PENGARUH LITERASI INFORMASI KESEHATAN MELALUI EDUKOMIK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN PADA ANAK USIA DINI
https://doi.org/10.33476/bibliotech.v2i1.373
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran pengetahuan kesehatan pada anak usia dini setelah dilakukan pemberian literasi informasi melalui edukomik. Secara umum, penelitian ini bermaksud mencari pengaruh pemberian informasi melalui edukomik terhadap peningkatan pengetahuan informasi kesehatan pada anak-anak usia dini dan seberapa besar pengaruh tersebut jika memang ada pengaruhnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Penyebaran kuesioner ditujukan pada anak-anak usia dini, tepatnya pada anak usia sekolah di sebuah sekolah dasar di Jakarta Pusat. Desain penelitian menggunakan metode eksperimen pretest dan posttest design yang menyebabkan diukurnya pengetahuan anak-anak usia dini sebelum dan setelah eksperimen dilakukan. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan uji t-test. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari nilai H0, yaitu < 0,05. Dengan demikian maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan atau pengaruh antara sebelum dan sesudah perlakuan pada penggunaan media edukomik. Artinya bahwa pemberian literasi informasi melalui media edukomik terdapat pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan pada anak usia dini. Pengaruh tersebut sangat signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan zh = 5.535 > z0.005 = 2.575, maka Ho ditolak. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan menggosok gigi sebelum dengan sesudah perlakuan secara sangat signifikan.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi dan pemanfaatan karya intelektual pada jurnal ini menjadi milik penuh penerbit, sedangkan hak moral menjadi milik penulis.
- Aspek legal formal akses dan pemanfaatan setiap artikel BiblioTech: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasitunduk di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa (CC BY-SA), yang berarti bahwa konten jurnal dapat dimanfaatkan secara bebas dan wajar (fair use) dalam bentuk serupa bahkan untuk kepentingan komersial.
- Untuk menghindari tindakan malpraktik publikasi dan plagiarisme penerbitan artikel, penulis diminta mengisi dan menandatangani pernyataan hak cipta pada Surat Pernyataan Keaslian Naskah dan Copyright Transfer.