Program Daring Bermain untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak, Sebuah Preliminary Study

Authors

  • Astrid Regina Sapiie

https://doi.org/10.33476/knpk.v4i1.5191

Keywords:

Anak Balita, Bermain, Daring, Kecerdasan

Abstract

Pemberlakuan PSBB dan PPKM di negara kita, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Pandemi Covid19 menyebabkan kesempatan anak-anak balita untuk bermain di luar rumah sangat berkurang. Walaupun Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak daring membuat program sekolah yang mencakup kegiatan bermain di dalamnya, banyak orangtua bingung mengisi waktu anak-anak balita mereka. Playdate Balita Cerdas adalah sebuah program kegiatan bermain anak-anak usia 2-5 tahun yang digelar selama 1 jam melalui zoom. Program kegiatan bermain anak-anak disini diturunkan dari konsep kecerdasan majemuk Howard Gardner, dengan tujuan agar anak merasa senang dan tertarik untuk mencoba berbagai jenis aktivitas yang dapat berguna untuk merangsang perkembangan kognitif, motorik, bahasa, dan sosio-emosionalnya. Playdate Balita Cerdas ini adalah sebuah kegiatan yang baru, baru 9X digelar sepanjang 5 bulan, masih terlalu awal untuk dinilai dampaknya terhadap perkembangan kecerdasan anak. Namun keberadaan kegiatan ini menarik perhatian peneliti, apakah kegiatan semacam ini berdampak positif bagi perilaku anak-anak balita? Melalui wawancara terhadap orangtua yang mengikutsertakan anaknya dalam semua kelas, peneliti melakukan preliminary study. Orangtua yang mengikutsertakan anaknya di dalam kelas Playdate Balita Cerdas menilai bahwa kegiatan ini bermanfaat dan berdampak positif bagi perkembangan anak balitanya.

References

Gardner, H. E. (2000). Intelligence reframed: Multiple intelligences for the 21st century. Hachette UK.

Gardner, H.E. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Hachette UK.

https://balita.co/

https://www.instagram.com/balita_ig/

Downloads

Published

21-02-2025