Hubungan Status Gizi Dengan Kemampuan Kognitif Pada Anak Pra Sekolah Serta Tinjauannya Menurut Islam
Keywords:
kemampuan kognitif, perkembangan anak prasekolah, status giziAbstract
Status gizi adalah keadaan tubuh yang berasal dari keseimbangan antara jumlah asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh dan memiliki fungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan fisik, kesehatan, dan perkembangan kognitif. Pada anak prasekolah pemenuhan asupan gizi sangat diperlukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan salah satunya yaitu perkembangan kemampuan kognitif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan kemampuan kognitif pada anak prasekolah di empat desa Kabupaten Pandeglang. Status gizi diukur dengan z-score berdasarkan usia anak menggunakan perangkat lunak WHO Anthroplus dan kemampuan kognitif diukur dengan 10 subtes alat ukur Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence (WPPSI). Partisipan pada penelitian ini berjumlah 90 anak prasekolah dengan menggunakan data antropometri untuk mengukur tinggi badan dan berat badan pengukuran menggunakan alat ukur yang tersedia di posyandu. Metode penelitian menggunakan accidental sampling dengan teknik snowball. Data analisis dengan melakukan uji korelasi spearman dengan menghubungkan tiga skala kemampuan kognitif dengan z-score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan status gizi dan tiga skala kemampuan kognitif pada anak usia prasekolah verbal IQ (rs = -0.034, p>0.751), performance IQ (rs=0.149, p>0.160), dan full IQ (rs=0.044, p>0.680). Dalam tinjauan Islam, belum diketahui hubungan antara status gizi dan kemampuan kognitif pada anak prasekolah, Islam hanya menjelaskan bahwa asupan gizi yang thayyib mempunyai hubungan dengan kemampuan kognitif pada anak prasekolah. Namun, halal dengan kemampuan kognitif tidak terdapat hubungan dalam Islam.
References
Elnovriza, D., & Yenrina, R. (2012). Hubungan status gizi dan keikutsertaan dalam layanan tumbuh kembang terhadap kemampuan kognitif anak usia 2-5 tahun di Padang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2).
Fithria, & Alam, T. S. (2013). Status nutrisi dan perkembangan kognitif anak usia sekolah di Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar. Idea Nursing Journal, 4(1).
Gu, H., Wang, L., Liu, L., Luo, X., Wang, J., Hou, F., Nkomola, P. D., Li, J., Liu, G., Meng, H., Zhang, J., & Song, R. (2017). A gradient relationship between low birth weight and IQ: A meta-analysis. Scientific Reports, 7(1). https://doi.org/10.1038/s41598-017-18234-9
Hasanah, A., Fauziah, R., & Kurniawan, R. (2021). Konsep makanan halal dan thayyib dalam perspektif Al-Qur’an. Ulumul Qur’an: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.
Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis isi dan analisis data skunder (6th ed.). PT Rajagrafindo Persada.
Muin, M., Burhanuddin, N., Zulfahamidah, & Aisyah, W. (2020). Peran status gizi terhadap tingkat kecerdasan kognitif anak. Indonesian Journal of Health, 1(1). http://citracendekiacelebes.org/index.php/INAJOH
Nasution, A., Diba, F., Aini Dania, I., & Susanti, M. (2022). Status gizi terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah di Kelurahan Panyabungan III. Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1). https://doi.org/10.33757/jik.v6i1.509.g229
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 tentang standar antropometri anak, Pub. L. No. 2 (2020). http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf
Roberts, M., Tolar-Peterson, T., Reynolds, A., Wall, C., Reeder, N., & Rico Mendez, G. (2022). The effects of nutritional interventions on the cognitive development of preschool-age children: A systematic review. Nutrients, 14(3). https://doi.org/10.3390/nu14030532
Simanjuntak, K., & Siregar, R. S. (2022). Riyadhah perkembangan kognitif peserta didik dan implementasi dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Riyadhah, 1(1). https://www.jurnal.staini.ac.id/index.php/riyadhah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.