleh Supratiknya. A.Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Coon, D. 2005, Psychology a Journey, 2nd Edition.USA: Thompson Wardsworth
Davido, Rosaline. 2012, Mengenal anak melalui gambar. Editor oleh Dr. Sarlito Wirawan Sarwono, Psikolog, Jakarta: Salemba Humanika
Davison, C, Gerald; Neale, M, Jhon; Kring, M, Ann. 2004, Abnormal Psychology. 9th Edition. New York : Psychological Development
Dossick, Jane & Eugene Shea. 1990, Creative Therapy IP. 52 More Exercises for Groups. Sarasota, Florida: Professional Resource Exchange, Inc
Dr. Armai Arief, MA. 2014. Upaya Pemberdayaan Anak Jalanan. Melalui https://www.facebook.eom/diplomaipbmcngaiar/posts/489468234492565. (22/1 1/15).
Ensiklopedia bebas.2016. Anak Jalanan. Melalui
https://id.wikipedia.org/wiki/Anak jalanan (22/1 1/15).
Gunarsa, D, Singgih. 2011, Konseling dan Psikoterapi, Cet.4, Jakarta: Libri
Gross, J.J. 2007. Emotion Regulation: Past, Present, Future, Cognitionan Emotion, 13, 551-573.
Hawari, Dadang. }996.Al-Ouran, Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa, hal 416-417. Yogyakarta: Victory Jaya Abadi.
Hidayat, Dede Rahmat. 2015, Psikologi Kepribadian dalam Konseling, Cet. 2, Bogor: Ghalia Indonesia
Tim Penulis Dunia Pelajar. 2014. Pengertian Rumah Singgah Menurut Para Ahli. Melalui http://www.duniapelaj ar.com/2014/08/12/pengertian-rumah- singgah-raenurut-para-ahli/. (22/11/15).
Sujud Mukht. 2004. Rumah Singgah dan Pembinaan Keagamaan Anak Jalanan. Melalui http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/diskl/l/jtptiain-gdl- sl-2004-sujudmukht-l 1-Bab2 119-9.pdf. (21/11/15).
Sovitriana, Rilla. 2014, Tinjauan Psikologis Penderita HIV/AIDS, Bogor: Inmedia Zubaidi, A. 2005, Tes Intelegensi, Jakarta : Mitra Wahana Media
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rilla Sovitriana, Rachajeng Andrieany

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.