Efektivitas Gratitude Training Untuk Meningkatkan Subjective Well-Being Pada Remaja di Panti Asuhan

Authors

  • Irma Rosalinda Lubis State University of Jakarta, Poncol Street No.36 RT 012/07, Jakarta, Indonesia
  • Linda J. Agustini State University of Jakarta, Poncol Street No.36 RT 012/07, Jakarta, Indonesia

https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.703

Keywords:

gratitude training, subjective well-being, adolescent, orphanage, psychology positive

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah pelatihan bersyukur dapat meningkatkan subjective well-being pada remaja di panti asuhan. Penelitian diadakan dari Februari hingga Juli 2017 yang diadakan di Panti Asuhan Ar-Riyadhul Jannah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek berjumlah 7 peserta yang ditentukan dengan cara Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara serta instrumen Kesejahteraan Subyektif yang terdiri dari SWLS dan SPANE. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data, nilai diperoleh dari z SWLS = -2,375; z SPANE = -2.214; p SWLS = 0,018 <0,05; p SPANE = 0,027; p <0,05 (signifikan), yang artinya bahwa pelatihan rasa syukur efektif untuk meningkatkan kesejahteraan subjektif pada remaja di panti asuhan. Hasil ini dapat ditindak lanjuti oleh pihak panti asuhan Ar-Riyaadhul Jannah maupun lembaga-lembaga lainnya di masyarakat yang melibatkan remaja untuk dapat melakukan program pelatihan bersyukur yang dapat meningkatkan subjective well-being.

Downloads

Published

19-12-2018

How to Cite

Lubis, I. R., & Agustini, L. J. (2018). Efektivitas Gratitude Training Untuk Meningkatkan Subjective Well-Being Pada Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Psikogenesis, 6(2), 205–213. https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.703

Issue

Section

Articles