Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Big Five Personality pada Remaja

Penulis

  • Nadhira Nurlathifah Hardjanto Faculty of Psychology, Universitas YARSI
  • Arif Triman Faculty of Psychology, Universitas YARSI

https://doi.org/10.24854/jps.v11i2.2840

Kata Kunci:

family psychology, parenting styles, big five personality, adolescents, PSDQ, BFI

Abstrak

Kepribadian adalah salah satu tugas perkembangan yang terjadi saat transisi menuju dewasa. Salah satu teori kepribadian yang popluer yaitu Big Five Personality. Pola asuh orang tua menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepribadian remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan big five personality pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik accidental sampling. Jumlah partisipan sebanyak 202 orang remaja 15 sampai 22 tahun. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Parenting Styles and Dimensions Questionnaire (PSDQ) untuk mengukur pola asuh orang tua dan Big Five Inventory (BFI) untuk mengukur big five personality. Penelitian ini menggunakan teknik uji korelasi spearman dengan hasil yaitu pola asuh authoritative memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan openness to experience (r = 0,157; p<0,05), conscientiousness (r = 0,229; p<0,01), extraversion (r = 0,216; p<0,01), dan agreeableness (r = 0,203; p<0,01) dan memiliki hubungan yang negatif dan signifkan dengan neuroticism (r = -0,265; p<0,001). Hasil pola asuh authoritarian memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan neuroticism (r = 0,038; p<0,05). Ini menunjukkan bahwa semakin orang tua menerapkan pola asuh authoritative maka semakin dominan trait kepribadian openness to experience, conscientiousness, extraversion, agreeableness pada remaja. Namun sebaliknya, semakin orang tua menerapkan pola asuh authoritarian maka semakin dominan trait kepribadian neuroticism pada remaja.

Referensi

Alizadeh, S., Talib, M. B. A., Abdullah, R., & Mansor, M. (2011). Relationship between parenting style and children’s behavior problems. Asian Social Science, 7(12), 195-200.

Anastasi, A., & Urbina, S. (2017). Tes Psikologi (Psychological Testing) (7th ed.).

Anggraini, A., & Hartuti, P. (2018). Hubungan pola asuh orang tua dengan kepribadian siswa SMA di Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(1), 10-18.

Ashraf, A., Ishfaq, K., Ashraf, M. U., & Zulfiqar, Z. (2019). Parenting Style as a Cognitive Factor in Developing Big-Five Personality Traits among Youth: A Study of Public University in Multan, Pakistan. Review of Education, Administration & LAW, 2(2), 103–112. https://doi.org/10.47067/real.v2i2.14

Baumrind, D. (1971). Current patterns of parental authority. Developmental Psychology, 4(1 PART 2), 1–103. https://doi.org/10.1037/h0030372

Brooks, Jane; Rahmat Fajar; Sekartaji. (2011.). The process of parenting / Jane Brooks; alih bahasa, Rahmat Fajar; penyunting, Sekartaji. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

de Haan, A. D., Dekovi?, M., & Prinzie, P. (2012). Longitudinal impact of parental and adolescent personality on parenting. Journal of personality and social psychology, 102(1), 189–199. https://doi.org/10.1037/a0025254

Dwairy, M., Achoui, M., Abouserie, R., Farah, A., Sakhleh, A. A., Fayad, M., & Khan, H. K. (2006). Parenting styles in arab societies: A first cross-regional research study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 37(3), 230–247. https://doi.org/10.1177/0022022106286922

Edobor, O. J., & Ekechukwu, R. (2015). Parenting Styles and Personality Traits among Senior Secondary School Students in River State Nigeria, West African. British Journal of Psychology Research, 3(4), 9–18.

Erlina, W. (2016). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Predikator Kecerdasan Emosional Pada Remaja. Skripsi-Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Feist, J., & Feist, G. J. (2009). Theories of Personality. Singapore: McGraw-Hill Education.

Gafor, A. (2014). Construction and Validation of Scale of Parenting Style. Online Submission, 2(4), 315-323.

Ghani, F. B. A., Roeswardi, S. I. bt, & Aziz, A. bt A. (2014). Parenting Styles and their Relation to Teenagers’ Personality Profile in Single Mother Families: A Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 114, 766–770. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.782

Aulina, C. N. (2022). Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 271–286. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.157

Harmalis, H. (2019). Motivasi Belajar Dalam Perspektif Islam. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 51–61. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.377

Hurlock, E. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Huver, R. M. E., Otten, R., de Vries, H., & Engels, R. C. M. E. (2010). Personality and parenting style in parents of adolescents. Journal of Adolescence, 33(3), 395–402. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2009.07.012

Ihyaini, M. N. (2015). Pengaruh big five personality terhadap brand image handphone Samsung pada remaja di SMP Negeri 5 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islan Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Kilonzo, P. M. (2017). The Impact of Parenting Styles on Personality Dimensions of Adolescents in Public Secondary Schools: A Case of Mombasa County, Kenya. International Journal of Education and Research, 5(7), 263-276.

Maddahi, M. E., Javidi, N., Samadzadeh, M., & Amini, M. (2012). The study of relationship between parenting styles and personality dimensions in sample of college students. Indian Journal of Science and Technology, 5(9), 3332-3336.

Mazzone, A., & Camodeca, M. (2019). Bullying and Moral Disengagement in Early Adolescence: Do Personality and Family Functioning Matter? Journal of Child and Family Studies, 28(8), 2120–2130. https://doi.org/10.1007/s10826-019-01431-7

Novitasari, D. U. (2015). Hubungan antara kontrol diri dengan agresivitas pada anggota pencak silat: Study pada PSHT dan IKS PI Kera Sakti Bojonegoro (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Nur Hikmah, D. R. (2020). Batas Usia Perkawinan dalam Perspektif Hukum Islam dan hukum Positif. Jurnal Ilmiah Hukum Keluarga Islam, 2(3), 1–15. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jh/article/view/7371/6003

Putri, A. T. K. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Penggunaan Media Sosial Dengan Perilaku Bullying Di Sekolah Pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Ramdhani, N. (2012). Adaptasi bahasa dan budaya inventori big five [Journal Article]. Jurnal Psikologi, 39(2), 189-207.

Rizkiyah, H., & Sucahyono. (2015). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK Hurin Rizkiyah. J+Plus Unesa, 4(1), 1–14.

Santrock. (2014). Life-span development. New York: McGraw-Hill Education.

Schofield, T. J., Conger, R. D., Donnellan, M. B., Jochem, R., Widaman, K. F., & Conger, K. J. (2012). Parent Personality and Positive Parenting as Predictors of Positive Adolescent Personality Development Over Time. Merrill-Palmer quarterly (Wayne State University. Press), 58(2), 255–283. https://doi.org/10.1353/mpq.2012.0008

Sulistiyono, N. Y. (2013). Gambaran Asupan Zat Gizi dan Aktivitas Fisik Mahasiswa Ilmu Keolahragaan.

TOMŠIK, R., & ?EREŠNÍK, M. (2017). ADOLESCENT'S PERSONALITY THROUGH BIG FIVE MODEL: THE RELATION WITH PARENTING STYLES. Ad Alta: Journal of Interdisciplinary Research, 7(2).

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.

Westa, I. W. (2015). Pengaruh Big Five Personality Traits dengan dispepsia fungsional pada pasien di poliklinik penyakit dalam di rumah sakit umum pusat sanglah denpasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-16

Cara Mengutip

Hardjanto, N. N., & Triman, A. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Big Five Personality pada Remaja. Jurnal Online Psikogenesis, 11(2), 145–155. https://doi.org/10.24854/jps.v11i2.2840

Terbitan

Bagian

Articles