Efektivitas Gratitude Training Untuk Meningkatkan Subjective Well-Being Pada Remaja di Panti Asuhan

Penulis

  • Irma Rosalinda Lubis State University of Jakarta, Poncol Street No.36 RT 012/07, Jakarta, Indonesia
  • Linda J. Agustini State University of Jakarta, Poncol Street No.36 RT 012/07, Jakarta, Indonesia

https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.703

Kata Kunci:

gratitude training, subjective well-being, adolescent, orphanage, psychology positive

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah pelatihan bersyukur dapat meningkatkan subjective well-being pada remaja di panti asuhan. Penelitian diadakan dari Februari hingga Juli 2017 yang diadakan di Panti Asuhan Ar-Riyadhul Jannah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek berjumlah 7 peserta yang ditentukan dengan cara Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara serta instrumen Kesejahteraan Subyektif yang terdiri dari SWLS dan SPANE. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data, nilai diperoleh dari z SWLS = -2,375; z SPANE = -2.214; p SWLS = 0,018 <0,05; p SPANE = 0,027; p <0,05 (signifikan), yang artinya bahwa pelatihan rasa syukur efektif untuk meningkatkan kesejahteraan subjektif pada remaja di panti asuhan. Hasil ini dapat ditindak lanjuti oleh pihak panti asuhan Ar-Riyaadhul Jannah maupun lembaga-lembaga lainnya di masyarakat yang melibatkan remaja untuk dapat melakukan program pelatihan bersyukur yang dapat meningkatkan subjective well-being.

Diterbitkan

2018-12-19

Cara Mengutip

Lubis, I. R., & Agustini, L. J. (2018). Efektivitas Gratitude Training Untuk Meningkatkan Subjective Well-Being Pada Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Online Psikogenesis, 6(2), 205–213. https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.703

Terbitan

Bagian

Articles