Performa Akademik Ditinjau dari Tekanan Teman Sebaya pada Mahasiswa

Authors

  • Johan Ramadhan Nurwardana Program Studi Psikologi, Universitas Paramadina
  • Elis Yulia Ningsih Program Studi Psikologi, Universitas Paramadina

https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5168

Keywords:

mahasiswa, performa akademik, tekanan teman sebaya

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tekanan teman sebaya terhadap performa akademik pada mahasiswa, lebih spesifiknya adalah bagaimana lingkungan sosial di perguruan tinggi berdampak pada kuantitas dan kualitas mahasiswa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kuantitatif dengan pendekatan regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Paramadina. Target sampel sebanyak 68 mahasiswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dua instrumen penelitian yang digunakan yaitu: Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan alat ukur berupa Kuesioner Tekanan Teman Sebaya. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis regresi linier dengan perangkat lunak SPSS. Berdasarkan interpretasi dari hasil analisis, diketahui nilai signifikansi sebesar 0,366 lebih besar dari probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak, yaitu tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara tekanan teman sebaya dengan performa akademik mahasiswa. Artinya, tekanan dari teman sebaya tidak bisa mempengaruhi performa akademik dari mahasiswa.

References

Al Khumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh gaya mengajar guru, disiplin belajar, dan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698–710.

Azizy, I. V., Mustikawati, I. F., & Ulfa, M. (2019). Hubungan antara tipe kepribadian dan tingkat kecemasan dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Saintika Medika, 15(1), 78. https://doi.org/10.22219/sm.vol15.smumm1.8488

Azwar, S. (2012). Metode penelitian. Pustaka Pelajar.

Brook, A. C., & Willoughby, T. W. (2015). The social ties that bind: Social anxiety and academic achievement across the university years. Journal of Youth and Adolescence, 44, 1139–1152. https://doi.org/10.1007/s10964-015-0262-8

Clemons, T. L. (2008). Underachieving gifted students: A social cognitive model. The National Research Centre on The Gifted and Talented, University of Virginia.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson Education.

Deepika, K., & Prema, N. (2017). Peer pressure in relation to academic achievement of deviant students. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1931–1943.

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. Journal Istighna, 1(1), 116–133.

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Fatahillah, F. (2022). Pengaruh tekanan teman sebaya terhadap penyesuaian diri remaja pesantren [Undergraduate thesis, Universitas Mulawarman].

Haripoernomo, T. (2003). Hubungan prestasi akademik, kematangan siswa, dan kinerja siswa dalam praktek industri dengan kesiapan terhadap dunia kerja pada SMK Kota Malang [Unpublished master’s thesis]. Program Pascasarjana IKIP Malang.

Hijriani, A., Muludi, K., & Andini, E. A. (2016). Implementasi metode regresi linier sederhana pada penyajian hasil prediksi pemakaian air bersih PDAM Way Rilau Kota Bandar Lampung dengan sistem informasi geografis. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 11(2).

Kellie, B. G. (2013). Peer pressure for students and adults can be positive. Pittsburgh Tribune Review. http://www.agrange.edu/responses/pdf/citations/nursing/adolscents%20selfesteem.pdf

Kremer, M., & Levy, D. (2008). Peer effects and alcohol use among college students. Journal of Economic Perspectives, 22(3), 189–206. https://doi.org/10.1257/jep.22.3.189

Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan prestasi akademik pada mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(1).

Martono, N. (2011). Metode penelitian kuantitatif: Analisis isi dan analisis data sekunder. Rajawali Pers.

Moldes, V. M., Biton, C. L. L., Gonzaga, D. J., & Moneva, J. C. (2019). Peer pressure and their academic performance in school. International Journal of Scientific and Research Publications, 9(1). https://doi.org/10.29322/IJSRP.9.01.2019.p8541

Mosha, M. (2017). The influence of peer group on academic performance of adolescent students in secondary schools in Tanzania. Research Journal of Educational Studies and Review, 3(1), 18–26. http://pearlresearchjournals.org/journals/rjesr/index.html

Ningsih, E. Y., Nurwardana, J. R., Putra, E., & Riyu, F. (2024). Pola berpikir abstrak pada mahasiswa dalam proses akademik. Inquiry: Jurnal Ilmiah Psikologi Paramadina.

O'Connor, P., & Paunonen, S. (2007). Big five personality predictors of post-secondary academic performance. Personality and Individual Differences, 43, 971–990. https://doi.org/10.1016/j.paid.2007.03.017

Temitope, B., & Ogunsakin, F. (2015). Influence of peer group on academic performance of secondary school students in Ekiti State. International Journal of Innovative Research & Development, 4(1), 324. http://www.ijird.com/index.php/ijird/article/view/59780

Tyas, B. P. H., Handayani, N. L. T., & Zaini, N. M. (2021). Hubungan self-efficacy dengan peer pressure pada remaja di SMPN 1 Jombang Kabupaten Jember. http://repository.unmuhjember.ac.id/11956/12/l.%20Jurnal.pdf

Vitasari, P., Wahab, M. N., Othman, A., Herawan, T., & Sinnadurai, S. K. (2010). The relationship between study anxiety and academic performance among engineering students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 490–497.

Wahyudi, H. (2015). Analisis faktor-faktor yang menyebabkan prestasi akademik rendah pada mahasiswa non-pendas di UPBJJ-UT Denpasar. Seminar Nasional Riset Inovatif III, 52–58.

Weinfield, L. (2010). Classroom goals, structure, and student motivation. Journal of Educational Psychology, 84, 261–271.

Downloads

Published

07-02-2025