Studi Komparasi Dukungan Sosial Teman Sebaya yang Dirasakan (Perceived Social Support) pada Mahasiswa Perantau & Lokal

Penulis

  • Freliska Adinda Putri Universitas Sanata Dharma
  • Yohannes Heri Widodo Universitas Sanata Dharma

https://doi.org/10.24854/jps.v12i1.3922

Kata Kunci:

Psikologi, Perceived Social Support, Mahasiswa, Perantau, Lokal, Universitas

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Menemukan perbedaan perceived social support pada mahasiswa perantau & lokal, 2) Mengukur tingkat PSS mahasiswa perantau, 3) Mengukur tingkat PSS mahasiswa lokal, 4) Mengidentifikasi skor rendah pada butir skala PSS sebagai topik bimbingan klasikal.

 Jenis & desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komperasi. Terdapat 105 responden yang terlibat, seluruhnya merupakan mahasiswa aktif di Yogyakarta. Pengambilan data memuat 2 jenis kuesioner, yaitu kuesioner terbuka sebagai penentu asal daerah responden dan kuesioner tertutup dengan Skala Likert yang berfungsi mengukur item Perceived Social Support mahasiswa antar kelompok sampel. Terdapat 40 item valid yang terbagi ke dalam 4 aspek, yaitu:  1) Penerimaan bantuan emosional; 2) Penerimaan bantuan informasi; 3) Penerimaan bantuan instrumental; 4) Penerimaan bantuan penilaian. Indeks reliabilitas Alpha Cronbach dari kuesioner ini sebesar 0,951. Pengujian selanjutnya memperoleh data yang berdistribusi tidak normal dan homogen. Karena hasil asumsi tidak terpenuhi, peneliti menggunakan uji beda non-parametrik Mann Whitney dengan bantuan program SPSS 26.0 for windows.

Pemaparan hasil dari studi ini ialah: 1) Tidak ada perbedaan Perceived Social Support yang signifikan antara kelompok mahasiswa perantau & lokal; 2) Tingkat Perceived Social Support rata-rata mahasiswa perantau cenderung pada kategori tinggi; 3) Tingkat Perceived Social Support mahasiswa lokal cenderung pada kategori tinggi;  4) Terdapat 4 item kuesioner dengan jumlah capaian skor yang teridentifikasi rendah, sehingga topik bimbingan yang bisa diusulkan bertema “Aku & Mereka: Batasan Sosial & Personal.”.

Referensi

Base, H. (2020, April 28). Understanding the Different Types of Social Support. Home Base. https://homebasenew.wpengine.com/understanding-the-different-types-of-social-support/

Definitions of Cutrona & Suhr’s (1992) Social Support Behavior Code and... (t.t.). ResearchGate. Diambil 11 Oktober 2022, dari https://www.researchgate.net/figure/Definitions-of-Cutrona-Suhrs-1992-Social-Support-Behavior-Code-and-examples-of_tbl3_334580789

Faleel, S.-F., Tam, C.-L., Lee, T.-H., Har, W.-M., & Foo, Y.-C. (2012). Stress, Perceived Social Support, Coping Capability and Depression: A Study of Local and Foreign Students in the Malaysian Context. 6(1).

Gottlieb, B. H. (1983). Social Support Strategies: Guidelines for Mental Health Practice (1st edition). SAGE Publications, Inc.

Gülaçt?, F. (2010). The effect of perceived social support on subjective well-being. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3844–3849. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.602

Haber, M. G., Cohen, J. L., Lucas, T., & Baltes, B. B. (2007). The relationship between self-reported received and perceived social support: A meta-analytic review. American Journal of Community Psychology, 39(1–2), 133–144. https://doi.org/10.1007/s10464-007-9100-9

La Fleur, C. G., & Salthouse, T. A. (2016). Which Aspects of Social Support Are Associated With Which Cognitive Abilities for Which People? The Journals of Gerontology Series B: Psychological Sciences and Social Sciences, gbv119. https://doi.org/10.1093/geronb/gbv119

M.A, L. W. R., M. D. (2018). Student Mental Health: A Guide for Psychiatrists, Psychologists, and Leaders Serving in Higher Education. American Psychiatric Pub.

Putri, A. F. (2018). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35. https://doi.org/10.23916/08430011

Sarafino, E. P. (1994). Health psychology: Biopsychosocial interactions, 2nd ed (hlm. xxi, 592). John Wiley & Sons.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons.

Seligman, M. E. P., & Pawelski, J. O. (2003). Positive Psychology: FAQs. Psychological Inquiry, 14(2), 159–163.

Utami, P. (2020). Gambaran Post Traumatic Growth Pada Wanita Dewasa Awal yang Mengalami Kekerasan Dalam Berpacaran. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 297. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4914

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Putri, F. A., & Widodo, Y. H. (2024). Studi Komparasi Dukungan Sosial Teman Sebaya yang Dirasakan (Perceived Social Support) pada Mahasiswa Perantau & Lokal. Jurnal Online Psikogenesis, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.24854/jps.v12i1.3922

Terbitan

Bagian

Articles