Pengaruh Daya Tarik Produk, Harga dan Suasana Pasar Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi
https://doi.org/10.33476/jeba.v8i2.4427
Abstrak
Menganalisis keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh beberapa variabel yaitu : daya tarik produk, harga dan suasana pasar yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan merupakan tujuan dari penelitian ini pada usaha sewa permainan mobilan remote ( battery car ) yang bernama 2 Putri Toys yang terdapat di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara. Teknik analisis data SEM menggunakan PLS. Responden survei ini adalah orang pelanggan 2 Putri Toys yang berjumlah 107 responden secara acak. Dari hasil oleh data SmartPLS3 didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh antara daya tarik produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan. Daya tarik produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian dipengaruhi harga dan kepuasan pelanggan secara secara positif dan tidak signifikan. Adapun suasana pasar berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian namun berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Meskipun kepuasan pelanggan tidak dapat memengaruhi suasana pasar terhadap keputusan pembelian, namun daya tarik produk dan harga dapat dipengaruhi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Irfan Afianto Nugroho, Muslikh Muslikh
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Authors who publish with Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) agree to the following terms:
1. For all articles published in Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA), copyright is retained by the authors. Authors permit the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the publishing right's automatic transfer to the publisher.
3. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
4. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
5. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).