Pengaruh Brand Performance Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Competitive Advantage dan Digital Marketing Sebagai Variabel Intervening pada PT. Alami Fintek Sharia

Penulis

  • Jaya Purnama Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Yarsi

https://doi.org/10.33476/jeba.v8i1.3810

Kata Kunci:

fintech, marketing, digital, brand, competitive, customer

Abstrak

PT. Alami Fintek Sharia has been successful in dominating the market for sharia-based fintech. This study examines how clients or consumers of PT. Alami Fintek Sharia select the products it provides, considering the enormous growth witnessed by that company. In PT. Experience Fintech Sharia, this study investigates how brand performance impacts customer choice, which is mediated by digital marketing and competitive advantage. Facts were collected from 170 respondents using a Likert scale questionnaire. This study found that brand performance influences competitive promotion. Likewise with brand performance on digital marketing, brand performance on consumer decisions, competitive advantage on consumer decisions, and consumer decisions influenced by digital marketing. However, it was also found that indirectly, there is no relationship between brand performance on consumer choice through competitive advantage, but brand performance on consumer choice is significantly influenced by digital marketing.

Referensi

Agustiani, I. N., & Barbo, A. (2012). Pengaruh Kinerja Brand The Jayakarta Bandung Boutique Suite. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, II(2), 363-383.

Arrifudin, R. R., Kadyr, A. R., & Kadyr, N. (2019). Keputusan Pembelian Polis Asuransi Pt.Qbe General Insurance Indonesia Cabang Makassar Mempengaruhi Penjualan Pribadi dan Pemasaran Digital. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 2(3), 92-108.

Chin , W.W. ( 1998 ). Pendekatan Partial Least Squares untuk Pemodelan Persamaan Struktural. Dalam G. A. Marcoulides, Metode Modern untuk Penelitian Bisnis (hlm. 295-336). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Coviello, N. E., Marcolin, B., & Milley, R. (2001). Understanding IT-Enabled Interactivity in Contemporary Marketing. Journal of Interactive Marketing, 15(4), 18-33.

Ghazali, I. (2014). Metode Modeling Equation Struktural Alternate dengan Partial Least Squares (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herdiani, M., & Yuliaty, A. L. (2019). Pengaruh Kinerja merek terhadap pembelian ulang dengan keuntungan kompetitif dan keterlibatan pelanggan sebagai variabel intervensi pada Apple iPhone. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi),, 3(3), 101-110.

Kasmir. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotller, P., & Arrmstrong, G. (2012). Prinsip pemasaran. New Jersey: Prenticce Hill.

Kotller, P., & Keler, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Laksanna, D., & Dharmmayanti, D. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Empat Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10-24.

Pradianni, T. (2017). Pengaruh Sistem Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Home Industry. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Cakrawala, 10(2), 107-112.

Sampurno. (2010). Manajemen Stratejik: Menciptakan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Swara, G. P., & Kusumadewi, N. W. (2017). Peran Competitive Advantage dalam Memediasi Pengaruh Positioning Terhadap Keputusan Pembelian di Dealer Made Ferry Motor Denpasar. E-Jurnal manajemen Unud, 6(3), 1168-1193.

Wijayya, N. (2017). Pengaruh Kinerja Merek Dengan Keunggulan Kompetitif Dan Komitmen Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Sepeda Motor Honda Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 4(2).

Winarto, Y. (2020). P2P syariah alami: penyebaran pinjaman di era baru telah. Retrieved from Kontan.co.id: https://keuangan.kontan.co.id/news/p2p-syariah-alami-penyaluran-pinjaman-pada-new-normal-telah-tumbuh-pesat

Diterbitkan

2023-09-07