Analisis Kualitas Pelayanan Di Saphire Lounge Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Terhadap Kepuasan Pelanggan
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis  Saphire Lounge untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan bagi pengguna jasa Bandar udara. Penting selalu menjaga reputasi perusahaan di mata pelanggan dengan selalu memberikan kinerja pelayanan yang prima agar pelanggan merasa puas. Jumlah sampelnya adalah 75 member yang ditentukan dengan rumus Slovin.
Hasil analisis tingkat kesesuaian (Tki) antara variabel X (Kinerja Pelayanan) maupun variabel Y (Kepentingan Pelanggan) Lounge Saphire di Bandar udara Internasional Soekarno-Hatta didapatkan nilai sebesar 94,93%. Harapan atau kepentingan pelanggan berada pada tingkat kesesuaian tinggi yaitu 94,93%, dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelanggan puas dengan kinerja pelayanan yang telah diberikan.
Hasil analisis Diagram Kartesius pada Kuadran A, merupakan faktor-faktor atau atribut yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan penanganannya perlu diprioritaskan karena keberadaan faktor-faktor ini  yang dinilai sangat penting oleh pelanggan, tetapi kinerja pelayanan yang telah diberikan belum melakukan sesuai dengan keinginan pelanggan, faktor-faktor yang termasuk dalam kuadran ini di antaranya: pernyataan  lima yaitu kecepatan pelayanan, tanggap, keluhan, dan mengerti apa yang diinginkan, hendaknya segera dilaksanakan sebab faktor-faktor ini dinilai sangat penting oleh pelanggan.Downloads
Published
Issue
Section
License
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Authors who publish with Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) agree to the following terms:
1. For all articles published in Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA), copyright is retained by the authors. Authors permit the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the publishing right's automatic transfer to the publisher.
3. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
4. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
5. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).