PENGARUH LITERASI INFORMASI KESEHATAN MELALUI EDUKOMIK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Rosini - Rosini Ilmu Perpustakaan Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/bibliotech.v2i1.373

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran pengetahuan kesehatan pada anak usia dini setelah dilakukan pemberian literasi informasi melalui edukomik. Secara umum, penelitian ini bermaksud mencari pengaruh pemberian informasi melalui edukomik terhadap peningkatan pengetahuan informasi kesehatan pada anak-anak usia dini dan seberapa besar pengaruh tersebut jika memang ada pengaruhnya.  Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah kuesioner. Penyebaran kuesioner ditujukan pada anak-anak usia dini, tepatnya pada anak usia sekolah di sebuah sekolah dasar di Jakarta Pusat. Desain penelitian menggunakan metode eksperimen pretest dan posttest design yang menyebabkan diukurnya pengetahuan anak-anak usia dini sebelum dan setelah eksperimen dilakukan.  Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan uji t-test. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari nilai H0, yaitu < 0,05. Dengan demikian maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan atau pengaruh antara sebelum dan sesudah perlakuan pada penggunaan media edukomik. Artinya bahwa pemberian literasi informasi melalui media edukomik terdapat pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan pada anak usia dini. Pengaruh tersebut sangat signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan zh = 5.535 > z0.005 = 2.575, maka Ho ditolak. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan menggosok gigi sebelum dengan sesudah perlakuan secara sangat signifikan.

Downloads

Published

2019-06-25

How to Cite

Rosini, R. .-. (2019). PENGARUH LITERASI INFORMASI KESEHATAN MELALUI EDUKOMIK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN PADA ANAK USIA DINI. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(1). https://doi.org/10.33476/bibliotech.v2i1.373

Issue

Section

Articles