Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Keterlibatan Orangtua Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar
https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.518
Abstrak
Di kota Pangkalpinang khususnya ibu memiliki keterlibatan yang baik untuk membimbing anak dalam belajar. Dengan keterlibatan orang tua yang baik seharusnya prestasi belajar anak-anak juga baik namun kenyataannya tidak semua anak memiliki prestasi belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar matematika, hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, dan hubungan antara keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar. Penelitian ini menyertakan 233 siswa kelas V Sekolah Dasar Yayasan X di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung dengan menggunakan teknik judgement sampling. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner keterlibatan orang tua dan motivasi belajar serta catatan nilai rapor siswa, Â khususnya prestasi belajar matematika. Teknik analisis dengan menggunakan korelasi produk moment (multiple correlation). Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar matematika (r = 0,076 dan p = 0,246 > 0,01), terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika (r = 0,284 dan p = 0,000 < 0,01), dan terdapat hubungan antara keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar (r = 0,565 dan p = 0,000 < 0,01).
Kata kunci:Â keterlibatan orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar matematika
Referensi
Berger, E. H. (2000). Parents as partners in education (5th ed). New Jersey: Prentice Hall.
Djamarah, S. B., (2002). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dariyo, A. ( 2013). Dasar-dasar Pedagogi Modern. Jakarta: Indeks.
Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. D. (2004). Psikologi psikis: Anak, remaja, dan keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011, April). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar (studi kasus terhadap siswa kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12, (1) 21 April 2015, http://jurnal.upi.edu/pko/view/1372/
Hawadi, R. A. (2001). Psikologi perkembangan anak: Mengenal sifat, bakat dan kemampuan anak. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Hidayati, N. (2011). Dukungan Sosial bagi Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Psikologi INSAN, 13 (01), 12-20.
Irham, M., & Wiyani, N. A. (2013). Psikologi pendidikan: Teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: AR Ruzz Media.
Jabeen, F, Anis-ul-Haque, M & Riaz, M.N. (2013). Parenting Styles as Predictors of Emotion Regulation Among Adolescents. Pakistan Journal of Psychological Research, 28 (1), 85-105.
Kristiyani, T. (2013). Keterlibatan orang tua di sekolah dan prestasi akademik siswa: Studi Metaanalisis. Jurnal Psikologi Indonesia, 10 (1).33-34.
Marga, Y.N & Wirawan, H.E. (2013). Penerapan Cognitive Behavior Therapy untuk Mereduksi Kecemasan Matematika pada Perempuan Dewasa Muda. Jurnal Ilmiah Psikologi, Arkhe, 11 (1), 57-71.
Nisfianoor, M. (2013). Pendekatan Statistika Modern. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.
Paimin, J. E. (1998). Agar anak pintar matematika. Jakarta: Penebar Swadaya.
Papalia, D.E., Olds, S.W & Feldman, R.D. (2009). Human Development. Boston: McGraw-Hill.
Ruqoyah, (2010). Pengarauh Iklim a terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika. (skripsi, tidak diterbitkan). Jakarta: Fakultas Psikologi Untar.
Santrock, J. W. (2007). Educational Psychology. Boston: McGraw-Hill.
Shabah, S.S & Gilani, N. (2010). Household Chaos, and its association with Maternal Education, Family System and Children’s Academic Performance in Pakistani Culture. Pakistan Journal of Psychological Research, 25 (1), 19-30.
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., Meece, J. L. (2010). Motivation in education: Theory, research, and application 3rd ed. New Jersey: Pearson Education.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Soemanto, W., (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. (2004). Psikologi belajar. akarta: Raja Grafindo Persada.
Talib, N & Sansgiry, S. S. (2012). Determinants of Academic Performance of University Students. Pakistan Journal of Psychological Research, 27 (2), 265-278.
Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo.
Uno, H. B., (2007). Teori motivasi dan gukurannya: Analisis. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, M.W. & Susanto, D.S (2014). Dinamika Dukungan Sosial pada Prestasi Siswa Sekolah Dasar: Suatu Pendekatan Indigenous Psychology. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9 (1), 24-29.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).