Peran School Well Being dan Keterlibatan Akademik dengan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Agoes Dariyo Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara Jakarta

https://doi.org/10.24854/jps.v5i1.490

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran school well being dan keterlibatan akademik terhadap prestasi akademik siswa. Penelitian ini melibatkan 109 siswa sekolah dasar. Pengambilan data dengan menggunakan alat ukur berupa school well being dan keterlibatan akademik. Adapun pengambilan data prestasi belajar diambil melalui hasil ulangan pelajaran matematika. Analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara school well being dengan academic engagement ; tidak ada hubungan anatara school well being dengan prestasi belajar dan tidak ada hubungan antara academic engagement dengan prestasi belajar. Selain itu, ditemukan bahwa ada pengaruh school well being terhadap academic engagement.

Diterbitkan

2018-01-31

Cara Mengutip

Dariyo, A. (2018). Peran School Well Being dan Keterlibatan Akademik dengan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Online Psikogenesis, 5(1). https://doi.org/10.24854/jps.v5i1.490

Terbitan

Bagian

Articles