Nilai Kerja (Work Values) dan Adaptabilitas Karier Peserta Didik Kelas IX di Depok, Jawa Barat

Penulis

  • Linda Primana Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat
  • Amanda Kristanti Permadi Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat

https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.694

Kata Kunci:

Nilai kerja, adaptabilitas karir, peserta didik kelas IX, remaja.

Abstrak

Berdasarkan Kurikulum 2013, peserta didik SMA diberikan kesempatan untuk memilih peminatannya di kelas X. Dengan demikian sebelum peserta didik lulus SMP, mereka diharapkan sudah memiliki wawasan tentang nilai-nilai dari suatu pekerjaan (work values) sebagai dasar pertimbangannya dalam merencanakan karier masa depannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran work values terhadap adaptabilitas karier peserta didik kelas IX. Work values diukur dengan menggunakan The Work Values Scale (Ye, 2015) dan adaptabilitas karier diukur dengan menggunakan alat ukur Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) (Savickas & Porfeli, 2012). Partisipan penelitian ini adalah 569 peserta didik kelas IX SMP di Depok, Jawa Barat. Hasil olah data statistik Pearson Correlation menunjukkan  terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara work values dan adaptabilitas karier. Work values memberikan kontribusi sebesar 21% (R2) terhadap variasi adaptabilitas karier. Penelitian ini memberikan masukan tentang pentingnya wawasan peserta didik mengenai work values atau nilai suatu pekerjaan dimulai sejak mereka berada di SMP, agar mereka dapat dengan percaya diri menentukan pilihan peminatannya di SMA.

Diterbitkan

2018-12-19

Cara Mengutip

Primana, L., & Permadi, A. K. (2018). Nilai Kerja (Work Values) dan Adaptabilitas Karier Peserta Didik Kelas IX di Depok, Jawa Barat. Jurnal Online Psikogenesis, 6(2), 121–129. https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.694

Terbitan

Bagian

Articles