Hubungan antara Pembelajaran Observasional dengan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Indonesia

Penulis

  • Dewi Kumalasari Fakultas Psikologi, Universitas YARSI, Jakarta, Indonesia
  • Wustari Mangundjaya Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Gagan Hartana Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Indonesia

https://doi.org/10.24854/jps.v5i1.491

Abstrak

Paparan model peran wirausahawan yang sukses merupakan salah satu faktor kunci dalam pembelajaran kewirausahaan dan perkembangan karir (Boyd & Vozidis dalam Laviolette & Radu, 2008). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran observasional melalui model peran wirausaha dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa Universitas Indonesia. Desain penelitian ini adalah studi lapangan dengan menggunakan accidental sampling sebagai metode pengambilan data. Partisipan penelitian ini terdiri dari 101 mahasiswa Universitas Indonesia dari 10 fakultas yang berada di kampus UI Depok. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran observasional dengan intensi berwirausaha. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa dimensi motivasi merupakan dimensi yang paling besar memberikan kontribusi terhadap intensi berwirausaha diantara dimensi lain dari pembelajaran observasional.

Diterbitkan

2018-01-31

Cara Mengutip

Kumalasari, D., Mangundjaya, W., & Hartana, G. (2018). Hubungan antara Pembelajaran Observasional dengan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Indonesia. Jurnal Online Psikogenesis, 5(1). https://doi.org/10.24854/jps.v5i1.491

Terbitan

Bagian

Articles