Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah yang Mengikuti PAUD dan Tidak Mengikuti Paud
https://doi.org/10.24854/jps.v8i1.1131
Kata Kunci:
Social development, early childhood education, toddlerAbstrak
Perkembangan sosial anak mulai agak kompleks ketika anak menginjak usia 3 tahun karena anak mulai memasuki ranah pendidikan yang paling dasar yaitu taman kanak-kanak. Perkembangan sosial anak diperoleh dari kematangan dan kesempatan belajar dari berbagai respons lingkungan terhadap anak. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk upaya untuk melakukan stimulasi terjadap perkembangan social anak pra sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan perkembangan social anak usia pra sekolah yang mengikuti PAUD dan yang tidak mengikuti PAUD. Jenis Penelitian adalah observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional dengan tehnik pengambilan sampel yaitu random sample (probability samples) Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan perkembangan social pada anak usia pra sekolah yang mengikuti pendidikan usia dini dan tidak pendidikan usia dini secara signifikan (p.0,0025).
Referensi
Ardita V., Kadir A., & Askar M., 2012. Deteksi Perkembangan Anak Berdasarkan DDST di RW I Kelurahan Luminda Kecamatan Wara Utara Kota Palopo.Vol.1(2).
Briggs, R. D. 2012. The Importance ofSocial Emotional Development in Early Childhood. Pediatrics For Parent, 28, 11 & 12, 15.
Darsana W .2012. Hubungan stimulasi kecerdasan multipel dengan perkembangan personalsosial anak usia pra sekolah.http:// darsananursejiwa.blogspot.com/2012/01/ hubunganstimulasi-kecerdasanmultipel. html. Diakses 9 Januari 2018
Delfita R., 2011. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar Dalam Bak Pasir di Taman Kanak- Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang.Jurnal Pesona PAUD.Vol 1(1).
Dorlina N., 2011. Perkembangan Bahasa
Anak Prasekolah. Jurnal Pembinaan dan pengembangan Pendidikan.Vol. 08 (1).
Enung F., 2006. Psikologi Perkembangan :
Perkembangan Peserta Didik. Bandung : CV Pustaka Setia
Femmi N. 2015. Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi , Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Volume 23, No.2 Desember 2015 , 103-115
Gultiano S.A., & King E.M., 2006. A Better Start in Life : Evaluation Result from an Early Childhood Development Program. Philippine Journal of Development Number 61, First and Second Semesters 2006.Volume XXXIII, Numbers 1 & 2
Ikalor A., 2013. Pertumbuhan dan Perkembangan. Jurnal Pertumbuhan dan Perkembangan.Vol. 7(1): 1-6.
Kusbiantoro D., 2015. Pertumbuhan Dan
Perkembangan Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak-Kanak Aba 1 Lamongan. Surya.Vol.7(1)
Martani W., 2012. Metode Stimulasi dan
Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi. Vol. 39 (1): 112 – 120
Novianti R., Puspitasari E., & Chairilsyah D., 2012. Pemetaan Kemampuan Guru Paud Dalam Melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Pekanbaru. Jurnal SOROT. Vol 8 (1): 1 – 104
Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahman, H. S. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.
Retno Wulandari, Burhanuddin Ichsan, Yusuf .2016. Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini di Kec. Petorongan, Jombang, Biomedika, Volume 8, Nomor 1, Februari
Suyanto, S. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Setyaningrum S.R.,Triyanti.,& Indrawani Y.M., 2014. Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Kognitif pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol.8,No. 6.
Siti M., 2012. Peningkatan Kompetensi Sosial Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18 (1)
UNICEF Indonesia 2012 .Pendidikan& Perkembangan Anak Usia Dini. http:// www.unicef.org/indonesia/id/A3_-_B_ Ringkasan_Kajian_Pendidikan.pdf Diakses pada tanggal 15 Agustus 2018
Yahro, S. U. 2009. Upaya Guru dalam Mengembangkan Sosial-Emotional Anak Usia Dini dengan Pendekatan Beyond Centers and Circle Times (Kasus di TK Islam Modern Al-Furqon Yogyakarta). (Skripsi, tidak dipublikasikan). Fakultas Tarbiah UIN Sunan Kalijaga
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).