HUBUNGAN ANTARA RISK DENIAL DENGAN HAZARD PERCEPTION PADA PENGENDARA MOTOR DEWASA AWAL
Keywords:
Risk Denial, Hazard Perception, Pengendara Motor, KecelakaanAbstract
Studi ini meneliti hubungan antara risk denial dengan hazard perception pada pengendara motor. Risk denial terjadi ketika pengendara cenderung untuk menilai rendah risiko yang mereka alami di jalan. Munculnya risk denial pada pengendara diduga dapat menyebabkan menurunnya kesadaran serta kemampuan untuk merespon situasi sekitar yang berpotensi bahaya (hazard perception). Sebanyak 78 pengendara motor berusia 20-28 tahun yang berdomisili di Jakarta dan memiliki SIM C berpartisipasi dalam penelitian ini. Partisipan diminta untuk mengisi skala risk denial yang mencakup aitem-aitem terkait dengan penilaian subyektif terhadap risiko kecelakaan di jalan. Kecepatan reaksi terhadap bahaya diukur dengan hazard perception test (HPT) berbasis video yang menampilkan sejumlah situasi lalu-lintas. Dari hasil uji hipotesis, didapatkan hasil koefisiensi korelasi -0.083 dengan signifikansi 0.472 (p > 0.05). Hal ini menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara risk denial dengan hazard perception.
References
Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ancok, D. 1987. Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. Yogyakarta : Pusat. Kependudukan Universitas Gajah Mada. Anwar, Rosihan. (2010). Akhlak Tassawuf. Bandung: Pustaka Setia Anggraini, Dini. (2013). Studi tentang perilaku pengendara kendaraan bermotor di kota Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unmul.Samarinda
Badan Pusat Statistik. (2015). Statistik Transportasi DKI Jakarta. Jakarta: BPS.
Borowsky, A., Shinar, D., & Oron-Gilad, T. (2010). Age, skill, and hazard perception in driving. Accident Analysis and Prevention, 42, 1240–1249.
Celci, R. L., Rose, R. L., & Leigh, T. W. (1993). An exploration of the high risk consumption through skydiving. A Journal of Consumer Research, 20, 1-23.
DeJoy, D. M. (1989). The Optimism Bias and Traffic Accident Risk Perception. Accid Anal Prev, 21(4), 333-340.
Fromm, J. (2005). Risk Denial and Neglect - Studies in Risk Perception. (Doctor of Philosophy Disertasi), Stockholm School of Economics, Stockholm.
Groeger, J. A.; Rothengatter, J. A. (1998). Traffic psychology and behavior. Transportation Research Part F, 1 (1): 1–9. doi:10.1016/s1369-8478(98)00007-2
Horswill, M. S., & McKenna, F. P. (2004). Drivers’ hazard perception ability: Situation awareness on the road. In S. Banbury & S. Tremblay (Eds.), A cognitive approach to situation awareness: theory and application. (pp. 155-175). Aldershot, Hampshire: Ashgate Publishing.
Lim, P. C., Sheppard, E., & Crundall, D. (2013). Cross-cultural effects on drivers’ hazard perception. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 21, 194-206. doi: 10.1016/j.trf.2013.09.016
Liu, C. C., Hosking, S. G., & Lenné, M. G. (2009). Hazard perception abilities of experienced and novice motorcyclists: An interactive simulator experiment. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 12(4), 325-334. doi: 10.1016/j.trf.2009.04.003
Marsaid, Hidayat, M., & Ahsan. (2013). Faktor yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor di wilayah polres kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1, 98-112.
Marx, K. (2016). Optimism Bias in Fitness. (Electronic Theses and Dissertations), Abilene Christian University.
Moen, B.E., & Rundmo, T. (2005). Prediction of Unrealistic Optimism: A Study of Norwegian Risk Takers. British Journal of Risk Research, 8(1), 39-50.
Moen, B.E. (2007). Determinants of safety priorities in transport – The effect of personality, worry, optimism, attitudes and willingness to pay. Safety Science, 45, 848–863.
Nurwanti, Enung. (2000). Pengetahuan, Sikap, dan Persepsi Pengemudi Angkutan Kota terhadap Perilaku Disiplin Berlalu Lintas di Jalan di Wilayah Kotif Depok Tahun 2000. Universitas Indonesia, Depok.
Pollatsek, A., Narayanan, V., Pradhan, A., and Fisher, D. L. (2006). The Use of Eye Movements to Evaluate the Effect of PC-Based Risk Awareness Training on an Advanced Driving Simulator. Human Factors, 48, 447-464.
Rosenbloom, T., Perlman, A., & Pereg, A. (2011). Hazard perception of motorcyclists and car drivers. Accident Analysis and Prevention, 43.
Sagberg, F., & Bjornskau, T. (2006). Hazard Perception and Driving Experience among Novice Drivers. Accidental analysis and Prevention, vol 38, nr. 2, p. 407-414
Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: KENCANA.
Sugiyono. (2012). Statiska untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sunjoyo, D. (2012). Aplikasi SPSS untuk Smart Reset. Bandung: Alfabeta.
Svenson, O. (1981). Are we all less risky and more skillful than our fellow drivers? Acta Psychologica, 47, 143-148. doi: 10.1016/0001-6918(81)90005-6
Svenson, O., Fischhoff, B., & MacGregor, D. (1985). Perceived driving safety and seatbelt usage. Accident Analysis & Prevention, 17, 119-133. doi: 10.1016/0001-4575(85)90015-6
Wallis, T.S.A., & Horswill, M.S. (2007). Using fuzzy signal detection theory to determine why experienced and trained drivers respond faster than novices in a hazard perception test. Accident Analysis & Prevention, 39 (6), 1177-1185.
Warpani, S. (2002). Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung Penerbit ITB.
Weinstein N. D. (1980). Unrealistic Optimism about Future Life Event. Journal of Personality and Social Psychology, 39 (5), 806-820.
SUMBER INTERNET
Amanda, G. (2014, 7 November). Survei Kecelakaan Lalu Lintas di Seluruh Dunia: Orang-Orang yang Mati dalam Diam. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/koran/halaman-1/14/11/07/nenhso57-survei-kecelakaan-lalu-lintas-di-seluruh-dunia-orangorang-yang-mati-dalam-diam
Badan Pusat Statistik. (2016). Data Jumlah Korban Kecelakaan Lalu Lintas menurut Kelompok Umur. Diakses dari
http://data.jakarta.go.id/dataset/data-jumlah-korban-kecelakaan-lalu-lintas-menurut-kelompok-umur
Fajarta, Carlos Roy. (2016). Terlibat Kecelakaan, Pengendara Motor Perempuan Tewas di Mangga Dua. Diakses dari http://www.beritasatu.com/megapolitan/392116-terlibat-kecelakaan-pengendara-motor-perempuan-tewas-di-mangga-dua.html
Laturiuw, Theo Yonathan Simon. (2016). Mahasiswa Pemotor Nekad Masuk Jalan Tol, Tewas Tertabrak Mobilio. Diakses dari http://www.tribunnews.com/metropolitan/2016/03/21/mahasiswa-pemotor-nekad-masuk-jalan-tol-tewas-tertabrak-mobilio Marhaenjati, Bayu. (2017). Korban Tewas Akibat Kecelakaan Meningkat 15 Persen di Jakarta. Diakses dari http://www.beritasatu.com/megapolitan/408376-korban-tewas-akibat-kecelakaan-meningkat-15-persen-di-jakarta.html
National Traffic Management Center. (2015). Kakorlantas: Kecelakaan Lalu Lintas Merupakan Penyebab Kematian Tertinggi di Ibu Kota. Diakses dari http://ntmcpolri.info/home/kakorlantas-kecelakaan-lalu-lintas-merupakan-penyebab-kematian-tertinggi-di-ibu-kota/
Panduwinata, Andika. (2016). BREAKING NEWS: Biker Kebut-kebutan Akhirnya Tewas Tabrak Tiang Listrik di Kembangan. Diakses dari http://wartakota.tribunnews.com/2016/06/15/breaking-news-biker-kebut-kebutan-akhirnya-tewas-tabrak-tiang-listrik-di-kembangan
World Health Organization. (2013). Road Traffic Death. Diakses dari http://gamapserver.who.int/gho/interactive_charts/road_safety/road_traffic_deaths/tablet/atlas.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Edina Idha Anuraga, Rina Rahmatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.