Penerapan Token Economy dan Teknik Prompting untuk Meningkatkan Keterampilan Berpakaian pada Remaja dengan Disabilitas Intelektual Taraf Sedang
https://doi.org/10.24854/jps.v7i2.761
Kata Kunci:
Disabilitas intelektual, keterampilan berpakaian, modifikasi perilaku, token ekonomi, promptingAbstrak
Anak dengan disabilitas intelektual memiliki masalah dengan fungsi adaptif, salah satunya ialah kemampuan bina diri. Salah satu kemampuan bina diri yang penting untuk dikuasai oleh anak adalah berpakaian secara mandiri, terutama bila anak sudah menginjak usia remaja, agar anak tidak lagi bergantung pada orang dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpakaian pada anak dengan disabilitas intelektual melalui program modifikasi perilaku. Keterampilan berpakaian diukur dengan durasi yang dibutuhkan anak untuk selesai mengenakan pakaian dengan tepat. Desain penelitian ini menggunakan single case experimental A-B design. Partisipan dari penelitian ini ialah seorang anak perempuan berusia 14 tahun 11 bulan dengan disabilitas intelektual level moderate. Teknik yang digunakan dalam program modifikasi perilaku ini ialah token economy serta prompting. Intervensi mencakup 3 sesi baseline, 15 sesi intervensi, serta 3 sesi follow-up. Data  dianalisis dengan membandingkan durasi yang dibutuhkan anak untuk berpakaian secara tepat sebelum dan setelah intervensi dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan durasi berpakaian yang signifikan, yakni hampir 6 kali lebih cepat yaitu dari total 65 menit (tahap baseline) hingga total 11 menit (tahap follow-up) untuk 5 jenis pakaian. Hal tersebut menandakan bahwa anak lebih terampil dalam mengenakan pakaian tanpa bantuan dari orangtua.Referensi
American Psychiatric Association (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorder 5th edition.Washington, DC : Author.
Ardic, A. & Cavkaytar, A. (2014). Effectiveness of the modified intensive toilet training method on teaching toilet skills to children with autism. Education and Training in Autism and Developmental Disabilities, 49(2), 263–276.
Baker, B. L., Brightman, A. J., Blacher, J. B., Hinshaw, S. P., Heifetz, L. J., & Murphy, D. M. (2009). Steps to independence: Teaching everyday skills to children with special needs (4th ed.). Baltimore, MD: Paul H Brookes Publishing Co.
Hendriani, W., Handariyati, R., & Sakti, T. M. (2006). Penerimaan keluarga terhadap individu yang mengalami keterbelakangan mental. INSAN, 8(2), 100 – 111.
Iscan, G. C., Nurcin, E., & Fazlioglu, Y. (2016). Effect of most-to-least prompting procedure on dressing skill of students with autism. Educational Research and Reviews, 11(18), 1766 – 1774.
Kaur, G. & Kumar, M. (2013). Effect of stimulus shaping & prompting in developing dressing skills in trainable mentally challenged among age group of 6 – 12 years. International Journal of Science and Research, 4(6), 1195 – 1198.
Kazdin, A. E. (2013). Behavior Modification in Applied Settings: 7th Edition. Illinois: Waveland Press, Inc.
Mash, E. J., & Wolfe, D. A. (2010). Abnormal child psychology. (4th ed.). Canada: Wadsworth, Cengage Learning.
Martin, G., & Pear, J. (2015). Behavior Modification: What It Is and How to Do It, 10th Edition. USA: Pearson education, Inc.
Matson, J. L. & Boisjoli, J. A. (2009). The token economy for children with intellectual disability and/or autism: A review. Research in Developmental Disabilities, 30, 240 – 248.
Matson, J. L., Mahan, S., & LoVullo, S. V. (2009). Parent training: A review of methods for children with developmental disabilities. Research in Developmental Disabilities, 30, 961 – 968.
Mehta, M., Pande, P., & Bhargava, M. (1991). Behavioral training for mothers of mentally handicapped children: Teaching of self-help skills. Indian Pediatrics, 98, 909 – 915.
Miltenberger, R. G. (2012). Behavior Modification Principles and Procedures, Fifth Edition. United States of America: Cengage Learning.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).