Peran Optimisme, Kebersyukuran, dan Harapan terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Muhammadiyah Surakarta

Penulis

https://doi.org/10.24854/jps.v11i2.2862

Kata Kunci:

Hope, Gratitude, Psychological well-being, Final student, Optimism

Abstrak

Sebagian mahasiswa tingkat akhir di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sering kali kesulitan dalam menyelesaikan studinya, yang akhirnya berdampak pada perasaan tidak puas dan tidak bahagia. Hal ini menunjukkan kesejahteraan psikologis yang belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah optimisme, kebersyukuran, harapan memiliki peran secara simultan terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa tingkat akhir di UMS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 216 mahasiswa UMS yang sedang mengerjakan skripsi dan berusia 21-23 tahun. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala optimisme (α = 0,813), skala kebersyukuran (α = 0,788), skala harapan (α = 0,850), skala kesejahteraan psikologi (α = 0,894) yang disebar melalui google form. Analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan peran optimisme, kebersyukuran, harapan secara bersama-sama terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa tingkat akhir sebesar 73%. Harapan memiliki kontribusi terbesar yakni 46,1% diikuti optimism yakni 22%. Dengan demikian, untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa tingkat akhir UMS, perlu diperhatikan usaha-usaha untuk mendorong terbentuknya harapan dan sikap optimis pada mahasiswa tingkat akhir.

Biografi Penulis

Setia Asyanti, Fakultas Psikologi UMS

Fakultas Psikologi UMS

Referensi

Agustang, A., Oruh, S., Theresia, M., A, A. T. P., & Asrifan, A. (2020). Kesejahteraan psikologis (studi pada dewasa madya yang belum menikah di kota Makassar). Creswell 2014. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/v5af8

Ahadiyanto, N. (2020). Hubungan dimensi kepribadian the big five personality dengan tingkat kesejahteraan psikologis narapidana. Jurnal Al-Hikmah, 18(1), 117–130. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i1.26

Aisyah, A., & Chisol, R. (2020). Rasa syukur kaitannya dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer sekolah dasar. Proyeksi, 13(2), 109–122. https://doi.org/10.30659/jp.13.2.109-122

Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127–134. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134

Eva, N., & Bisri, M. (2018). Dukungan sosial, religiusitas, dan kesejahteraan psikologis mahasiswa cerdas istimewa. Proseding Seminar Nasional Klinis, 1996, 101–112. http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/12/12.-Nur-eva.pdf

Fajriani, D., & Susandari. (2020). Hubungan antara hope dengan psychological well being pada ODHA di komunitas HIV-AIDS khusus homoseksual kota Bandung. Prosiding Psikologi, 6, 423–427. https://doi.org/Prosiding Psikologi http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22481

Fauzziyah, R. G., & Sartika Akbar, D. (2016). Hubungan antara Hope dengan Psychological Well-being pada Anggota Great Muslimah Bandung. Prosiding Psikologi, 2(2), 770–775. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/4078

Gustia, M., & Aviani, Y. I. (2019). Kontribusi harapan pekerjaan terhadap kegigihan pada polisi di satbrimob sumatera barat. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i3.7093

Harpan, A. (2015). Peran Religiusitas dan Optimisme terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Remaja. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–18. http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3198

Kardas, F., Cam, Z., Eskisu, M., & Gelibolu, S. (2019). Gratitude, hope, optimism and life satisfaction as predictors of psychological well-being*. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(82), 81–100. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.82.5

Khoirunnisa, A., & Ratnaningsih, I. Z. (2016). Optimisme dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa pendidikan dokter fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5, 1–4. https://doi.org/10.24854/jps.v5i2.498

Kholifah, N., & Indawati. (2017). Hubungan antara optimisme dengan problem focused coping pada mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Psikologi, 4(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.35891/jip

Kurino, Y. D. (2015). Pengaruh Contextual Teaching & Learning Dan Direct Intruction Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.340

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda. Barekeng: jurnal ilmu matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

McCullough, M. E., Tsang, J. A., & Emmons, R. A. (2004). Gratitude in Intermediate Affective Terrain: Links of Grateful Moods to Individual Differences and Daily Emotional Experience. Journal of Personality and Social Psychology, 86(2), 295–309. https://doi.org/10.1037/0022-3514.86.2.295

Mumtazah, H., Abdul Rahman, A., & Sarbini, S. (2020). Religiusitas dan intensi anti korupsi: peran moderasi kebersyukuran. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(1), 101–113. https://doi.org/10.33367/psi.v5i1.1122

Permatasari, Arifin, & Padilah. (2020). Studi deskriptif dampak psikologis mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas PGRI Banyuwangi Dalam Penyusunan Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 127–141. http://jurnal.icjambi.id/index.php

Putri, P. N. A., & Rustika, I. M. (2017). Peran pola asuh autoritatif, efikasi diri, dan Perilaku prososial terhadap kesejahteraan psikologis pada remaja akhir di program studi pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 151–164. https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i01.p16

Ratnayanti, T. L., & Wahyuningrum, E. (2016). Hubungan antara gratitude dengan psychologi calwellbeing ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB Negeri Salatiga. Satya Widya, 32(2), 57–64. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p57-64

Risthathi, U. N. (2019). Hubungan optimisme dengan kesejahteraan psikologis (psychological well-being) pada remaja di Panti Asuhan. Skripsi.

Roelyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29–37.

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081. https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069

Ryff, C. D. (1995). Psychological well-being in adult life. Current Directions in Psychological Science, 4(4), 99–104. https://doi.org/10.1111/1467-8721.ep10772395

Saputra, M. R., & Setyo Palupi, L. (2020). Relationship between Social Support and Psychological Well-Being of the Final Year Students. E3S Web of Conferences, 202, 0–5. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020212027

Sarmadi, S. (2018). Psikologi Positif. Titah surga.

Seligman, M. (2006). Learned Optimism: How to change your mind and your life. Vintage books.

Seligman, M. E. P., & Csikszentmihalyi, M. (2000). Positive psychology: An introduction. In American Psychologist (Vol. 55, Issue 1, pp. 5–14). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.5

Snyder, C. R., & Lopez, S. j. (2002). Handbook of positive psychology. In C. R. Snyder & S. J. Lopez (Eds.), Handbook of positive psychology. Oxford University Press.

Udhayakumar, P., Ilango, P., Umum, K., Psikologis, K., & Diri, P. (2018). Kesejahteraan Psikologis di kalangan Mahasiswa. 3(April), 79–89.

Vazquez, C., Hervas, G., Rahona, J. J., & Gomez, D. (2009). Psychological well-being and health. contributions of positive psychology. Annuary of Clinical and Health Psychology, 5, 15–27. https://doi.org/10.1109/ITW.2008.4578636

Wahyudi, R. M., Lubis, H., & Putri, E. T. (2021). Hubungan kebersyukuran dengan kesejahteraan psikologis ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di kota Balikpapan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4), 820. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6754

Wood, A. M., Joseph, S., & Maltby, J. (2009). Gratitude predicts psychological well-being above the Big Five facets. Personality and Individual Differences, 46(4), 443–447. https://doi.org/10.1016/j.paid.2008.11.012

Zahwa, V., & Mira, R. (2017). Optimism and psychological well being of the spescial eduacation teacher in yogyakarta.

Zhai, K., Gao, X., & Wang, G. (2018). The role of sleep quality in the psychological well-being of final year undergraduatestudents in China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(12), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph15122881

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-16

Cara Mengutip

Salsabila, A. R., & Asyanti, S. (2024). Peran Optimisme, Kebersyukuran, dan Harapan terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Online Psikogenesis, 11(2), 132–144. https://doi.org/10.24854/jps.v11i2.2862

Terbitan

Bagian

Articles