PENINGKATAN PENGETAHUAN “MENCUCI TANGAN” PADA SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MEDIA EDUKOMIK
https://doi.org/10.33476/bibliotech.v3i1.866
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh literasi informasi kesehatan melalui media edukomik terhadap peningkatan pengetahuan perilaku hidup bersih sehat, yaitu mencuci tangan pada anak-anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan one group pretest-posttets. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 56 responden yang diambil secara purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS dengan menghitung uji T (T-test). Berdasarkan hasil perhitungan dan uji T (t-Test) terdapat perbedaan nilai antara sebelum dan sesudah perlakuan pemberian informasi kesehatan. Sebelum perlakuan nilai rata-rata sebesar 7.2500 sedangkan setelah perlakuan nilai rata-rata sebesar 10.3214. Sedangkan hasil uji T dengan membandingkan taraf signifikan, dapat diketahui hasilnya nilai sig (2-tailed) nya sebesar 0.0000 yang artinya nilai signifikan nya adalah lebih besar dari 0.05. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya pemberian literasi informasi melalui media edukomik terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan perilaku hidup bersih sehat mencuci tangan pada responden. Dapat disimpulkan bahwa pemberian literasi informasi kesehatan melalui media edukomik mampu meningkatkan pengetahuan anak terhadap perilaku hidup bersih sehat yaitu mencuci tangan. Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada indikator perilaku hidup bersih sehat lainnya agar dapat dipastikan bahwa media edukomik dapat digunakan untuk memperomosikan kesehatan masyarakat.
Referensi
Bredekamp, S. (1992). Reaching Potentials: appropriable curriculum and assessment for young children Title (Volume 1). Washington DC: National Asso. for the Education of Young Children.
Dhien, K. (2006). Perancangan Komik Hyang Dalam Menumbuhkan Apresiasi Generasi Muda Kepada Kesenian Wayang. Skripsi. Surakarta: Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/2484/1/56921006200907201.pdf
Hadi, C., Sugiarto, S., K.Y, M., & Rahmah, Z. (2012). Pengaruh penyuluhan kesehatan dengan media komik tanggap DBD terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang pencegahan DBD di SDN Banjarejo Ngadiluwih Kabupaten Kediri. In Seminar Nasional Competitive Advantage. Jombang: Unipdu Jombang. Retrieved from http://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas /article/view/177
Kementerian Kesehatan. (2010). Rencana strategis kementerian kesehatan tahun 2010-2014. Jakarta, Indonesia.
Kementerian Kesehatan. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta, Indonesia.
Koh, H. K., Brach, C., Harris, L. M., & Parchman, M. L. (2013). A Proposed “Health Literate Care Model” Would Constitute A Systems Approach To Improving Patients’ Engagement In Care. Health Affairs, 32(2). Retrieved from https://www.healthaffairs.org/doi/full/10.1377/hlthaff.2012.1205
Maharsi, I. (2011). KOMIK: Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku.
Migotuwio, N. (2013). Komik Indonesia. Retrieved July 23, 2019, from https://www.academia.edu/6992644/Komik_ Indonesia.
Proverawati, A., & Rahmawati, E. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta: Nuha Medika.
Rosini. (2017). Pengaruh Literasi Informasi Kesehatan Melalui Edukomik Terhadap Peningkatan Pengetahuan Menggosok Gigi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Bibliotech, 2 (1), 40–51.
Soedarso, N. (2015). Komik: Karya Sastra Bergambar. Humaniora, 6 (4), 496–506. Retrieved from https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/ 3378/2757
Soedjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi dan pemanfaatan karya intelektual pada jurnal ini menjadi milik penuh penerbit, sedangkan hak moral menjadi milik penulis.
- Aspek legal formal akses dan pemanfaatan setiap artikel BiblioTech: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasitunduk di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa (CC BY-SA), yang berarti bahwa konten jurnal dapat dimanfaatkan secara bebas dan wajar (fair use) dalam bentuk serupa bahkan untuk kepentingan komersial.
- Untuk menghindari tindakan malpraktik publikasi dan plagiarisme penerbitan artikel, penulis diminta mengisi dan menandatangani pernyataan hak cipta pada Surat Pernyataan Keaslian Naskah dan Copyright Transfer.