Adaptasi Indonesia Bergen Social Media Addiction Scale

Penulis

  • Indri Utami Sumaryati Universitas Islam Bandung
  • Dwi Agustin Nuriani Sirodj Universitas Islam Bandung
  • Melsan Gadama Universitas Islam Bandung

https://doi.org/10.24854/jps.v12i1.3994

Kata Kunci:

Adiksi, Adaptasi Pengukuran, CFA, Media Sosial

Abstrak

Penelitian mengenai adiksi perilaku menjadi penting dikarenakan banyak perilaku perilaku yang mengarah kepada adiksi yang memerlukan dukungan empirik. Maka pengukuran terhadap adiksi perilaku menjadi diperlukan. Media sosial adalah salah satu jenis aktivitas online yang yang popular sekitar 10 tahun yang lalu. Oleh karena itu banyak penelitian mulai dilakukan terkait aktivitas facebook, instagram dan lain lain. Banyak data empirik yang menunjukkan bahwa banyak orang menggunakan paltform sosial media secara berlebihan dan mengarah kepada adiksi. Oleh karena itu proses adaptasi alat ukur menjadi penting. Dalam penelitian ini dilakukan proses adaptasi alat ukur Bergen Social Media Addiction Scale (BSMAS). Dilakukan tahapan adaptasi yang mengacu pada langkah-langkah yang diatur dalam International Test (ITC). Dilakukan proses uji coba terhadap 483 sampel dengan menggunakan multistage sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis, dengan hasil nilai CR (0.91) > 0,70 serta keseluruhan  nilai VE (0.65) > 0,50, artinya bahwa model pengukuran modifikasi memiliki konsistensi internal (reliable) dan nilai p-value, RMSEA, CFI, GFI, dan AGFI telah memenuhi kriteria yang ditetapkan sehingga menandakan model fit.

Kata kunci : Adiksi, Adaptasi pengukuran, CFA, Media sosial.

Referensi

Adams, J., & Kirkby, R. J. (2002). Excessive exercise as an addiction: A review. Addiction Research & Theory, 10(5), 415–437. https://doi.org/10.1080/1606635021000032366

Andreassen, C. S., Torsheim, T., Brunborg, G. S., & Pallesen, S. (2012). Development of a Facebook addiction scale. Psychological Reports, 110(2), 501–517. https://doi.org/10.2466/02.09.18.pr0.110.2.501-517

Andreassen, C. S., & Pallesen, S. (2014). Social network site addiction - an overview. Current Pharmaceutical Design, 20(25), 4053–4061. https://doi.org/10.2174/13816128113199990616

Andreassen, C. S., Billieux, J., Griffiths, M. D., Kuss, D. J., Demetrovics, Z., Mazzoni, E., & Pallesen, S. (2016). The relationship between addictive use of social media and video games and symptoms of psychiatric disorders: A large-scale cross-sectional study. Psychology of Addictive Behaviors, 30(2), 252–262. https://doi.org/10.1037/adb0000160

Beard, K. W. (2005). Internet Addiction: A review of current assessment techniques and potential assessment questions. Cyberpsychology & Behavior, 8(1), 7–14. https://doi.org/10.1089/cpb.2005.8.7

Clark, M. C., & Calleja, K. (2008). Shopping addiction: A preliminary investigation among Maltese University students. Addiction Research & Theory, 16(6), 633–649. https://doi.org/10.1080/16066350801890050

Chóliz, M. (2010). Mobile phone addiction: a point of issue. Addiction, 105(2), 373–374. https://doi.org/10.1111/j.1360-0443.2009.02854.x

Chou, C., Condron, L., & Belland, J. C. (2005). A review of the research on internet addiction. Educational Psychology Review, 17(4), 363–388. https://doi.org/10.1007/s10648-005-8138-1

Clark, M. C., & Calleja, K. (2008b). Shopping addiction: A preliminary investigation among Maltese University students. Addiction Research & Theory, 16(6), 633–649. https://doi.org/10.1080/16066350801890050

D’Arienzo, M. C., Boursier, V., & Griffiths, M. D. (2019). Addiction to social media and attachment styles: A systematic literature review. International Journal of Mental Health and Addiction, 17(4), 1094–1118. https://doi.org/10.1007/s11469-019-00082-5

Efendi, M. M., & Purnomo, J. D. T. (2012). Analisis faktor konfirmatori untuk mengetahui kesadaran berlalu lintas pengendara sepeda motor di Surabaya Timur. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 1(1), 15855. https://doi.org/10.12962/j23373520.v1i1.965

Forrest, A., & Nayak, S. (2020). ‘Should I stay or should I go?’ Group-analytic training: inhabiting the threshold of ambivalence is a matter of power, privilege and position. Group Analysis, 54(1), 55–68. https://doi.org/10.1177/0533316420947999

Gunawan, R., Aulia, S., Supeno, H., Wijanarko, A., Uwiringiyimana, J. P., & Mahayana, D. (2021). Adiksi media sosial dan gadget bagi pengguna internet di Indonesia. Techno-Socio Ekonomika, 14(1), 1. https://doi.org/10.32897/techno.2021.14.1.544

Gultom, S. A., Wardani, N. D., & Fitrikasari, A. (2018). Hubungan adiksi internet dengan prokastinasi akademik. Jurnal Kedokteran Diponegoro (Diponegoro Medical Journal), 7(1), 330-347. https://doi.org/10.14710/dmj.v7i1.19392

Griffiths, M. D. (1996). Nicotine, tobacco and addiction. Nature, 384(6604), 18. https://doi.org/10.1038/384018a0

Griffiths, M. D. (2005). A ‘components’ model of addiction within a biopsychosocial framework. Journal of Substance Use, 10(4), 191–197. https://doi.org/10.1080/14659890500114359

Griffiths, M. D. (2011). Internet sex addiction: A review of empirical research. Addiction Research & Theory, 20(2), 111–124. https://doi.org/10.3109/16066359.2011.588351

Hartono, S., & Muchtar, D. Y. (2018). Uji validitas konstruk pada instrumen dengan metode Confirmatory Factor Analysis (CFA). Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 6(1), 79-86. https://doi.org/10.15408/jp3i.v6i1.8155

Kemp, R. (2011). The symbolic constitution of addiction: Language, alienation, ambivalence. Health, 16(4), 434–447. https://doi.org/10.1177/1363459311425515

Mawardah, M. (2019). Adiksi internet pada masa dewasa awal. Jurnal Ilmiah Psyche, 13(2), 108–119. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v13i2.705

Rahardjo, W., Qomariyah, N., Andriani, I., Hermita, M., & Zanah, F. N. (2020). Adiksi media sosial pada remaja pengguna Instagram dan Whatsapp: Memahami peran need fulfillment dan social media engagement. Jurnal Psikologi Sosial, 18(1), 5–16. https://doi.org/10.7454/jps.2020.03

Young, K. (1996). Psychology of Computer Use: XL. Addictive use of the internet: A case that breaks the stereotype. Psychological Reports, 79(3), 899–902. https://doi.org/10.2466/pr0.1996.79.3.899

Young, K. (2009). Internet Addiction: Diagnosis and treatment considerations. Journal of Contemporary Psychotherapy, 39(4), 241–246. https://doi.org/10.1007/s10879-009-9120-x

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Sumaryati, I. U., Sirodj, D. A. N., & Gadama, M. (2024). Adaptasi Indonesia Bergen Social Media Addiction Scale. Jurnal Online Psikogenesis, 12(1), 10–18. https://doi.org/10.24854/jps.v12i1.3994

Terbitan

Bagian

Articles